BerandaHits
Minggu, 13 Nov 2022 17:51

Musim Hujan, Hangatkan Tubuh dengan Makanan dan Minuman Berikut

Musim Hujan, Hangatkan Tubuh dengan Makanan dan Minuman Berikut

Hujan bikin suhu jadi dingin. (Pexels)

Butuh yang anget-anget ketika hujan? Cobain yuk makanan dan minuman berikut ini!

Inibaru.id - Hujan yang kian rajin mengguyur bikin suhu agak dingin. Nah, ada nih beberapa makanan yang pas banget disantap ketika udara dingin sehingga tubuh jadi hangat.

Suhu tubuh manusia diatur hipotalamus. Bagian otak ini membandingkan suhu internal dengan suhu normal tubuh. Nah, biasanya suhu normal berkisar antara 36,1 sampái 37,2 derajat celsius.

Saat suhu mulai turun di bawah suhu normal, begitu Healthline menulis, maka tubuh mengirimkan sinyal untuk menghasilkan panas untuk menghangatkan tubuh. Ada banyak cara untuk membuat tubuh menjadi lebih hangat, termasuk lewat makanan penghangat tubuh.

Berikut di antaranya yang bisa kamu coba:

1. Minuman hangat

Semua orang mungkin setuju bahwa cara mudah mengusir dingin adalah dengan minuman hangat. Mau itu teh atau kopi, selama disajikan dalam kondisi hangat, sepertinya bakalan nikmat. Minuman hangat dan menenangkan dapat meningkatkan temperatur tubuh dengan cepat. Bahkan minuman ini akan terasa hangat di tenggorokan.

Selain itu, minuman panas juga menambah kehangatan pada wajah dan suhu panas dari cangkirnya juga akan menghangatkan tangan.

2. Sup

Sup bisa menghangatkan tubuh. (Taste)
Sup bisa menghangatkan tubuh. (Taste)

Lapar pas dingin? Bikin sup saja! Sup adalah comfort food yang banyak dicari ketika suhu sangat dingin. Sup juga bisa membantu kamu untuk menghangatkan tubuh.

3. Protein dan lemak

Saat diet, lemak mungkin menjadi musuh. Tapi sebenarnya lemak dapat menjadi makanan penghangat tubuh yang efektif. Sementara itu, protein juga baik jadi makanan saat dingin. Protein memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna dibanding karbohidrat sehingga berpotensi menghangatkan tubuh.

4. Makanan kaya zat besi

Makanan yang mengandung zat besi juga bisa membantu kamu mengurangi risiko anemia. Anemia ini menjadi salah satu sebab kamu kerap merasa kedinginan. Kalau nggak mau itu terjadi, coba deh makan kerang, daging merah, kacang-kacangan, sampai brokoli sebagai makanan penghangat tubuh.

5. Sayuran panggang

Makanan yang kaya serat seperti sayur panggang membuat kamu lebih hangat. Makanan kaya serat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga dapat menjadi makanan penghangat tubuh yang efektif.

Setelah membaca informasi di atas, nomor mana nih yang mau kamu cobain, Millens? (Siti Zumrokhatun/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved