inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Pisahkan Nomor Pribadi dan Kantor untuk Work-Life Balance yang Lebih Baik!
Rabu, 22 Jan 2025 15:40
Bagikan:
Memisahkan nomor pribadi dan urusan kerja bisa kamu lakukan untuk work-life balance yang lebih baik. (via Telkomsel)

Memisahkan nomor pribadi dan urusan kerja bisa kamu lakukan untuk work-life balance yang lebih baik. (via Telkomsel)

Di era digital, batas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi semakin kabur. Notifikasi pekerjaan bisa datang kapan saja, bahkan di luar jam kerja. Memisahkan nomor pribadi dan kantor bisa menjadi solusi efektif untuk menjaga keseimbangan hidup dan menghindari stres akibat pekerjaan yang terus-menerus membayangi.

Inibaru.id - Di era digital saat ini, batas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi semakin kabur. Banyak orang sulit melepaskan diri dari urusan kantor meski sudah di luar jam kerja. Salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memisahkan nomor pribadi dan nomor kantor.

Langkah ini bukan hanya soal kenyamanan, tetapi juga kunci untuk menjaga keseimbangan hidup yang lebih sehat.

Manfaat Memisahkan Nomor Pribadi dan Kantor

1. Menjaga Batasan yang Jelas

Dengan memiliki nomor khusus untuk pekerjaan, kamu bisa lebih mudah menentukan kapan harus bekerja dan kapan harus beristirahat. Notifikasi dari rekan kerja atau klien nggak akan mengganggu waktu pribadi kamu.

2. Mengurangi Stres dan Burnout

Jika urusan kantor terus masuk ke dalam ponsel pribadi, pikiran akan sulit beristirahat sepenuhnya. Dengan memisahkan nomor, kamu bisa menghindari beban pekerjaan yang terus menerus menghantui bahkan saat akhir pekan atau liburan.

3. Meningkatkan Produktivitas

Menggunakan nomor khusus kantor membuatmu tetap fokus dalam bekerja. (via Alodokter)
Menggunakan nomor khusus kantor membuatmu tetap fokus dalam bekerja. (via Alodokter)

Saat bekerja, menggunakan nomor khusus kantor dapat membantu kamu lebih fokus tanpa terganggu oleh pesan pribadi. Begitu pula sebaliknya, saat bersantai, kamu nggak akan tergoda untuk membalas pesan atau email pekerjaan.

4. Privasi Lebih Terjaga

Memberikan nomor pribadi kepada rekan kerja atau klien bisa berisiko terhadap privasimu. Dengan nomor terpisah, kamu bisa menjaga informasi pribadi tetap aman dan hanya berkomunikasi dalam lingkup profesional.

5. Membangun Profesionalisme

Memiliki nomor kantor khusus akan menciptakan kesan yang lebih profesional di mata klien dan rekan kerja. Kamu bisa lebih mudah mengatur komunikasi tanpa mencampurkan urusan pribadi.

Kamu bisa menggunakan SIM ganda atau eSIM untuk memiliki dua nomor dalam satu perangkat. Bisa juga dengan manfaatkan aplikasi komunikasi bisnis seperti WhatsApp Business atau Google Voice. Pastikan untuk membuat aturan penggunaan nomor dan patuhi jam kerja yang telah ditentukan.

Memisahkan nomor pribadi dan kantor adalah langkah sederhana namun berdampak besar dalam menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Dengan batasan yang jelas, kamu bisa lebih menikmati waktu luang tanpa gangguan pekerjaan, serta bekerja lebih fokus dan profesional saat diperlukan.

Gimana, tertarik untuk memisahkan nomor pribadi dan urusan kantor, Millens? (Siti Zumrokhatun/E05)

Tags:

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2025 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved