BerandaHits
Rabu, 28 Des 2022 19:08

5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi HRD untuk Kelola Karyawan

5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi HRD untuk
Kelola Karyawan

Dengan adanya pengembangan sistem aplikasi HRD yang berbasiskan web semakin mempermudah pengelolaan administrasi personalia di perusahaan. (Twitter @talentaco)

HRD suatu perusahaan memiliki tanggung jawab atas berbagai tugas, termasuk merekrut, mengelola hubungan karyawan, dan mengembangkan kebijakan perusahaan. Seiring dengan perkembangan teknologi kini pengelolaan administrasi HRD dapat diselesaikan secara mudah dengan menggunakan aplikasi HRD.

Inibaru.id - Aplikasi HRD telah banyak berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Karyawan sebagai aset utama yang sekaligus menjadi kunci performa perusahaan. Manajemen karyawan menjadi tanggung jawab pelaku HR di perusahaan-perusahaan tersebut.

Departemen Sumber Daya Manusia atau HR Department, menurut definisi, bertanggung jawab atas aset organisasi yang paling berharga, yaitu karyawannya. HRD professional bertanggung jawab untuk memastikan bahwa karyawan memiliki semua yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari mereka, serta untuk menciptakan lingkungan kerja sehat yang menarik dan mempertahankan karyawan yang berkualitas.

HRD professional pada suatu perusahaan bertanggung jawab atas berbagai tugas, termasuk merekrut, mengelola hubungan karyawan, dan mengembangkan kebijakan perusahaan. HR generalis melakukan semua tugas yang relevan di bisnis kecil, sedangkan profesional HR di bisnis yang lebih besar mungkin mengkhususkan diri dalam bidang tertentu seperti sumber dan perekrutan, kompensasi dan manfaat, serta operasi HRD.

Peran HR di perusahaan tidak hanya mencakup urusan administrasi personalia yang meliputi hal-hal seperti pencatatan data-data karyawan, manajemen absen, manajemen cuti, manajemen lembur, hingga mencakup penggajian karyawan setiap bulannya. Peran HR di perusahaan jauh lebih penting dari itu.

Seiring dengan perkembangan teknologi kini administrasi personalia dapat diselesaikan dengan mudah dengan menggunakan aplikasi HRD. Pelaku HR di perusahaan tidak perlu untuk menggunakan pencatatan konvensional dengan menggunakan metode manual (paperwork) atau pun spreadsheet. Dengan adanya pengembangan sistem aplikasi HRD yang berbasiskan web semakin mempermudah pengelolaan administrasi personalia di perusahaan. Berikut 5 keuntungan utama penggunaan aplikasi HRD bagi perusahaan.

1. Meminimalisasi Biaya (cost)

Penggunaan aplikasi HRD akan membantu perusahaan untuk meminimalisasi biaya yang dikeluarkan setiap bulannya. Dengan adanya aplikasi HRD tentunya perusahaan tidak perlu untuk merekrut admin HR dengan jumlah yang banyak. Hal ini akan berdampak positif bagi pengurangan biaya perusahaan setiap bulannya.

2. Efektivitas Waktu

Dengan menggunakan aplikasi HRD, tim HR perusahaan juga akan menghemat waktu bekerja mereka. Efektivitas waktu akan menjadi jauh lebih baik, pengerjaan administrasi personalia perusahaan akan terselesaikan dengan cepat dan akurat karena semua sudah dilakukan dengan menggunakan sistem secara otomatis.

3. Meminimalisasi Error

Terdapat kemungkinan error yang tinggi jika pekerjaan manajemen administrasi yang dilakukan dengan metode manual. Dengan penggunaan aplikasi HRD manajemen administrasi seperti database tentunya akan terkelola dengan baik dan rapi. Hal ini dapat meminimalisasi error dan meningkatkan efektivitas kerja di perusahaan itu sendiri.

4. Mempermudah Akses Informasi

Penggunaan aplikasi HRD akan mempermudah akses informasi karyawan di perusahaan. Dengan adanya aplikasi HRD ini karyawan akan terlibat secara aktif untuk mengetahui dan menambahkan informasi yang berkaitan tentang pribadinya di perusahaan. Hal ini akan meningkatkan rasa kebanggaan karyawan kepada perusahaan, tidak adanya batasan bagi mereka untuk mengetahui perihal personalia mereka, seperti waktu cuti, perkembangan performa, dan sebagainya. Hal ini pastinya akan membantu meningkatkan tingkat retensi karyawan dan meminimalisasi turnover karyawan di perusahaan Anda.

