BerandaKulinary
Rabu, 19 Okt 2022 17:05

Gudeg Jogja Bercita Rasa Temanggung di Warung Mbok Benik

Gudeg Jogja Bercita Rasa Temanggung di Warung Mbok Benik

Gudeg Mbok Benik, makanan khas Jogja dengan cita rasa Temanggung. (Instagram/Gudeg Mbok Benik)

Gudeg memang bukan kuliner asli Temanggung. Tapi, di kabupaten yang ada di dataran tinggi ini, ada gudeg khas Jogja dengan cita rasa khas Temanggung. Penganan unik ini dikenal sebagai Gudeg Mbok Benik. Seperti apa ya rasanya?

Inibaru.id – Nggak hanya jadi favorit orang lokal Jogja, gudeng nyatanya juga digemari oleh banyak masyarakat dari daerah lain. Bahkan, ada sejumlah daerah yang memiliki gudeg versinya sendiri. Salah satunya adalah Temanggung. Kamu bisa lo menikmati gudeg khas Jogja dengan cita rasa Temanggung di Nasi Gudeg Mbok Benik.

Lokasi warung gudeg ini sangat mudah dicari. Soalnya, letaknya hanyalah di sebelah selatan Alun-Alun Kota Temanggung. Karena lokasinya yang strategis, pelanggan warung gudeg ini nggak hanya dari wilayah Temanggung, banyak pelancong yang sengaja mampir untuk menyantap gudeg bercita rasa unik ini.

Perbedaan paling menonjol gudeg Mbok Benik dengan gudeg khas Jogja adalah kuahnya. Hal ini membuat gudeg Mbok Benik memiliki cita rasa manis, asin, dan gurih.

“Ciri khas di sini lebih ke kuahnya yang berbeda, kuah santannya berbeda, kreceknya berbeda, lalu cara memasak ayamnya juga berbeda, overall emang berbeda”, ungkap Surya, pengelola Nasi Gudeg Mbok Benik generasi ke tiga sebagaimana dilansir dari Media Center Temanggung, Selasa (18/10/2022).

Berbagai macam lauk pilihan di warung nasi gudeg milik Mbok Benik. (Instagram/Gudeg Mbok Benik)<br>
Berbagai macam lauk pilihan di warung nasi gudeg milik Mbok Benik. (Instagram/Gudeg Mbok Benik)<br>

FYI, Millens, Nasi Gudeng Mbok Benik sudah eksis sejak 1945, lo. Waktu kali pertama berdiri, Mbok Benik menjajakan gudeg di pinggir jalan menggunakan peralatan seadanya. Barulah pada 1959, Mbok Benik mulai berjualan di satu tempat agar pelanggan nggak kesulitan mencarinya. Sejak saat itulah, warung gudeg ini nggak pernah sepi pembeli.

O ya, meski menu utamanya nasi gudeg, bukan berarti rasanya bakal itu-itu saja. Biar lebih bervariasi, kamu juga bisa menambahkan berbagai ragam pilihan lauk yang tersedia di sana. Contohlah, kamu bisa menambahkan telur bacem, atau berbagai olahan daging ayam seperti kepala atau brutu.

Kalau kamu mau menikmati gudeg khas Temanggung di warung ini, bisa kok datang kapan saja soalnya warungnya buka setiap pagi, tepatnya dari sejak pukul 06.00 WIB sampai 20.30 WIB. Harga Nasi Gudeg Mbok Benik juga bervariasi, mulai dari Rp7 ribu sampai Rp35 ribu.

Biasanya, waktu paling ramai di warung ini adalah pada jam makan siang. Jadi, kamu harus pintar-pintar mencari waktu yang tepat agar nggak kehabisan, Millens.

Wah jadi penasaran ya dengan Nasi Gudeg Mbok Benik di Temanggung. Yuk kita kulineran ke sana, Millens? (Fatkha Karinda Putri/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved