Tips Aman Memakai Wifi Publik

Tips Aman Memakai Wifi Publik
Sebaiknya tidak sembarangan memakai wifi publik. (Bukalapak/Shutterstock)

Kalau lagi liburan atau main ke tempat wisata, tempat makan, dan tempat lain, wifi publik yang gratis biasanya jadi incaran. Masalahnya, wifi publik bisa membuat gawaimu rentan pencurian data. Lalu, bagaimana biar bisa pakai wifi dengan aman?

Inibaru.id – Di musim libur Lebaran seperti sekarang ini, banyak orang bepergian ke tempat wisata, tempat makan, atau tempat lainnya. Meski memiliki kuota internet sendiri, kamu pasti bakal senang kalau menemukan wifi publik yang gratis. Masalahnya, ada bahaya yang mengintai kalau kamu sembarangan memakainya.

Salah satu bahaya dari penggunaan wifi publik adalah adanya risiko pencurian data. Dampaknya nggak sembarangan lo. Foto-foto pribadi kamu, atau bahkan data seperti akses ke rekening bank dan dompet digital bisa saja didapatkan oleh orang lain. Kalau sudah begini, tentu bisa sangat merugikan, bukan?

Nah, agar kamu nggak mudah jadi korban pencurian data, sebaiknya perhatikan deh sejumlah tips aman memakai wifi publik seperti sebagai berikut. Simak baik-baik, ya!

1.       Sebaiknya Cermat Memilih Wifi Publik

Ingat, Wifi publik bisa diakses siapa saja dan dilihat oleh siapa saja. Jadi, kamu harus benar-benar cermat memilih wifi tersebut. Contohlah, di tempat makan, di tempat umum, atau di tempat wisata, sebaiknya kamu nggak asal memakainya kecuali memang sedang membutuhkannya.

Selain itu, pastikan kamu nggak memakainya untuk hal-hal yang bersifat sangat penting seperti mentransfer uang.

2.       Periksa Nama Wifi dengan Cermat

Terkadang, mereka yang berniat melakukan kejahatan siber berusaha untuk mengelabui orang-orang dengan memakai nama wifi publik. Bisa saja, mereka memakai nama yang sama dengan wifi milik restoran atau tempat wisata. Jadi, pastikan kamu menanyakan soal nama atau password-nya ke petugas dengan jelas agar mendapatkan wifi yang tepat, ya?

Wifi publik bisa diakses siapa saja sehingga rentan pencurian data. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Wifi publik bisa diakses siapa saja sehingga rentan pencurian data. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

3.       Periksa Pengaturan Wifi

Sebaiknya, pengaturan wifi di ponsel kamu harus kamu sesuaikan agar nggak sembarangan bisa menyambung dengan wifi publik. Jadi, kamu nggak akan asal tersambung dengan wifi yang ternyata dimiliki oleh pelaku kejahatan siber. 

4.       Utamakan Kuota Internet Seluler

Sebenarnya sih ya, akan jauh lebih baik jika memakai kuota internet seluler kamu saja daripada memakai wifi publik. Apalagi jika kuotamu memang masih banyak, Kamu bisa memakai ponselmu sesuka hati untuk mengecek rekening, mentransfer uang, hingga membuka media sosial pribadi tanpa perlu khawatir datanya akan diambil oleh orang lain, deh.

5.       Gunakan Aplikasi Keamanan Pelindung

Sejumlah aplikasi bisa dipakai untuk mengamankan data-data penting Anda meski Anda terhubung dengan wifi publik. Contohlah, ada aplikasi jaringan virtual pribadi alias VPN. Meski begitu, tetap cermat ya dalam memilih VPN yang sesuai dan aman.

Intinya sih, jangan sembarangan memakai wifi publik, ya Millens. (Med/IB09/E05)