5. HR Bukan Sekadar Personalia

Seiring berjalannya waktu, kini tugas pelaku HR perusahaan bukan hanya mengurus bagian personalia tetapi jauh lebih dari itu. Tugas utama HR adalah memanajemen karyawan sebagai aset utama perusahaan. Hal ini meliputi perencanaan strategi, rekrutmen, retensi karyawan, pengembangan karyawan, dan hal lainnya diluar administrasi personalia.

Dengan penggunaan aplikasi HRD di perusahaan Anda akan meminimalisasi waktu yang dihabiskan admin HR untuk mengurus bagian personalia karyawan. Dengan ini pelaku HR akan fokus ke hal lain yang jauh lebih penting dari sekedar mengurus bagian administrasi personalia.

Cara Memilih Fitur Aplikasi HRD

Teknologi memberikan peran penting dalam pemilihan aplikasi HRD yang tepat. Semakin majunya teknologi, maka semakin mudah juga pekerjaan manajemen karyawan yang dilakukan HRD tanpa usaha yang berarti. HRD hanya perlu memberikan perhatian terhadap hasil evaluasi mereka.

Melihat kenyataan tersebut, aplikasi HRD menawarkan berbagai fitur yang memudahkan HRD, perusahaan, dan karyawan. Hal tersebut tentunya akan memberikan dampak yang signifikan dengan adanya berbagai kemudahan yang dapat dijangkau siapapun.

Berdasarkan hal tersebut, tentu diperlukan pengamatan dan keputusan yang tepat sebelum memilih fitur yang ditawarkan aplikasi HRD. Berikut terangkum beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih fitur yang tepat.

1. Tinjau Kebutuhan

Pemilihan fitur tentunya tidak terlepas dari kebutuhan akan aplikasi HRD bagi para pelaku bisnis. Fitur tersebut harus mampu menjangkau kebutuhan karyawan dan perusahaan sehingga aplikasi HR ini mampu memberikan feedback yang signifikan.

Kebutuhan perusahaan tentunya diketahui dengan baik oleh pelaku bisnis dan karyawannya. Untuk itu dibutuhkan diskusi lebih lanjut mengenai kebutuhan-kebutuhan yang diinginkan kedua belah pihak.

2. Nilai Praktis

Dari segi apapun, penggunaan aplikasi HRD diharapkan mampu memberikan nilai praktis terhadap kinerja karyawan. Tidak hanya bagi HRD tetapi juga bagi karyawan dan perusahaan.

Untuk itulah perlu diperhatikan nilai praktis yang akan didapatkan ketika memilih aplikasi HRD yang tepat. Sebelum itu sebaiknya dilakukan survei pasar terhadap beberapa produk aplikasi HRD yang beredar dipasaran.

Manfaatkan fitur demo yang ditawarkan vendor aplikasi HRD untuk mempelajari nilai praktis dan manfaat lainnya. Tidak hanya itu, membuat pilihan atas perbandingan beberapa platform aplikasi HRD tersebut akan memudahkan untuk mengambil keputusan.

3. Biaya

Biaya yang dikeluarkan dalam penggunaan aplikasi HRD juga penting untuk dipertimbangkan. Bagaimanapun juga untuk mendapatkan fitur yang terbaik bagi karyawan dan perusahaan dibutuhkan biaya lebih dari sekedar platform biasa.

Selain itu, pertimbangan biaya juga harus memperhatikan kebermanfaatan aplikasi HRD. Bukankah pemilihan penggunaan aplikasi ini untuk jangka panjang? Apabila vendor ternyata jarang atau bahkan tidak memberikan upgrade fitur, artinya aplikasi tersebut bisa jadi akan ketinggalan jaman dalam beberapa waktu ke depan.

Artinya jika biaya yang dikeluarkan terlalu besar dengan tanpa memberikan manfaat yang signifikan kedepannya, akan lebih baik untuk memilih vendor aplikasi HRD lainnya.

Rekomendasi Aplikasi HRD Terbaik

Pernah dengar aplikasi yang memudahkan perusahaan dalam membuat jejaring karyawan seperti absen, gaji, cuti, payment dan lainnya? Maka aplikasi tersebut merupakan sebuah aplikasi Talenta. Software talenta ini berada pada pelayanan Mekari guna memenuhi kebutuhan para pebisnis dan pengusaha dalam mengelola administrasi karyawan.

Software talenta ini mengedepankan sistem HRIS, sistem tersebut sudah sangat canggih serta adanya fitur yang menarik. Dalam penggunaan software ini memang tidak begitu rumit. Keberadaan aplikasi Talenta justru akan memudahkan penggunanya untuk segera menikmati layanan kontrol gratis.

Talenta juga memiliki beberapa sistem yang bisa memanfaatkan agar pengelolaan secara manajemen kerja karyawan bisa optimal. Pemanfaatan Software Talenta ini menandakan bahwa pengusaha atau pebisnis lebih siap menghadapi era digital dengan segala kemudahan. Biasanya, perusahaan menggunakan aplikasi atau software sesuai kebutuhan.

