BerandaPasar Kreatif
Sabtu, 12 Nov 2022 15:41

Ada Gim Lokal Dalam Turnamen Piala Presiden Esports 2022

Ada Gim Lokal Dalam Turnamen Piala Presiden Esports 2022

Tiga gim lokal yang masuk dalam Grand final Piala Presiden Esports 2022 adalah Battle of Guardians, Battle of Satria Dewa, dan Lokapala. (Unsplash/Florian Olivo)

Ada tiga gim lokal yaitu Battle of Guardians, Battle of Satria Dewa, dan Lokapala pada turnamen Piala Presiden Esports 2022. Hadirnya gim lokal ini diharapkan bisa membuka peluang lahirnya talenta-talenta baru dalam dunia esports.

Inibaru.id - Grand final Piala Presiden Esports 2022 yang digelar 11-13 November 2022 di Istora Senayan, Jakarta dimeriahkan dengan partisipasi tiga gim lokal.

Ketiga gim yang mencuri perhatian itu adalah Battle of Guardians, Battle of Satria Dewa, dan Lokapala. Gim bikinan anak negeri itu bersanding dengan gim-gim ternama seperti PUBG Mobile, Mobile Legend, dan Free Fire.

Battle of Guardians menjadi cabang gim pertama yang memiliki pemenang pada rangkaian turnamen Piala Presiden Esports 2022, Jumat (11/11). Pertandingan final Battle of Guardians ini menggunakan format best of five. Noizze berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Pduks dengan skor 3-1, dan berhak membawa pulang trofi Piala Presiden Esports 2022.

Hasil tersebut membuat Noizze menjadi pemain perdana yang berhasil keluar sebagai juara Battle of Guardians dalam turnamen Piala Presiden Esports 2022.

“Perjalanan saya sepanjang turnamen Piala Presiden Esports 2022 terbilang cukup panjang. Awalnya saya harus bersaing dengan banyak peserta, hingga akhirnya masuk ke 16 besar. Setelah itu saya berhasil menang, dan bisa masuk ke babak main event. Alhamdulillah ternyata saya bisa menang di Main Event Piala Presiden Esports 2022 dan jadi juara,” ujarnya.

Membuka Pintu Talenta Baru

Adanya gim lokal dalam turnamen bisa membuka pintu bagi talenta baru. (Gadgetdiva)
Adanya gim lokal dalam turnamen bisa membuka pintu bagi talenta baru. (Gadgetdiva)

Wakil Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports 2022 Matthew Airlangga mengatakan kehadiran Battle of Guardians menambah jumlah gim lokal dalam turnamen Piala Presiden Esports. Matthew mengatakan gim genre baru ini berbeda dari yang sudah ada sebelumnya.

Dia berharap hal ini bisa membuka pintu bagi talenta-talenta esports baru, dan bisa semakin menambah talenta-talenta esports yang belum terekspos sebelumnya.

“Dengan adanya turnamen ini kami berharap ke depannya turnamennya gim Battle of Guardians bisa lebih kompetitif lagi, dengan talenta-talenta yang juga semakin banyak,” kata Matthew.

Pendapatan dari Gim Meningkat

Industri esports Indonesia memiliki potensi yang cukup besar untuk berkembang. (Kompas/Shutterstock/Sezer66)
Industri esports Indonesia memiliki potensi yang cukup besar untuk berkembang. (Kompas/Shutterstock/Sezer66)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan Indonesia memiliki potensi dalam industri gim. Pendapatan dari industri gim mencapai jumlah yang besar serta mengalami peningkatan pesat.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara Piala Presiden Esports 2022, yang telah menghadirkan tiga gim lokal yang dipertandingkan.

"Industri esports Indonesia memiliki potensi yang cukup besar. Ekonomi pada 2021, subsektor aplikasi dan gim naik sebesar 9,17% dengan proyeksi Rp31,25 triliun,” kata Sandiaga, Jumat (11/11).

Pada tahun yang sama, pendapatan dari industri gim di Indonesia mencapai USD 2,1 miliar atau setara dengan Rp30 triliun. Indonesia juga menempati urutan pertama, untuk pasar online mobile gamers di kawasan Asia Tenggara.

Menurutnya, kegiatan ini dapat meningkatkan dampak ekonomi digital secara nasional. Sandiaga melihat ini bisa membuat pertumbuhan ekonomi kreatif yang mengarah ke digitalisasi.

"Semoga turnamen ini dapat membantu gim buatan tanah air, menemukan pasar yang signifikan,” ujar Sandiaga.

Wah, dunia gim pun rupanya bisa mendongkrak sektor perekonomian negara, ya? Sekarang memang kita berada pada masa gim nggak lagi jadi kegiatan yang buang-buang waktu, tapi justru menghasilkan. (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Media Indonesia dengan judul Tiga Gim Lokal Curi Perhatian di Piala Presiden Esport.

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved