inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Pengguna Ad Blocker, Siap-Siap Kesulitan Nonton YouTube, ya!
Selasa, 13 Feb 2024 17:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
YouTube bakal membuat pengguna Ad Blocker di peramban kesulitan melihat videonya. (Forbes/Sopa Images/Lightrocket via Getty Images)

YouTube bakal membuat pengguna Ad Blocker di peramban kesulitan melihat videonya. (Forbes/Sopa Images/Lightrocket via Getty Images)

Para pengguna Ad Blocker, bersiaplah untuk kesulitan nonton YouTube karena mereka akan memberlakukan aturan baru yang mengharuskan user menonton iklan terlebih dulu.

Inibaru.id – Salah satu ekstensi yang paling banyak dipakai di peramban seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox adalah Ad Blocker. Dengan fitur tersebut, kamu bisa terhindar dari kemungkinan munculnya sejumlah iklan, termasuk yang berbentuk pop-up.

Berguna bagi user yang acap merasa terganggu dengan iklan yang muncul, keberadaan ad blocker justru meresahkan bagi pemilik platform, nggak terkecuali YouTube. Belakangan, medsos berbasis video itu menyiapkan langkah untuk memastikan user nggak bisa memakai ad blocker.

Alasannya? YouTube sangat membutuhkan iklan untuk terus bertahan dalam persaingan media sosial. Terlebih, platform tersebut telah membayar cukup banyak konten kreator dengan pendapatan yang berasal dari iklan tersebut.

Maka, agar tetap bisa mendapatkan pemasukan, YouTube pengin memastikan pengguna platform ini melihat iklannya. Lalu, untuk user yang enggan melihat iklan, mereka menawarkan YouTube Premium dengan cara membayar biaya langganan.

“YouTube memang memperluas upaya demi mengatasi pemblokir iklan,” ujar Manajer Komunikasi YouTube Christopher Lawton sebagaimana dilansir dari The Verge, belum lama ini.

Dianggap Melanggar Ketentuan

You Tube mengeluarkan peringatan terkait dengan penggunaan Ad Blocker. (Techmind/Adblock Plus Blog)
You Tube mengeluarkan peringatan terkait dengan penggunaan Ad Blocker. (Techmind/Adblock Plus Blog)

Lantas, apa yang terjadi kalau kita tetap memakai ad blocker saat membuka YouTube? Karena kita dianggap melanggar ketentuan, pada jendela video yang akan dilihat akan muncul pemberitahuan berlatar hitam dengan tulisan "Penggunaan Ad blocker melanggar syarat layanan YouTube".

Selain muncul peringatan tersebut, user juga bakal nggak bisa menonton videonya kecuali ad blocker dimatikan. Aturan itu sejatinya sudah diuji coba dalam skala kecil sejak Juni 2023. Namun, baru awal tahun ini banyak user yang mengeluhkan aturan untuk menghilangkan ad blocker tersebut.

Hal ini dikonfirmasi YouTube dengan mengatakan bahwa mereka memang telah memperluas cakupan aturan baru tersebut, dengan harapan para user segera mengizinkan iklan, termasuk yang berdurasi hingga 30 detik, atau berlangganan YouTube Premium dengan mahar 2 dolar AS per bulan.

Nah, peringatan buat kamu yang suka nonton YouTube dan masih pakai ad blocker ya! Barangkali ada yang punya ide gimana untuk "mengakali" syarat dan ketentuan ini, Millens? Ups, bercanda! (Arie Widodo/E03)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved