Pemerintah Tetapkan Libur dan Cuti Bersama 29 April - 9 Mei 2022

Pemerintah Tetapkan Libur dan Cuti Bersama 29 April - 9 Mei 2022
Menko PMK Muhadjir Effendy ungkap pemerintah menetapkan libur dan cuti Lebaran 2022. (Medcom/MI/Andri Widiyanto)

Pemerintah telah memastikan libur dan cuti bersama tahun ini pada 29 April - 9 Mei 2022. Di tanggal ini, diperkirakan banyak orang yang melakukan mudik Lebaran. Apa kamu juga?

Inibaru.id – Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengungkap libur dan cuti bersama tahun ini jatuh pada 29 April sampai 9 Mei 2022.

“Sudah diputuskan (libur dan cuti bersama Lebaran) mulai 29 April sampai 9 Mei,” ungkap Muhadjir pada hari ini, Rabu (6/4/2022).

Soal aturan lengkap cuti bersama 2022, nantinya bakal ada Surat Keterangan Bersama (SKB) tiga menteri, Millens.

“Jadi nanti akan ditandatangani untuk surat keputusan bersama oleh Menpan-RB, Menteri Agama, dan Menteri Tenaga Kerja,” lanjutnya.

Nah, karena cuti bersama ini cukup lama, Muhadjir pun meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Dia juga meminta masyarakat untuk segera melengkapi vaksin Covid-19 dan booster. Menurutnya, vaksin ini bisa jadi salah satu cara untuk mencegah penularan Covid-19 selama libur Lebaran.

“Jangan lupa persyaratan vaksin,” sarannya.

Jokowi Minta Semua Jajaran Mempersiapkan Arus Mudik 2022 dengan Baik

Mudik Lebaran 2022 jadi perhatian Presiden Jokowi. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Mudik Lebaran 2022 jadi perhatian Presiden Jokowi. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Mengingat libur bersama sudah ditetapkan, bisa dipastikan jutaan orang akan melakukan mudik pada libur Lebaran tahun ini. Hal ini ternyata mendapatkan perhatian dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Harus mulai dihitung betul. Ini bisa, kalau yang saya tangkap, di bawah ini semuanya mau mudik semua. Jadi persiapannya harus ekstra,” kata Jokowi saat melakukan Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (5/4).

Jokowi bahkan menyebut ada kemungkinan mudik tahun ini di luar perkiraan. Dia pun meminta Kapolri, Panglima TNI, dan Menteri Perhubungan untuk mempersiapkan skenario mudik Lebaran sebaik mungkin.

“Jangan sampai keliru mempersiapkan jalur mudik yang baik dan bisa meminimalisir kemacetan dan penumpukan arus mudik maupun arus balik,” terangnya.

Ingat ya, Millens, meski libur bersama sudah disepakati tanggalnya dan sejumlah sarana transportasi sudah mengeluarkan aturan terkait dengan syarat melakukan perjalanan, kamu harus tetap menjalani protokol kesehatan. Semua itu demi keselamatan, keamanan, dan kesehatan kamu dan keluarga di kampung halaman! (Pik, Kum,Cnn/IB09/E05)