Cara Menggunakan Aplikasi Mekari Talenta

Ada beberapa hal yang penting ketika menggunakan Talenta sebagai aplikasi. Cara menggunakannya tentu dengan memberikan semangat tersendiri. Nantinya, karyawan bisa mudah menggunakannya via HP atau Laptop.

Menggunakan Talenta bisa dengan cara mendownload terlebih dahulu bisa dengan PC atau laptop. Kemudian lakukan login dalam aplikasi dan bersiap untuk memanfaatkan fitur yang ada pada aplikasi Talenta tersebut.

Fitur yang ada di Talenta sangat memudahkan penggunanya, baik sebagai karyawan maupun perusahaan dalam memperlancar aktivitas perusahaan terkait absensi, gaji dan fitur lainnya. Hal ini akan memberikan dampak positif serta fleksibilitas dalam pengelolaan karyawan secara menyeluruh.

Selanjutnya jika aplikasi tentang Talenta sudah ada baik via HP atau PC tinggal menggunakannya sesuai kebutuhan. Misalnya saja fitur request time off, fitur tersebut memudahkan karyawan untuk mengambil cuti. Buka aplikasi pilih request time off dan bisa tentukan jatah cuti misal sehari, setengah hari atau beberapa hari.

Talenta Attendance

Apa itu Talenta Attendance? Software yang merupakan salah satu bagian dari produk Talenta. Pada Talenta Attendance untuk memberikan solusi kepada perusahaan atau pebisnis untuk pengelolaan karyawan. Baik karyawan dari usaha kecil atau menengah bisa juga dengan bidang retail, bisnis privat, makanan atau minuman serta pelayanan jasa.

Penggunaan aplikasi Attendance ini mampu mengatur absensi masuk, monitoring real time, jadwal shifting, hingga rekap kehadiran otomatis. Jadi keberadaan Talenta Attendance ini sangat memudahkan pebisnis atau pengusaha dalam pengoperasian jadwal karyawan, secara akurat, efisien, serta efektif.

Untuk bisa menggunakan Talenta Attendance secara gratis bisa dengan mengunduh di playstore untuk memaksimalkan kinerja. Jadi pengguna bisa lebih fleksibel serta melakukan kontroling dengan mudah serta lebih terjamin akurasinya. Oleh karena itu, saran selanjutnya untuk segera melakukan install aplikasi dan melakukan login secara pribadi.

Download Talenta Aplikasi HRD untuk PC

Bagaimana memanfaatkan Talenta untuk PC, maka cobalah perhatikan beberapa tahapan bagaimana mendownload aplikasi tersebut untuk PC. Adapun cara melakukan dan tahapan saat harus install Talenta untuk PC, berikut ini:

1. Pastikan PC yang Digunakan Sesuai

Untuk bisa menggunakan aplikasi dari Talenta secara maksimal maka bisa dengan memastikan PC yang sesuai. Agar nantinya aplikasi yang sudah terinstal memang cocok untuk jenis PC. Biasanya jenis PC juga berpengaruh pada aplikasi dan ada beberapa aplikasi yang tidak mau terinstal.

2. Pilih yang Sesuai dengan Windows yang Ada

Bagi pengguna windows, maka perhatikan jenisnya, seperti, windows 7, 8 ,9 atau 10 sehingga aplikasi dari Talenta bisa cocok menggunakannya. Keberadaan aplikasi Talenta ini memang sangat penting dalam menangani kelancaran kontrol bagi para pebisnis mikro dan lainnya. Pengelolaan karyawan tersebut bisa terjadi secara digital via Talenta.

3. Download Aplikasi Talenta untuk PC

Jika sudah menyesuaikan PC yang ada di software maka berikutnya tinggal download aplikasi tersebut. Aplikasi yang Talenta luncurkan gratis, memudahkan karyawan serta pemilik usaha untuk bisa melakukan kontrol yang lebih.

Harapannya dengan adanya software HRIS untuk PC semakin memudahkan pengguna baru untuk memanfaatkan fitur yang ada pada aplikasi. Beberapa fitur juga akan membantu karyawannya dalam absensi, bayar BPJS, juga tidak perlu repot harus ada laporan tertulis.

Dengan memanfaatkan software Mekari Talenta secara bermanfaat serta memberikan nilai positif. Para karyawan saat ini telah melakukan finger print via mobile dengan aplikasi bernama Talenta itu. Keberadaan software Mekari Talenta memang sangat tepat terpilih sebagai salah satu solusi teknologi modern berdasarkan request. (ADS/E01)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved