inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Rahasia Memecah Telur dengan Rapi; Kuning dan Putihnya Nggak Campur
Sabtu, 30 Mar 2024 12:21
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Biar rapi dan nggak bercampur antara kuning dan putih, memecah telur ternyata ada tekniknya. (Istimewa)

Biar rapi dan nggak bercampur antara kuning dan putih, memecah telur ternyata ada tekniknya. (Istimewa)

Kamu ingin memisahkan putih dan kuning telur dengan sempurna atau sedang akan membuat telur mata sapi? Perhatikan cara memecah telur agar rapi dan tetap higienis.

Inibaru.id - Memasak menggunakan telur tentu saja harus melewati proses memecah telur. Sepertinya aktivitas memecah telur bukan perkara sulit ya, Millens? Tapi, pasti kamu pernah memecah telur dengan nggak mulus alias berantakan.

Padahal pada masakan tertentu, terkadang dibutuhkan putih saja atau kuning saja. Jadi, memecah telur harus dilakukan dengan hati-hati supaya mendapatkan kuning telur yang nggak pecah.

Nah, rupanya biar bisa memecah telur dengan rapi ada caranya, lo. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan mengetuknya ke permukaan datar, misalnya meja dapur, dilansir dari The Kitchen. Metode ini disebut menghasilkan kuning telur yang utuh, serta pecahan cangkang telur yang rapi dan nggak bercampur dengan putih telur.

Bagaimana caranya? Pertama, ketuklah telur beberapa kali ke permukaan datar hingga muncul retakan. Tekan kedua ibu jari dengan lembut ke celah retakan hingga mampu menembus selaput telur. Selanjutnya tariklah kulit telur secara perlahan hingga putih telur dan kuning telur keluar.

Memecahakan telur dengan rapi tersebut berguna ketika kita akan memasak telur mata sapi atau untuk memisahkan kuning dengan putih telur.

Memecahkan di Pinggiran Mangkuk

Salah satu cara terbaik memecah telur adalah dengan mengetuknya ke permukaan datar. (Alberto Gagliardi) 
Salah satu cara terbaik memecah telur adalah dengan mengetuknya ke permukaan datar. (Alberto Gagliardi)

Kamu pasti sering melihat orang memecahkan cangkang telur dengan mengetukkannya ke pinggiran mangkuk, kan? Hm, metode ini nggak disarankan karena dikutip dari Food Network, itu dapat berisiko meremukkan cangkang telur.

Akibatnya, pecahan-pecahannya cangkang telur bisa mengenai putih telur atau masuk ke mangkuk. Kamu akan kerepotan mengambil pecahannya dari dalam mangkuk. Nggak hanya itu, metode ini juga dapat meningkatkan risiko perpindahan bakteri yang tadinya dari permukaan cangkang telur ke bagian dalam telur.

Ada satu cara lagi memecahkan telur yang bisa kamu coba, yaitu dengan satu tangan. Meski cara ini biasa dilakukan oleh koki, kamu tetap bisa melakukannya.

Caranya, pegang dengan kuat telur yang akan dipecah, posisikan jari-jari terbuka lebar dan ibu jari serta kelingking di bawahnya. Pecahkan telur di atas meja, lalu tarik setengahnya dengan jari-jari, arahkan telur ke dalam wadah. Namun, perlu kamu tahu, metode ini nggak cocok untuk memisahkan kuning dan putih telur ya.

Wah, perkara memecahkan telur saja ternyata ada tekniknya. Dengan menguasai cara memecah telur, senggaknya sekarang kamu nggak takut lagi kuning telur akan pecah atau tercampur dengan putihnya. (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved