BerandaKulinary
Selasa, 18 Okt 2022 09:20

Blusukan ke Pasar Beringharjo demi Menikmati Sego Empal Bu Warno

Blusukan ke Pasar Beringharjo demi Menikmati Sego Empal Bu Warno

Sego Empal Bu Warno. (Genpi/Visiting Jogja)

Siapa nyana, di tengah-tengah padatnya kios yang ada di Pasar Beringharjo, ada sebuah tempat kuliner legendaris. Namanya adalah warung Sego Empal Bu Warno. Seperti apa ya kelezatan penganan di sini?

Inibaru.id – Kuliner Jogja lebih dari sekadar gudeg dan bakpia. Kalau kamu mau eksplorasi lebih dalam, bisa lo menemukan kuliner-kuliner unik dengan rasa ciamik. Salah satunya adalah Sego Empal Bu Warno.

Lokasi warung Sego Empal Bu Warno memang nggak mudah dicari. Soalnya, letaknya nggak di pinggir jalan, melainkan di dalam Pasar Beringharjo. Yap, kamu bahkan harus masuk ke lantai dua pasar yang ada di ujung selatan Jalan Malioboro ini untuk bisa menemukan warung ini. Meski letaknya tersembunyi, warung ini selalu dipenuhi pengunjung.

Nggak hanya pedagang pasar yang mampir untuk menyantap kelezatan sego empal di sana, banyak pula pelancong yang sengaja mencari kuliner hidden gem. Semuanya setuju kalau sego empal yang disajikan di warung ini rasanya memang juara.

“Sudah nggak terhitung saya makan siang di sini. Rasanya istimewa dan bikin nagih. Kalau ada kerabat minta rekomendasi kuliner Jogja, saya arahkan ke sini,” ujar salah seorang pelanggan yang sering makan siang di Warung Sego Empal Bu Warno, Satya sebagaimana dilansir dari KRJogja, (6/6/2019).

Sejarah Warung Sego Empal Bu Warno

Warung Sego Empal Bu Warno yang tersembunyi di dalam Pasar Beringharjo. (Twitter/Jogja Update - vordekok)
Warung Sego Empal Bu Warno yang tersembunyi di dalam Pasar Beringharjo. (Twitter/Jogja Update - vordekok)

Menurut pengelola warung ini, Widya, Sego Empal Bu Warno sudah eksis di Pasar Beringharjo sejak 1960. Perintisnya adalah Ibu Prawiro Suwarno. Usai Bu Warno yang asli meninggal, warung ini dikelola anaknya, Sumarsih.

Kebakaran yang terjadi di Pasar Beringharjo pada 1986 mengubah lokasi warung ini. Setelah perbaikan pasar selesai pada 1991, warung empal yang semula berlokasi di bagian selatan pasar, tepatnya di sisi Jalan Pabringan, bergeser ke Los Timur PA 1 di lantai dua.

Di sini, selain menu empal dan jeroan, kamu juga bisa menemukan menu-menu khas warung makan pada umumnya. Meski begitu, sesuai dengan namanya, yang diburu pelanggan tentu saja adalah menu empalnya.

Ada alasan yang membuat empal di warung ini melegenda. Menurut keterangan Mojok, (4/10/2022), nggak sekadar potongan daging yang tebal dan ukurannya yang cukup besar, bahan daging yang dijadikan empal oleh Widya juga nggak sembarangan. Daging empal terbuat dari bagian kisi dan gendik yang ada di bagian paha atau betis sapi. Konon, bagian daging tersebut rendah lemak.

Keunikan lain dari warung Sego Empal Bu Warno adalah nggak melayani aplikasi modern. Jadi, kalau kamu pengin mencicipinya, harus datang langsung ke sana. Otomatis, banyak pelanggan yang bisa merasakan sensasi unik melihat pemandangan pasar yang riuh saat menikmati makanan di sana.

Warung Sego Empal Bu Warno buka dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Biasanya, warung ini paling ramai pada jam makan siang. Soal harga, terjangkau kok. Satu porsinya di antara Rp11 ribu – Rp17 ribu.

Jadi, kapan nih kita wisata kuliner di tengah-tengah Pasar Beringharjo, Millens? (Arie Widodo/E10)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved