BerandaHits
Jumat, 28 Okt 2022 11:40

Manfaat yang Kamu Dapatkan Jika Minum Susu Setiap Hari

Manfaat yang Kamu Dapatkan Jika Minum Susu Setiap Hari

Susu sapi mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh badan kita. (Tempo)

Nggak cuma bermanfaat bagi anak di usia pertumbuhan, susu juga bermanfaat bagi orang dewasa sampai lansia. Jangan ragu mengonsumsi susu setiap hari agar masa tuamu terhindar dari penyakit.

Inibaru.id - Kita semua sepakat susu adalah minuman kaya manfaat. Minuman satu ini bahkan ada dalam empat sehat lima sempurna yang sudah familiar di telinga kita sejak dulu. Apa maksudnya? Yaitu makanan yang kita konsumsi seperti karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral belum lengkap kandungan gizinya jika belum minum susu.

FYI, dalam segelas susu sapi, senggaknya terkandung delapan gram protein, 50 persen kebutuhan vitamin B12 harian, 25 persen kebutuhan kalsium harian, 15 persen kebutuhan kalium dan vitamin D harian. Wah, kompleks banget, kan?

Kita mungkin sudah sering mendengar dari iklan di televisi tentang manfaat susu untuk pertumbuhan anak. Tapi, rupanya susu sapi juga akan bermanfaat jika dikonsumsi rutin oleh orang dewasa seperti kita lo, Millens. Apa saja manfaat susu bagi kita?

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Agar selalu sehat, tulang kita sangat membutuhkan kalsium dan vitamin D. Kalsium merupakan mineral yang bertugas membangun dan memelihara tulang agar tetap kuat. Sementara, vitamin D dapat membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan yang kita makan. Nah, kedua nutrisi penting itu terkandung di dalam susu.

Minum susu setiap hari pada saat melakukan program diet nggak ada salahnya karena susu membantu tubuh kita mendapatkan gizi seimbang.  (Kilat)
Minum susu setiap hari pada saat melakukan program diet nggak ada salahnya karena susu membantu tubuh kita mendapatkan gizi seimbang. (Kilat)

Menurunkan Berat Badan

Banyak yang mengira minum susu membuat badan kita menjadi kian gemuk. Padahal, penelitian menunjukkan mengonsumsi susu setiap hari nggak ada ruginya, lo. Kenapa bisa begitu?

Susu mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Adanya kandungan itu membuat susu menjadi minuman yang mengenyangkan. Itu artinya, kita nggak akan lapar setelah minum susu. Kalau kenyang, kita nggak akan berpikir untuk jajan dan ngemil, kan?

Dengan minum susu, kamu akan mendapatkan rasa kenyang yang tetap berpegang pada pola makan sehat dan seimbang. Bahkan, sebuah uji coba yang diterbitkan Nutrients mengatakan, memasukkan produk susu ke dalam diet yang dibatasi kalori dapat menurunan berat badan, menghilangkan lemak, dan mengurangi hilangnya otot tanpa lemak.

Menurunkan Risiko Diabetes

Diabetes menjadi penyakit pembunuh nomor tiga di Indonesia setelah stroke dan jantung koroner. Kabar gembiranya, minum susu setiap hari dapat membantu kita menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Hal ini sudah dibuktikan melalui sebuah analisis yang melibatkan hampir 600 ribu orang. Dalam analisis itu ditemukan bahwa total konsumsi susu berbanding terbalik dengan risiko diabetes. Artinya, semakin sering kita minum produk susu, semakin kecil kemungkinan kita terkena penyakit itu.

Mengurangi Risiko Penurunan Kognitif

Rutin sarapan oatmeal dan susu dapat membantu meningkatkan kesehatan otak. (Shutterstock)
Rutin sarapan oatmeal dan susu dapat membantu meningkatkan kesehatan otak. (Shutterstock)

Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa susu dapat membantu kita tetap tajam secara mental seiring bertambahnya usia. Ada satu studi yang menemukan bahwa asupan susu dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit alzheimer.

Studi lain yang tertulis dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa menambahkan susu skim, susu fermentasi, dan buttermilk ke dalam oatmeal di pagi hari atau sebagai makanan ringan dapat membantu meningkatkan kesehatan otak.

Nah, bagi kamu yang tahun ini mempunyai resolusi hidup sehat, nggak ada salahnya memasukkan susu ke dalam menu harian. Nutrisi yang terkandung di dalamnya merupakan nutrisi penting untuk kita yang dewasa bahkan untuk orang lanjut usia. (Kom/IB20/E05)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved