Tiket Kereta Lebaran Sudah Dijual, Cek Tanggal yang Sudah Banyak Dipesan Ini

Tiket Kereta Lebaran Sudah Dijual, Cek Tanggal yang Sudah Banyak Dipesan Ini
Tiket kereta lebaran sudah bisa dipesan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Tiket kereta Lebaran sudah dijual oleh PT KAI. Kamu bisa memesannya di sejumlah kanal penjualan resmi. Nah, khusus untuk Daop 4 Semarang, ada sejumlah tanggal yang sudah mulai banyak dipesan, lo. Tanggal berapa saja itu?

Inibaru.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan kalau tiket kereta api pada masa Angkutan Lebaran 1443 H sudah bisa dibeli lewat KAI Access, situs kai.id, loket-loket stasiun, dan seluruh kanal resmi penjualan tiket KAI.

PT KAI memang menerapkan kebijakan menjual tiket KA Jarak Jauh sejak H-30 sebelum tanggal keberangkatan. Nah, per 1 April 2022, kebijakannya bahkan bergeser jadi H-45 sebelum tanggal keberangkatan. Jadi, kamu pun bisa membeli tiket untuk perjalanan 1 April sampai dengan 16 Mei 2022 dan seterusnya.

Kalau kamu memang sudah berniat untuk membeli tiket kereta di masa Angkutan Lebaran, pastikan untuk teliti dalam memasukkan tanggal, rute, serta data diri saat memesan, ya? Rencanakan juga perjalanan sebaik mungkin seperti memperkirakan perjalanan ke stasiun keberangkatan. Jadi, kamu bisa sampai di stasiun yang tepat dan nggak terlambat.

Selain itu, PT KAI juga meminta masyarakat untuk terus memantau perkembangan dari pemerintah terkait dengan syarat-syarat melakukan perjalanan, khususnya di masa Angkutan Lebaran.

Setidaknya, 4,1 persen dari total tiket di wilayah Daop 4 Semarang sudah terjual. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Setidaknya, 4,1 persen dari total tiket di wilayah Daop 4 Semarang sudah terjual. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Omong-omong, KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran dari H-10 sampai H+10 Lebaran, tepatnya dari 22 April sampai 13 Mei 2022. Rencananya, rata-rata 401 KA bakal beroperasi per hari di masa tersebut. Jika ditotal, rata-rata ada 216.608 tempat duduk yang disediakan per hari di KA Jarak Jauh dan KA Lokal. Hal ini sesuai dengan aturan pemerintah yang meminta KA menetapkan kapasitas 100 persen untuk KA Jarak Jauh dan 70 Persen untuk KA Lokal.

Khusus untuk Wilayah Daop 4 Semarang, KAI bakal mengoperasikan rata-rata 30 KA per hari dengan alokasi rata-rata 11.227 tempat duduk KA Jarak Jauh dan KA Lokal. Hingga 1 April 2022, KAI Daop 4 Semarang juga sudah menjual 10.171 tiket KA Jarak Jauh dan KA Lokal atau 4,1 persen dari total tiket yang tersedia dari 22 April sampai 13 Mei 2022.

Rute favorit yang sudah banyak dipesan masyarakat adalah Semarang – Jakarta, Tegal – Jakarta, Cepu – Jakarta, serta Semarang - Surabaya. Sementara itu, tanggal keberangkatan favorit yang sudah dipesan di wilayah Daop 4 Semarang adalah 29 April, 30 April, 7 Mei, dan 8 Mei.

Meski masih banyak tiket KA di masa Angkutan Lebaran yang tersedia, kamu sebaiknya segera melakukan perencanaan perjalanan jika berniat naik kereta di masa itu, ya Millens. (IB09/E05)