BerandaHits
Senin, 16 Jan 2023 07:59

Jumlah Aman Makan Telur Setiap Hari

Jumlah Aman Makan Telur Setiap Hari

Apakah aman mengonsumsi telur setiap hari? (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Merupakan sumber protein hewani yang terjangkau, telur mudah didapat di pasaran. Selain itu, kamu bisa mengolah telur menjadi masakan apa saja. Jadi jangan heran jika orang nggak bakal bosan makan telur. Tapi amankah mengonsumsi telur setiap hari?

Inibaru.id - Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang paling mudah didapatkan. Umumnya, harga telur lebih terjangkau dibanding bahan makanan hewani lain seperti daging putih atau merah.

Dapat diolah menjadi berbagai makanan, telur sangat digemari banyak kalangan. Bukan cuma itu, telur juga kaya akan berbagai nutrisi yang menyehatkan, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin B12, vitamin B9 (folat), dan lutein.

Karena alasan itulah, banyak orang mengonsumsi telur setiap hari. Tapi, apakah kebiasaan itu aman?

Asal kamu tahu, dilansir dari Cleveland Clinic, telur memang mempunyai begitu banyak manfaat untuk kesehatan. Mengonsumsi satu butir telur setiap hari diperbolehkan dengan catatan kamu nggak punya masalah kesehatan seperti kardiovaskular atau hipertensi.

Kalau kamu memiliki masalah kesehatan seperti yang tadi disebutkan, lebih baik mengonsumsi tiga hingga empat butir telur per minggu.

Mengonsumsi telur setiap hari nggak baik untuk orang yang menderita hipertensi. (iStockphoto/dusanpetkovic via CNN)
Mengonsumsi telur setiap hari nggak baik untuk orang yang menderita hipertensi. (iStockphoto/dusanpetkovic via CNN)

Di dalam telur terdapat lemak jenuh dan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Memang, telur bukan satu-satunya “kambing hitam” kolesterol tinggi atau hipertensi, tapi kamu tetap musti berhati-hati setiap hari.

Kamu juga perlu memperhatikan cara mengolahnya. Nah biar telur yang dikonsumsi lebih sehat, kamu disarankan untuk memasaknya dengan minyak zaitun atau dikombinasikan dengan sayuran serta makanan sehat lainnya.

Lalu, berapa banyak telur yang boleh kamu dikonsumsi per hari?

Pertanyaan ini nggak bisa langsung dijawab dengan lugas. Pasalnya, ada banyak faktor, seperti genetika, riwayat keluarga, cara memasak, pola makan secara keseluruhan, dan bahkan tempat tinggal yang bisa memengaruhi jumlah telur yang aman dikonsumsi per hari.

Memperhatikan jumlah kolesterol total dalam makanan dari makanan selain telur juga penting diketahui. Jika makananmu relatif rendah kolesterol, mungkin bisa mengonsumsi lebih banyak telur.

Mengutip Healthline, orang dewasa yang sehat dengan kadar kolesterol normal dan nggak ada faktor risiko penyakit jantung yang signifikan, 1-2 butir telur masih aman.

Dalam sebuah penelitian kecil pada 38 orang dewasa yang sehat, mereka yang mengonsumsi tiga butir telur mengalami peningkatan kolesterol jahat, kolesterol baik, dan rasio kolesterol jahat ke kolesterol baik.

Sebab itu, para ahli enggan menyarankan untuk mengonsumsi lebih dari 2 butir telur per hari. Satu butir per hari merupakan jumlah telur yang aman untuk kesehatan.

Buat kamu yang senang makan telur, informasi di atas bermanfaat nggak, Millens? (Siti Zumrokhatun/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved