inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Kecanduan Stres, Benarkah Kondisi Ini Ada?
Jumat, 10 Mei 2024 16:54
Penulis:
Siti Zumrokhatun
Siti Zumrokhatun
Bagikan:
Stres juga bisa membuat tubuh kecanduan. (Jezzards)

Stres juga bisa membuat tubuh kecanduan. (Jezzards)

Stres adalah reaksi alami tubuh terhadap tekanan atau tuntutan yang dialami seseorang. Namun, tahukah kamu bahwa seperti halnya kecanduan zat adiktif, seseorang juga bisa kecanduan stres?

Inibaru.id - Kamu mungkin sudah nggak heran lagi jika ada orang yang kecanduan obat-obatan terlarang. Tapi, kecanduan stres agaknya bakal mengundang pertanyaan. Memangnya ada?

Yap, seseorang bisa saja kecanduan stres. Kecanduan stres adalah kondisi di mana seseorang secara nggak sadar atau bahkan secara sadar menciptakan atau mempertahankan situasi stres secara berulang-ulang, meskipun mengetahui bahwa hal itu merugikan dirinya.

Ciri-ciri Kecanduan Stres

1. Mencari Konflik

Seseorang yang kecanduan stres mungkin cenderung mencari atau membuat situasi yang memicu stres. Mereka mungkin merasa tidak nyaman atau gelisah ketika tidak ada konflik atau stres dalam hidup mereka.

2. Perilaku Perusak

Kecanduan stres dapat mengarah pada perilaku perusak, seperti menciptakan konflik dengan orang lain, merusak hubungan, atau bahkan menyebabkan masalah di tempat kerja.

3. Mengabaikan Solusi

Meskipun tahu ada solusi untuk mengurangi stres, orang yang kecanduan stres mungkin tidak mau atau tidak mampu mengatasi masalahnya.

4. Siklus Berulang

Orang yang kecanduan stres mungkin terjebak dalam siklus berulang di mana mereka menciptakan atau memperpanjang situasi stres, bahkan setelah masalahnya selesai atau tidak lagi relevan.

5. Ketergantungan Emosional

Mereka mungkin merasa sulit untuk melepaskan diri dari perasaan stres dan cenderung menggunakan stres sebagai alat untuk menghadapi masalah.

Dampak Kecanduan Stres

Kecanduan stres berdampak pada fisik dan mental. (askclairecasey)
Kecanduan stres berdampak pada fisik dan mental. (askclairecasey)

1. Gangguan Kesehatan Mental

Kecanduan stres dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental seperti kecemasan, depresi, atau gangguan stres pasca-trauma (PTSD).

2. Gangguan Fisik

Stres kronis dapat menyebabkan gangguan fisik seperti tekanan darah tinggi, gangguan tidur, masalah pencernaan, dan penurunan sistem kekebalan tubuh.

3. Masalah Hubungan

Kecanduan stres dapat merusak hubungan personal dan profesional seseorang karena perilaku yang merusak dan konflik yang terus-menerus.

4. Kinerja Kerja Menurun

Stres kronis dapat mengganggu konsentrasi, mempengaruhi produktivitas, dan mengurangi kinerja kerja.

5. Isolasi Sosial

Orang yang kecanduan stres mungkin cenderung menarik diri dari interaksi sosial dan menghindari situasi yang dapat mengurangi stres mereka, menyebabkan isolasi dan kesendirian.

Kecanduan stres adalah kondisi serius yang membutuhkan perhatian dan penanganan yang tepat. Jika kamu atau seseorang yang kamu kenal mengalami ciri-ciri kecanduan stres, penting untuk mencari bantuan profesional dari psikolog atau terapis. Dengan bantuan yang tepat, kecanduan stres dapat diatasi, dan seseorang dapat belajar cara mengelola stres dengan lebih efektif. (Siti Zumrokhatun/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved