inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Tips Memasang Router Wifi di Rumah, Biar Semua Bagian Rumah Kebagian!
Minggu, 7 Mei 2023 11:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Ilustrasi: Memasang router wifi di rumah. (Idntimes/Fox)

Ilustrasi: Memasang router wifi di rumah. (Idntimes/Fox)

Biar sinyal wifi bisa sampai ke semua bagian rumah, simak deh tips memasang router tipe Wifi di rumah berikut ini.

Inibaru.id – Beda dengan zaman dahulu, kini internet sangat dibutuhkan. Nggak hanya untuk kebutuhan pekerjaan, internet juga diperlukan untuk hiburan. Apalagi, kini semua orang sulit lepas dari ponsel, sosial media, hingga layanan streaming. Oleh karena itulah, wajar jika kini semakin banyak rumah-rumah yang memasang wifi untuk mendukung kebutuhan internetnya.

Nah, jika kamu memesan penyedia layanan internet untuk memasang wifi di rumah, biasanya hanya akan diberi sebuah router wifi. Jangkauan wifi dari peralatan tersebut bermacam-macam. Tapi, terkadang wifi nggak mampu mencapai bagian ujung rumah seperti kamar yang paling jauh atau area dapur karena ukuran rumah yang luas atau sinyal terhalang tembok.

Kalau sampai hal tersebut terjadi, kamu nggak bisa memakai internet di seluruh bagian rumah. Hal ini tentu bikin nggak nyaman, bukan? Oleh karena itulah, demi mencegah hal tersebut terjadi, ada baiknya kamu memperhatikan posisi terbaik router wifi di rumah sebagaimana yang diungkap The Sun US, Selasa (2/5/2023).

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah di mana kamu meletakkan router wifi. Perusahaan penyedia peralatan telekomunikasi Hitron menyarankan kamu untuk nggak meletakkan router wifi di lantai. Pastikan Router wifi mampu berdiri tegak nggak di area lantai. Jika ada meja atau rak, kamu bisa meletakkannya di atas perabotan tersebut.

Mengapa begitu? Area lantai kurang ideal bagi peralatan elektronik apapun, termasuk router wifi. Jika diletakkan di lantai, router wifi bisa saja terkena tumpahan air, terkena serangga, terendam air banjir, hingga menjadi korban kejahilan anak kecil yang nggak menyadari pentingnya peralatan tersebut. Kalau sampai mengalami hal-hal tersebut, router wifi bisa rusak, bukan?

Ada sejumlah tempat yang nggak baik ditempati router wifi. (IdnTimes/Cnet.com)
Ada sejumlah tempat yang nggak baik ditempati router wifi. (IdnTimes/Cnet.com)

Selain itu, kamu sebaiknya nggak menempatkan router wifi di dekat dengan benda-benda berikut ini, Millens:

1. Dekat dengan perangkat televise

2. Dekat dengan peralatan telepon nirkabel

3. Ditempatkan di dalam atau belakang lemari dan perabotan-perabotan yang berat lainnya

4. Ditempatkan dekat dengan microwave

5. Ditempatkan di dekat perangkat Bluetooth atau peralatan nirkabel yang aktif lainnya

Nggak hanya itu, sebaiknya kamu nggak menempatkan router wifi di tempat-tempat berikut ini:

a. Di sudut rumah sehingga sinyal wifi sulit mencapai bagian rumah lainnya

b. Lantai bawah tanah

c. Di dalam bahan bangunan logam, beton, dan kaca

d. Dekat dengan peralatan dapur seperti oven dan kulkas

Sebelum memasang router wifi, kamu bisa lo mengeceknya dulu di mana lokasi paling pas di dalam rumah yang bisa mencapai semua bagian tempat tinggal.

Meski terkadang membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan waktu yang tepat, hal ini lebih baik dilakukan agar sinyal wifi bisa diterima dan dimanfaatkan secara maksimal dengan keluarga, bukan? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved