inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Turunkan Berat Badan dengan Plank, Bisa?
Kamis, 10 Nov 2022 23:59
Bagikan:
Latihan plank setiap hari bisa membantu menurunkan bertat badan, memperkuat otot dan mengencangkan perut. (Pixabay/Victorous_fit)

Latihan plank setiap hari bisa membantu menurunkan bertat badan, memperkuat otot dan mengencangkan perut. (Pixabay/Victorous_fit)

Selain membuat tubuh selalu bugar, kebiasaan melakukan plank setiap hari juga dapat mengurangi berat badan.

Inibaru.id - Sudah melakukan banyak cara agar program diet sukses, nyatanya tubuh masih belum ada perubahan. Sudah menjaga asupan makanan dan mengonsumsi suplemen, angka timbangan nggak berkurang juga. Ada yang relate dengan kejadian-kejadian itu?

Jangan buru-buru menyerah ya, Millens! Ada satu cara sederhana dan nggak butuh modal besar tapi cukup efektif untuk berdiet. Apa itu? Plank adalah jawabannya.

Plank merupakan salah satu latihan fleksibel untuk olahraga harian, terutama bagi yang menjalani diet. Jika kamu melakukan gerakannya secara benar, plank bisa cukup efektif membantu menurunkan berat badan, memperkuat otot inti tubuh, dan membentuk perut sixpack.

Otot-otot yang bekerja saat kamu melakukan plank adalah otot yang berhubungan dengan pinggul, punggung bawah, dan perut. Gerakan sederhana naik turun itu menggunakan titik tumpu lengan bawah.

Meski terlihat sederhana, bagi pemula melakukan gerakan plank akan terasa berat. Kamu yang baru saja berniat untuk memulainya sebagai rutinitas, cobalah 10-15 detik lalu ulangi secara berkala.

Manfaat Plank untuk Diet

Saat melakukan plank, posisi kepala menghadap ke bawah atau ke depan. (Pexels/Marta-wave)
Saat melakukan plank, posisi kepala menghadap ke bawah atau ke depan. (Pexels/Marta-wave)

Dibarengi dengan mengonsumsi makanan bergizi, plank akan memberikan banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan metabolisme sekaligus membakar kalori. Efek pembakaran kalori inilah yang disebut-sebut lumayan awet sampai kamu selesai melakukan plank.

Selain membantu membakar kalori, plank juga bermanfaat untuk menambah massa otot dan memperbaiki postur tubuhmu.

Kalori yang Terbakar saat Plank

Kalori yang terbakar saat plank antara satu orang dengan lainnya nggak sama ya. Semua bergantung dengan berat badan dan lama atau seringnya kamu melakukan plank.

Jika berat badanmu 50 kg, plank bisa membakar dua kalori per menit. Kalau berat badanmu 68-70 kg gerakan plank bisa membakar tiga sampai empat kalori per menit.

Cara Melakukan Plank

Gerakan plank yang nggak benar beresiko membuat lengan cedera. (Pexels/Andrea-Piacquadio)
Gerakan plank yang nggak benar beresiko membuat lengan cedera. (Pexels/Andrea-Piacquadio)

Plank harus kamu lakukan dengan benar. Gerakan plank yang nggak benar beresiko membuat lenganmu cedera. Bagaimana gerakan plank yang tepat?

Sebelum melakukannya, tentukan dulu tempat yang tepat. Pilihlah tempat latihan yang cukup luas untuk merentangkan tubuh. Sebaiknya kamu menggunakan matras agar latihan lebih aman dan nyaman. Kenakan juga pakaian olahraga yang nyaman sehingga nggak menyulitkan latihan.

Pertama, posisikan badanmu tengkurap dengan siku di atas lantai. Lalu, letakkan pergelangan tangan di depan tubuh kemudian sejajarkan siku dengan bahu. Secara perlahan, tarik bahu ke atas lalu kencangkan bokong. Kencangkan juga otot perut dengan cara menarik pusar ke arah belakang. Selama melakukan ini pastikan punggung tetap lurus, ya!

Saat melakukan plank posisi kepala bisa menghadap ke lantai atau ke depan. Pertahankan posisi plank semampumu sembari mengatur napas dengan baik agar tetap stabil.

Nah, itulah sekilas info tentang plank yang bisa membakar kalori. Jika kamu lakukan setiap hari, bukankah program dietmu perlahan menemukan titik cerah? Selamat mencoba! (Cnn/IB20/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved