inibaru indonesia logo
Beranda
Tradisinesia
Apakah Nama Pringsurat Terkait dengan Prinsengracht di Amsterdam?
Rabu, 31 Jan 2024 09:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Prinsengracht di Belanda, apakah jadi inspirasi nama Pringsurat di Temanggung? (IG/Flowery_berry).

Prinsengracht di Belanda, apakah jadi inspirasi nama Pringsurat di Temanggung? (IG/Flowery_berry).

Ada Prinsengracht di Amsterdam. Apakah nama ini jadi inspirasi nama Pringsurat di Temanggung, Jawa Tengah?

Inibaru.id – Selain dijadikan nama desa di Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah, Pringsurat juga dikenal sebagai salah satu kecamatan di Temanggung yang ada di jalur utama Semarang-Yogyakarta dan Semarang-Purwokerto. Omong-omong, pernah terpikir nggak mengapa nama daerahnya cukup menarik?

Kalau diartikan, Pringsurat dalam Bahasa Jawa bermakna surat dari bambu. Tapi, baru-baru ini ada seorang warganet asli Indonesia yang menemukan nama yang mirip di Amsterdam, Belanda, yaitu Prinsengracht.

Tahu Pringsurat di Temanggung ga? Kayaknya nih itu nama tinggalan Belanda karena di sini ada Jalan Prinsengracht. Coba dibaca cepat? How it sounds like? Pringsurat kan ya…” tulis akun Instagram @flowery_berry pada unggahannya Minggu (29/1/2024).

Dugaan warganet tersebut sebenarnya bisa dimengerti soalnya terkadang ada kata-kata Bahasa Belanda yang kemudian dilafalkan dengan logat orang Jawa dan bahkan diserap sebagai kata dalam Bahasa Jawa. Sebagai contoh, orang Jawa mengenal "sepur", serapan dari kata Bahasa Belanda "spoor" yang artinya kereta api.

Lantas, apakah hal yang sama berlaku pada Pringsurat? Kalau soal itu, kita kenalan dulu dengan Prinsengracht yang ada di Amsterdam.

Kanal Prinsengracht di Amsterdam yang membeku saat musim dingin. (Wikipedia/Kaz Alting)
Kanal Prinsengracht di Amsterdam yang membeku saat musim dingin. (Wikipedia/Kaz Alting)

Jadi, Prinsengracht sebenarnya adalah nama dari sebuah kanal dengan panjang 3,2 kilometer. Kanal ini sudah eksis sejak 1612 dan dibangun pada masa pemerintahan Wali Kota Franz Hendricksz. Dalam Bahasa Belanda, "gracht" bermakna kanal atau parit. Nah, "prinsen" diambil dari Prince of Orange dari Belanda. Bisa dikatakan kanal ini bermakna Kanal Pangeran gitu, Millens.

Kanal dengan nama serupa juga bisa kamu temui selain di Ibu Kota Belanda, yaitu di Meppel, kota di bagian utara Belanda, serta Hasselt, sebuah kota di Belgia. Di Den Haag, ada juga "Prinsegracht" yang memiliki fungsi dan makna nama serupa meski nggak memiliki huruf ‘n’ pada bagian tengahnya.

Lantas, apakah benar dugaan warganet tersebut bahwa Pringsurat terkait dengan Prinsengracht? Sayangnya hingga sekarang nggak ada sejarah pasti yang menjelaskan tentang asal mula penamaan Kecamatan Pringsurat di Temanggung. Yang pasti, di Pringsurat juga nggak ada kanal buatan Belanda. Jadi, ada kemungkinan namanya nggak terkait dengan kanal yang ada di Negeri Kincir Angin, deh.

Semoga saja bakal ada kajian yang bisa menjelaskan tentang sejarah penamaan Pringsurat di Temanggung dalam waktu dekat, ya, Millens? Jadi, kita nggak penasaran lagi deh dengan makna nama kecamatan tersebut. (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved