BerandaHits
Selasa, 24 Jan 2023 18:41

Yang Terjadi Jika Kamu Lupa Minum Saat Cuaca Dingin

Yang Terjadi Jika Kamu Lupa Minum Saat Cuaca Dingin

Ilustrasi: Air minum yang cukup akan membantu mengatur suhu tubuh, menghindari infeksi, meningkatkan kesehatan tulang, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. (Pxhere)

Haus biasanya menyerang kita saat udara sedang gerah. Sebaliknya cuaca dingin membuat kita jadi nggak haus dan lupa minum. Padahal air minum dibutuhkan tubuh dalam kondisi cuaca apa pun. Jika kita kekurangan cairan, inilah hal yang akan terjadi.

Inibaru.id - Saat musim hujan dan suhu udara otomatis menjadi dingin, seringkali kita nggak merasa haus dan lupa untuk minum. Padahal, pada kondisi cuaca bagaimana pun, kebutuhan tubuh akan air tetaplah sama.

Air minum yang cukup akan membantu mengatur suhu tubuh, menghindari infeksi, meningkatkan kesehatan tulang, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Air minum juga sangat penting dalam menjaga pencernaan, keseimbangan elektrolit, pengaturan berat badan, dan detoksifikasi.

Seorang konsultan Kedokteran Umum di Rumah Sakit Fortis, Mulund, Mumbai Dr Shobha Subramanian Itolikar memberi tahu apa yang terjadi jika kamu nggak cukup minum di musim dingin. Cuaca dingin akan membuatmu sedikit berkeringat, sehingga cenderung mengabaikan betapa pentingnya tetap terhidrasi selama musim dingin.

Pasalnya, ketika kamu nggak minum cukup air, tubuh menjadi rentan terhadap beberapa masalah kesehatan. Masalah kesehatan itu antara lain adalah sebagai berikut.

Refleks Haus

Ilustrasi: Konsumsilah air putih minimal enam sampai delapan gelas setiap hari untuk menghindari masalah dehidrasi. (Freepik)
Ilustrasi: Konsumsilah air putih minimal enam sampai delapan gelas setiap hari untuk menghindari masalah dehidrasi. (Freepik)

Ketika nggak minum cukup air, dorongan haus akan terganggu. Akibatnya, kamu nggak menyadari keadaan hidrasi tubuh. Jadi, sesuai yang dilansir dari HealthShots, konsumsilah air putih minimal enam sampai delapan gelas setiap hari untuk menghindari masalah tersebut.

Banyak Buang Air Kecil

Apakah kamu sering merasakan keinginan untuk buang air kecil lebih dari biasanya selama musim dingin? Ini terjadi karena kamu cenderung lebih sedikit berkeringat di musim dingin. Sehingga, tubuh mencoba mengatur suhu tubuh dengan mengeluarkan cairan melalui ginjal. Ini adalah suatu kondisi yang dikenal sebagai diuresis dingin.

Kulit Kering

Sebenarnya alasan utama kulit kering di musim dingin adalah dehidrasi. Musim dingin, kulit kita yang kering nggak dapat mempertahankan kelembapan. Jadi, ada kehilangan air yang nggak terasa dari kulit meskipun kita nggak banyak berkeringat.

So, mulai sekarang, biar nggak mengalami dehidrasi, tetap konsumsi air minum yang cukup ya! Misalkan saja kamu nggak merasa haus di musim hujan sehingga lupa untuk minum, nyalakan saja alarm sebagai pengingat! (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Medcom dengan judul Minum Lebih Sedikit saat Cuaca Dingin? Ini Pengaruhnya Terhadap Tubuh.

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved