BerandaKulinary
Rabu, 9 Nov 2022 09:36

Gudeg Kangen Bu Manto Jogja, Menu Sarapan yang Komplit dan Murah

Gudeg Kangen Bu Manto Jogja, Menu Sarapan yang Komplit dan Murah

Gudeg Kangen Bu Manto, kuliner pagi di Yogyakarta. (YouTube/Aneka Wisata)

Gudeg dikenal sebagai kuliner malam khas Jogja. Tapi, bukan berarti kamu nggak bisa mencicipinya saat pagi atau siang. Datang saja ke warung Gudeg Kangen Bu Manto untuk mencari sarapan atau makan siang. Di sana lauk pauk pelengkapnya komplit dan harganya murah.

Inibaru.id – Gudeg dikenal sebagai salah satu kuliner malam yang bisa kamu temui di Yogyakarta. Apalagi, sejumlah warung gudeg populer di Kota Pelajar baru buka pada tengah malam.

Namun, saat main ke sana bukan berarti kamu hanya bisa menikmati penganan ini pada malam hari. Nyatanya, cukup banyak warung gudeg yang sudah buka pada pagi hari. Salah satunya adalah Gudeg Kangen Bu Manto.

Lokasi Gudeg Kangen Bu Manto nggak jauh dari tengah kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Afandi Nomor 15, Soropadan, Condongcatur atau persis di depan Masjid Ash Sobirin. Warung ini buka sejak pukul 07.00 WIB sampai 12.00 WIB.

Warungnya memang terlihat sederhana. Tapi, karena warga sekitar sudah mengenal rasanya, jangan heran jika setiap kali kamu datang ke sana, bakal ramai oleh pembeli. Hal ini pun sangat disyukuri oleh Bu Manto dan putrinya, Erni Dwiyanti yang setiap hari mengelola warung tersebut.

“Gudeg Bu Manto sudah berjualan sejak 1985 sampai sekarang,” ucap Erni sebagaimana dilansir dari Radar Jogja, Selasa (8/11/2022).

Ciri Khas Daun Singkong

Bu Manto saat melayani pembeli. (Travelingyuk/Gallant Tsany)
Bu Manto saat melayani pembeli. (Travelingyuk/Gallant Tsany)

Apa sih alasan utama yang membuat warung ini selalu diburu pembeli? Nggak hanya soal rasanya yang enak, di sini kamu bisa mengonsumsi gudeg dengan opsi memakai nasi atau dengan bubur. Lauk yang disajikan juga beragam seperti krecek, tahu bacem, tempe bacem, telur, hingga daging ayam. Tapi, yang paling unik dari Gudeg Kangen Bu Manto adalah keberadaan sayur daun singkong.

“Ciri khasnya Gudeg Bu Manto ya sayur daun singkongnya ini,” ungkap Erni.

Nggak hanya itu, menurut Travelingyuk, (18/8/2019), Gudeg Bu Manto juga nggak terlalu manis sebagaimana gudeg-gudeg khas Jogja lainnya. Jadi, pasti bakal cocok bagi kamu yang nggak begitu suka makanan manis, deh.

Hal ini diamini oleh salah satu pelanggan bernama Karan. Dia adalah mantan mahasiswa perantau yang sudah lulus pada 2019 lalu. Karan mengaku selalu kangen dengan kuliner tersebut sehingga nggak pernah lupa untuk mampir setiap kali main ke Yogyakarta.

“Saya sudah makan di sini sejak semester dua kuliah,” ceritanya.

Menurut pendapatnya, gudeg Bu Manto memiliki rasa manis dan asin yang pas. Ditambah dengan adanya sensasi gurih dan pedas dari krecek, dia pun nggak pernah bosan menyantapnya.

Soal harga, nggak usah khawatir, Millens. Sebagaimana warung-warung tradisional lain di Kota Jogja, kamu juga nggak perlu membayar mahal saat makan di Gudeg Kangen Bu Manto. Harga per porsinya mulai Rp10 ribu, tergantung lauk apa saja yang kamu pilih.

Jadi, sudah tahu kan ke mana harus mencari gudeg pagi di Yogyakarta, Millens? (Arie Widodo/E10)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved