BerandaHits
Senin, 22 Mei 2023 09:04

Kemenpora akan Adakan Liga Tarkam Usia Dini

Penulis:

Kemenpora akan Adakan Liga Tarkam Usia DiniSiti Khatijah
Kemenpora akan Adakan Liga Tarkam Usia Dini

Masyarakat bergembira menyambut para atlet yang berjuang di SEA Games 2023. (Bola/Bagaskara Lazuardi)

Kesuksesan Timnas Indonesia U-22 merebut medali emas SEA Games 2023 membuat Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyiapkan program khusus sepak bola berupa Liga Antar Kampung (Tarkam), terutama untuk usia dini.

Inibaru.id - Jumat (19/5/2023) lalu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar acara bertajuk Kirab Juara SEA Games 2023. Yang paling menarik perhatian pada kirab tersebut apalagi kalau bukan arak-arakan bus double decker Transjakarta yang membawa Timnas U-22 Indonesia.

Gelar juara SEA Games 2023 sangat spesial untuk timnas sepak bola Indonesia. Sebab, skuad Garuda besutan Indra Sjafri berhasil mengakhiri penantian 32 tahun juara SEA Games.

Nah, nggak ingin kehilangan momentum euforia, semangat, serta kepercayaan diri dari masyarakat terhadap sepak bola Indonesia, Kemenpora menyiapkan program khusus sepak bola berupa Liga Antar Kampung (Tarkam), terutama untuk usia dini. Menpora Dito Ariotedjo berharap rencana tersebut segera dieksekusi demi memperlancar estafet prestasi.

“Betul, momen kebangkitan ini akan kita eksekusi lewat Liga Tarkam di daerah-daerah. Pak Menpora Dito Ariotedjo memang sudah merencanakan untuk menjadikan ini salah satu program prioritas dari Kemenpora,” kata Staf Khusus Menpora Alvin Suryohadiprojo dalam keterangan resminya, Minggu (21/5/2023), dikutip dari Antara.

Arahan Jokowi

Dari Liga Tarkam, diharapkan akan terlihat bibit-bibit unggul calon pemain sepak bola Indonesia. (MPI)
Dari Liga Tarkam, diharapkan akan terlihat bibit-bibit unggul calon pemain sepak bola Indonesia. (MPI)

Sebenarnya program Liga Tarkam ini juga menjadi bagian dari menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo kepada Menteri Dito di kala pelantikan Menpora beberapa waktu lalu.

Presiden Jokowi menginginkan Liga Sepak Bola Tarkam (Antar Kampung) kembali digiatkan. Selain itu, sepak bola juga harus digalakkan di tingkat pendidikan dan sekolahan.

"Arahan Pak Presiden, beliau ingin liga-liga sepak bola, pertandingan olahraga itu masif dilaksanakan di level tingkat pendidikan, sekolah dan perkuliahan dan juga untuk rakyat. Kita diminta menggalakkan Liga Antar Kampung," terang Dito, dikutip dari Viva (3/4/2023).

Tidak Hanya Sepak Bola

Tim Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja sukses memenuhi target pemerintah dengan 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu. Hal membanggakan tersebut tentu saja harus dipertahankan bahkan ditingkatkan di masa depan.

Oleh karena itu, nggak hanya Liga Tarkam sebagai program yang dipersiapkan setelah keberhasilan Timnas U-22, cabang olahraga lain juga akan mendapat perhatian dari Kemenpora.

“Tidak hanya untuk pengembangan bakat sepak bola, tetapi untuk cabang olahraga lain juga. Ini kita lakukan supaya bakat bisa tumbuh di tingkat akar rumput sebagai bekal sebelum mereka tampil di kompetisi tingkat profesional,” Alvin, staf khusus Menpora.

Semoga rencana demi rencana yang disusun oleh Kemenpora untuk meningkatkan kualitas olahraga di Indonesia berjalan sesuai dengan yang diharapkan ya, Millens? Jika tujuannya baik, program-program itu pasti mendapat dukungan dari berbagai pihak. (Siti Khatijah/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved