inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Yang Baru dan Unik di Pemilu 2024: Kemunculan Nazar Pemilu
Senin, 8 Jan 2024 09:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Salah satu contoh ungkapan nazar pemilu yang viral di media sosial X. (Twitter/Luqbaehaqi)

Salah satu contoh ungkapan nazar pemilu yang viral di media sosial X. (Twitter/Luqbaehaqi)

Nggak hanya capres cawapresnya yang mengumbar janji, pendukungnya juga ikut menebar janji andai capres-cawapres yang mereka dukung menang di Pemilu 2024. Janji-janji para warganet ini terangkum dalam tagar Nazar Pemilu.

Inibaru.id – Nggak hanya pembahasan dan meme debat capres yang viral di media sosial pada Minggu (7/1/2024) lalu. Tagar #nazarpemilu yang diramaikan para warganet, khususnya di media sosial X, juga tetap trending. Penasaran nggak sih apa maksud dari Nazar Pemilu ini?

Kalau menurut analisis Drone Emprit yang digarap oleh pakar teknologi Ismail Fahmi, tagar #nazarpemilu ini mulai ramai sejak Sabtu (6/1) dan terus bertahan hingga keesokan harinya. Nah, per Minggu (7/1) pada 14.20 WIB, tagar ini sudah digunakan sampai lebih dari 299 ribu kali.

Dari semua cuitan di X tersebut, 78 persen di antaranya berisi nazar alias janji yang akan mereka lakukan kalau sampai pasangan calon (paslon) 01, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menang. Sisa 22 persen cuitan mengaku akan menjalankan nazarnya jika pasangan 02 (Prabowo-Gibran) kalah.

Yang menarik dari tagar ini adalah kebanyakan cuitannya organik karena sama sekali nggak mengungkap janji-janji atau program yang akan dilakukan calon presiden (capres) yang didukung warganet kalau sampai terpilih, melainkan janji yang pengin mereka lakukan jika sampai keinginannya dalam Pemilu 2024 ini tercapai, Millens.

Macam-Macam Nazar Pemilu

Kebanyakan cuitan Nazar Pemilu berasal dari pendukung Paslon 01. (Fajar.co.id)
Kebanyakan cuitan Nazar Pemilu berasal dari pendukung Paslon 01. (Fajar.co.id)

Nazar-nazar yang diungkap warganet ini ada yang serius namun ada juga yang lucu. Penasaran nggak seperti apa nazar yang mereka ungkap? Yuk Simak baik-baik!

Kalau Anies Imin menang, saya akan pilih 10 anak SMA atau kuliah untuk mentoring 1 on 1 SMA cara dapetin beasiswa. Mulai dari nulis esai, wawancara, sampai personal branding. Saya lulus dari ITB dengan 3 beasiswa, dan kini saatnya perubahan kita lakukan #nazarpemilu,” tulis akun @selamatinaja milik Akbar Selamat yang ditulis Sabtu (6/1) pukul 11:54 WIB dan mendapatkan 646 komentar , lebih dari 6.500 Repost, 22 ribu Likes, dan 924 Bookmark.

“Ikutan! Kalau AMIN menang aku ngasih ceramah kesehatan jantung gratis untuk 5 sesi,” tulis pakar kesehatan Berlian Idris di @berlianidris pada Sabtu (6/1).

Kalau Anies menang, gue akan beli produk makanan dari 24 UMKM yang ada di X lalu akan gue berikan ke panti asuhan,” tulis akun @kozirama pada Sabtu (6/1).

Kalau Prabowo Gibran kalah, gw akan bikin 1 batch training olah data Survei Sosio-Ekonomi (SUSENAS) secara KHRATIS untuk 15 orang #nazarpemilu,” tulis akun @ObiWan-Catnobi pada Sabtu (6/1) yang mendapatkan 100 komentar, lebih dari 1.500 Repost, dan 3.100 Likes.

Kalau 02 kalah, atau Anies/Ganjar yang menang pilpres, saya akan berhenti main judi online selamanya #nazarpemilu,” tulis akun @barbarian_X pada Sabtu (6/1).

Pengelola Done Emprit Ismail Fahmi di akun Twitter @ismailfahmi menganggap tagar #nazarpemilu ini sebagai cara warganet menyampaikan harapan serta dukungannya terhadap capres idamannya. Dalam hal ini, kebanyakan mendukung ke Paslon 01. Meski terlihat memihak, tapi sejumlah pihak memuji kemunculan tagar ini justru mengungkap bahwa semangat gotong royong dan saling membantu masyarakat Indonesia ternyata masih ada di tengah panasnya persaingan kontestasi pilpres.

Kalau kamu sendiri, apakah juga punya nazar pemilu dan sudah punya jagoan di pilpres nanti, Millens? Atau justru memilih untuk wait and see saja sembari menunggu keputusan untuk memilih paslon pada Pemilu 2024 nanti? (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved