BerandaTradisinesia
Sabtu, 29 Okt 2022 12:24

Kala Gambar Ganesha di Mata Uang Rupiah Bikin Heboh India

Kala Gambar Ganesha di Mata Uang Rupiah Bikin Heboh India

Gambar Ganesha di mata uang Rp20 ribu yang bikin heboh India. (Detik)

Gambar Ganesha yang bersanding dengan Ki Hajar Dewantara di selembar uang Rp20 ribu membuat politikus dan warga India heboh. Apa alasannya?

Inibaru.id - Berdasarkan letak geografis, Indonesia dan India memang sangat jauh. Tapi, kenapa nama mata uang kedua negara itu hampir mirip, yaitu Rupiah dan Rupee?

Rupee, mata uang yang juga dipakai di negera-negara Asia Selatan itu awal dikenal pada 1860. Menurut Suara, (16/7/2022), saat India masih dikuasai Inggris di bawah pemerintahan Ratu Victoria, pecahan One Rupee sudah cukup populer di India. Uang tersebut berbahan dasar perak 90 persen.

Sementara itu, masyarakat Nusantara pada zaman kerajaan juga sudah lama mengenal perak sebagai alat tukar. Oleh karena itu, sampai sekarang masyarakat kita sering menyebut uang dengan embel-embel "perak" di belakangnya, kan?

Pemerintah akhirnya memilih nama Rupiah karena masyarakat Indonesia sudah akrab dengan istilah "perak" sebagai penyebutan alat tukar. Dalam Bahasa Sansekerta, perak disebut dengan "rupyakam".

Itulah alasan yang membuat mata uang kita dengan mata uang negaranya Sarukh Khan terdengar sama. Keduanya mendapatkan pengaruh kebudayaan dari agama Hindu dan Budha.

Ganesha pada Uang Rp20 Ribu

Rupee, mata uang yang juga dipakai di negera-negara Asia Selatan itu awal dikenal pada 1860. (Pexels)
Rupee, mata uang yang juga dipakai di negera-negara Asia Selatan itu awal dikenal pada 1860. (Pexels)

Eratnya Rupiah dan Rupee nggak berhenti di situ. Akhir-akhir ini politikus India menyorot selembar Rp20.000 milik negara kita. Hal itu dilaporkan oleh BBC, Kamis (27/10/2022) lalu. Uang yang dimaksud oleh mereka adalah pecahan Rp 20 ribu yang diedarkan pada 1998. Pada uang berwarna hijau muda itu ada gambar patung Ganesha yang bersanding dengan Ki Hajar Dewantara.

Menteri Besar Delhi Arvind Kejriwal memakai uang tersebut sebagai contoh untuk mendesak Pemerintah Pusat India. Dia mengharapkan pemerintah pusat menempatkan gambar Dewa Ganesha dan Dewi Lakshmi di mata uang Rupee sebagaimana yang dilakukan Pemerintah Indonesia di pecahan uang Rp20 ribu tersebut.

Arvind Kejriwal takjub karena meski mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim dan pemeluk agama Hindu hanya 2 persen , tapi pemerintahnya tetap menghargai budaya Hindu yang dulu pernah berjaya di Nusantara.

Gara-gara ucapan dari politisi Partai Aam Aadmi tersebut, warganet India langsung penasaran dengan pecahan Rp20 ribu yang sudah lama ditarik dari peredaran tersebut. Nggak hanya menemukan gambar uang Rp20 ribu, banyak dari mereka menemukan fakta lain, yaitu pecahan uang Rp50 ribu yang masih beredar sampai sekarang terpampang gambar pura Hindu khas Bali.

Ganesha Simbol Pendidikan

Ada gambar pura, tempat ibadah umat beragama Hindu pada uang kertas Rp50 ribu. (Hai/Alvin Bahar)
Ada gambar pura, tempat ibadah umat beragama Hindu pada uang kertas Rp50 ribu. (Hai/Alvin Bahar)

Menurut salah seorang jurnalis BBC Astudestra Ajengrastri, ada alasan gambar Ganesha disandingkan dengan gambar Ki Hadjar Dewantara di salah satu desain alat tukar di Indonesia. Keduanya dianggap sebagai simbol dunia pendidikan.

“Ganesha dianggap sebagai dewa seni, kebijaksanaan, dan pendidikan di Indonesia. Gambar ganesha juga sering dipakai di lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia,” ucap Astudestra.

Kamu tahu lembaga pendidikan yang menggunakan Ganesha sebagai simbolnya kan, Millens? Yap, ada Institut Teknologi Bandung, salah satu perguruan tinggi terbaik dan populer di Indonesia.

Dari kejadian ini kita jadi tahu bahwa Indonesia masih menjaga rasa toleransi sekaligus melestarikan akar budaya bangsa sendiri ya? Semoga hal ini nggak bakal hilang sampai kapan pun. (Arie Widodo/E10)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved