inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Mulai Desember 2023, Akun Gmail Jarang Dipakai Akan Dihapus Google
Selasa, 5 Des 2023 17:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Akun Gmail yang jarang dibuka akan dihapus Google per Desember 2023. (Unsplash)

Akun Gmail yang jarang dibuka akan dihapus Google per Desember 2023. (Unsplash)

Bersiaplah kehilangan akun gmail yang jarang dipakai karena Google akan melakukan aksi bersih-bersih mulai Desember 2023.

Inibaru.id – Kamu yang punya beberapa akun surat elektronik (surel) agaknya perlu rajin-rajin membukanya mulai sekarang. Minimal, ingatlah password-nya kalau nggak pengin kehilangan akun itu. Sebab, mulai bulan ini, Google bakal mulai bersih-bersih akun nggak terpakai.

Yap, per Desember 2023, Google akan mulai menghapus akun Gmail yang sudah dianggap nggak dipakai secara permanen; misalnya karena nggak pernah dibuka dalam dua tahun terakhir. Penghapusan itu juga berlaku untuk Google Docs, Google Calendar, Google Photos, hingga file pada Google Drive juga akan ikut terhapus, lo.

Kalau akun Gmailmu masih kamu buka meski sesekali saja, nggak perlu khawatir, Google sudah menjamin akun tersebut nggak akan hilang, kok. Tapi, kalau kamu nggak sering membuka akun tersebut dan terus memakai pengaman versi lama, risiko akun tersebut dibajak cukup tinggi.

Memangnya, apa sih alasan Google perlu menghapus akun-akun Gmail yang lama nggak aktif tersebut? Kalau menurut informasi yang dirangkum Timesnownews, Kamis (9/11/2023), hal ini diperlukan untuk meningkatkan keamanan secara keseluruhan pada layanan Gmail.

Target Pembajakan

Akun Gmail lama yang nggak dipakai tidak dilengkapi dengan sistem keamanan terbaru. (Umsu)
Akun Gmail lama yang nggak dipakai tidak dilengkapi dengan sistem keamanan terbaru. (Umsu)

Dengan menghapus akun-akun yang nggak terpakai itu, Google pun bisa menurunkan jumlah akun dengan sistem keamanan lama yang rentan jadi target pembajakan. Dampaknya, sistem keamanan Gmail secara keseluruhan akan jadi lebih kuat.

Lantas, apa yang perlu kamu lakukan kalau kamu memiliki beberapa akun Gmail yang nggak terpakai? Nggak perlu bingung, segera buka saja akun email tersebut. Kalau passwordnya lupa, ada opsi yang bisa kamu pilih untuk membuka akun tersebut.

Yang pasti, meskipun proses penghapusan akun Gmail ini akan dimulai pada Desember 2023, Google akan tetap mengirimkan sejumlah notifikasi terlebih dahulu ke akun yang dimaksud dan akun email recovery yang terkait dengan akun tersebut.

So, kalau kamu punya akun Gmail lama yang sudah jarang dibuka tapi ada banyak data penting di dalamnya, segera buka dan perkuat keamanan akun tersebut agar nggak ikut dihapus Google. (Arie Widodo/E03)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved