inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Jangan Ikut-ikutan; Panduan Memilih Capres sesuai Akal Sehat!
Senin, 5 Feb 2024 11:35
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Belum menentukan pilihan capres karena masih bingung, lakukan riset dulu! (Viva/M Ali Wafa)

Belum menentukan pilihan capres karena masih bingung, lakukan riset dulu! (Viva/M Ali Wafa)

Mumpung masih ada sisa waktu, gunakan itu untuk meriset capres mana yang sesuai untuk kita pilih. Jangan mencoblos capres hanya karena ikut-ikut atau pakai metode 'hitung kancing'!

Inibaru.id - Pemilu 2024 tinggal menunggu hari. Pada hari Rabu 14 Februari 2024 nanti, kita akan datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk memilih presiden, wakil rakyat tingkat pusat, daerah, provinsi, dan kabupaten/kota. Kamu sudah tahu akan mencoblos siapa, Millens?

Di antara kelima itu, pemilihan presiden dan wakilnya mendapat atensi yang paling besar dari masyarakat. Gelombang dukungan mengalir ke masing-masing paslon nomor urut 01, 02, dan 03. Bahkan loyalitas sebagian masyarakat pada salah satu paslon bisa saling menimbulkan konflik dan sentimen satu orang dengan lainnya. Ini sungguh hal yang sangat disayangkan ya?

Nah, meski sudah banyak yang menentukan pilihan capres siapa yang akan dipilih, nggak dipungkiri orang yang masih bingung dan belum menentukan pilihan juga masih banyak. Swing voters, sebutan buat orang yang masih gamang akan pilihan politiknya ini mau nggak mau harus memilih pada akhirnya.

Jika kamu termasuk dalam golongan swing voters ini, bagaimana nanti kamu menentukan pilihan? Ingatlah, jangan mencoblos dengan asal atau ikut-ikutan teman, ya! Jika ingin puas memilih capres, perhatikan dulu hal-hal berikut ini!

1. Pahami Isu dan Kebutuhanmu

Sangat penting untuk memahami isu-isu utama yang sedang negaramu hadapi. Apakah itu masalah ekonomi, lingkungan, pendidikan, atau kesehatan? Identifikasi isu-isu yang paling penting bagimu dan masyarakat secara umum.

2. Pelajari Riwayat Capres

Ada tiga pasang capres cawapres yang ikut dalam kontestasi Pemilu 2024 ini. Pelajari rekam jejak mereka, termasuk pengalaman politik, pencapaian, dan nilai-nilai yang mereka anut. Tinjau apakah calon presiden tersebut memiliki pengalaman yang relevan dan keahlian untuk menghadapi isu-isu penting.

Selain itu, karakter dan integritas capres juga merupakan hal yang penting. Periksa apakah mereka memiliki rekam jejak integritas yang baik dan telah menunjukkan komitmen terhadap kejujuran, etika, dan nilai-nilai moral yang baik?

3. Pahami Apa yang Diperjuangkan

Ada tiga paslon yang berlaga dalam Pemilu 2024. Masing-masing memiliki visi mis yang menarik untuk kamu cari tahu lebih dalam. (Media Indonesia)
Ada tiga paslon yang berlaga dalam Pemilu 2024. Masing-masing memiliki visi mis yang menarik untuk kamu cari tahu lebih dalam. (Media Indonesia)

Cari tahu apa visi dan rencana masa depan calon presiden dalam mengatasi isu-isu yang kamu anggap penting. Benarkah mereka memiliki gagasan yang jelas dan solusi konkret untuk masalah yang dihadapi negara?

Buatlah pertanyaan-pertanyaan seperti: apakah kebijakan tersebut masuk akal bagimu? Apakah mereka mengatasi masalah yang akan membuat perubahan baik untuk negara, atau kehidupan orang-orang di sekitar? Apakah rencana bersifat bertahap, atau apakah mereka berjanji bahwa perubahan akan terjadi dengan cepat, mudah, dan terlalu bagus untuk menjadi kenyataan?

4. Cari Tahu Pihak di Belakangnya

Saat kamu memilih capres, ingatlah bahwa siapa pun yang terpilih harus membentuk koalisi politik di setiap kebijakan yang ingin mereka wujudkan. Dukungan politik merupakan penentu seberapa baik kandidat dalam membangun koalisi.

Dengan mengetahui siapa yang mendukung, kamu akan tahu tentang seberapa efektif mereka ketika tiba waktunya untuk memerintah, bukan secara otokratis, namun sebagai salah satu cabang pemerintahan demokratis.

Itulah hal yang penting kamu lakukan sebelum memutuskan pilihan, Millens. Luangkan waktu khusus untuk riset dan mencari informasi sana-sini agar nggak salah pilih. Oiya, saat riset, posisikan dirimu netral dan nggak condong ke salah satu paslon, ya! Semoga tips ini bermanfaat! (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved