inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
5 Hal yang Perlu Dihindari Gamers biar Nggak Sakit
Minggu, 13 Nov 2022 09:09
Penulis:
Siti Zumrokhatun
Siti Zumrokhatun
Bagikan:
Gamers berpotensi mengalami cedera. (Shutterstock via Pikiran Rakyat)

Gamers berpotensi mengalami cedera. (Shutterstock via Pikiran Rakyat)

Main gim memang mengasyikkan, tapi kadang dapat menimbulkan gangguan kesehatan tertentu. Karena itu, para pemain profesional ini perlu menghindari hal-hal berikut ini.

Inibaru.id – Aktivitas untuk bersenang-senang sekali pun, terkadang memiliki risiko penyakit di baliknya. Bermain gim juga termasuk dalam kegiatan yang berisiko mengundang penyakit.

Para atlet esport juga bisa mengalami berbagai gangguan kesehatan. Kalau sudah begini, mereka harus beristirahat dan nggak bisa mengikuti turnamen.

Walaupun nggak ada kontak fisik, namun tetap saja ada beberapa hal yang bisa bikin para pemain pro ini cedera. Apa saja ya?

1. Duduk terlalu lama

Jika seseorang duduk terlalu lama, berarti kurang melakukan aktivitas fisik. Nah, kurangnya aktivitas fisik ini berisiko menyebabkan berbagai macam penyakit.

"Kurang aktivitas fisik berisiko terhadap penyakit kronis seperti diabetes, kolesterol, penyakit jantung, terutama kegemukan," jelas dokter spesialis kedokteran olahraga di RS Pondok Indah Bintaro Jaya Antonius Andi Kurniawan di acara jumpa pers di RS Pondok Indah Bintaro Jaya, beberapa waktu lalu dilansir CNN, Minggu (13/11/2022).

Dirinya menyarankan gamers agar sering-sering meregangkan leher, bahu, punggung bagian bawah untuk merelaksasi otot-otot saat duduk terlalu lama.

2. Posisi kursi atau postur duduk yang kurang pas

Bukan cuma berhubungan dengan faktor kenyamanan, posisi kursi ataupun level ketinggian kursi saat bermain gim memiliki pengaruh terhadap risiko terjadinya cedera. Bagian tubuh yang rawan cedera karena posisi yang nggak pas yaitu leher, punggung, dan bahu.

"Ketinggian level mata terhadap monitor pun juga berpengaruh, ujarnya. Misalnya saja posisi saat kepala terlalu sering menunduk.

3. Camilan nggak sehat

Banyak gamers yang nggak punya waktu untuk makan sehingga cenderung mengonsumsi camilan kurang sehat. (Shutterstock via Tribunnews)
Banyak gamers yang nggak punya waktu untuk makan sehingga cenderung mengonsumsi camilan kurang sehat. (Shutterstock via Tribunnews)

Faktor lain yang bisa memunculkan penyakit pada gamer, yakni seringnya mengonsumsi makanan nggak sehat selagi bermain.

"Apalagi kalau kita melihat gamer yang suka lupa waktu, akhirnya dia ngemil makanan tidak sehat terus menerus, itu akan jadi obesitas," ungkapnya.

4. Jarang makan

Atlet profesional e-sports Lius Andre mengungkapkan bahwa umumnya para gamers jarang makan karena saking asyiknya bermain gim.

"Jadi lambungnya suka ada yang kena GERD dan sebagainya. Di sini yang jadi masalah adalah mereka kurang kesadaran dan kalau dibiarkan akan berakibat cukup fatal," ujar Lius di acara yang sama.

Dalam kesempatan itu, Lius merekomendasikan para gamers untuk makan pisang sebelum bertanding lantaran kandungan potasium yang ada di dalamnya dapat membantu kinerja otak. Meski begitu, dia juga menyarankan untuk tetap menjaga nutrisi biar nggak gampang jatuh sakit.

5. Memandang lama ke satu arah

Ketika gamers memandang ke satu arah dalam waktu yang lama, eye strain atau mata lelah dapat terjadi. Bayangkan, mereka bisa menatap layar monitor selama 8-15 jam sehari untuk latihan.

Karena itu, Andi merekomendasikan aturan 20-20-20, yakni bermain selama 20 menit, kemudian mengistirahatkan mata dengan melihat sejauh 6 meter atau 20 kaki selama 20 detik.

Gimana, para gamers? Kamu juga melakukan kebiasaan buruk ini ketika main? Mulai sekarang, yuk tinggalkan biar makin sehat dan tetap berprestasi, Millens. (Siti Zumrokhatun/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved