inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Trekking Seru di Curug Surodipo Temanggung
Minggu, 28 Jan 2024 11:15
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Curug Surodipo Temanggung. (Ardiankusuma.com)

Curug Surodipo Temanggung. (Ardiankusuma.com)

Terdapat lima air terjun yang bisa kamu temui di Curug Surodipo. Untuk mencapai curug tersebut, kamu perlu trekking sembari menikmati pemandangan indah dari tempat parkir, lo.

Inibaru.id – Sedang berada di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah dan pengin melakukan aktivitas seru di sana? Nggak perlu bingung, kamu bisa lo trekking di tempat wisata Curug Surodipo. Di sana, selain bisa melihat air terjun yang cantik, kamu juga bisa melihat pemandangan perbukitan yang masih hijau.

Kamu bisa menemui Curug Surodipo di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo. Jaraknya kurang lebih 28 kilometer ke arah barat laut dari Alun-Alun Temanggung. Kalau kamu sampai di lokasi wisata ini, bakal disuguhi pemandangan lima air terjun di satu kawasan. Salah satu air terjun memiliki ketinggian 120 meter, lo.

Untuk memasuki kawasan wisata tersebut, kamu tinggal membayar tiket masuk sebesar Rp10 ribu per orang. Uang tersebut sudah termasuk parkir kendaraan, Millens. O ya, kalau kamu memakai mobil, mau nggak mau harus melakukan trekking alias berjalan kaki sampai ke curug yang berjarak kurang lebih 40 menit.

Kalau membawa sepeda motor, masih ada jalur yang cukup dilalui kendaraan roda dua tersebut sampai ke parkiran khusus sepeda motor. Dari tempat parkir tersebut, kamu hanya perlu berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit.

Kalau pengin berlama-lama menikmati pemandangan di sana, juga bisa kemping atau tinggal di homestay yang berlokasi dekat dengan air terjun pertama. Khusus untuk homestay, kapasitasnya hanya tiga orang dengan tarif mulai Rp200 ribu per malam.

Curug Surodipo dari ketinggian. (Kompas/Anggara Wikan Prasetya)
Curug Surodipo dari ketinggian. (Kompas/Anggara Wikan Prasetya)

“Kami sering kedatangan wisatawan-wisatawan asing dari Belanda yang pengin kemping. Biasanya sih mereka didatangkan oleh tour-tour guide dari Yogyakarta. Ada juga wisatawan lokal tapi dari luar daerah dan luar pulau,” ujar salah seorang pengelola tempat wisata tersebut Budi Supriyono sebagaimana dilansir dari Radarsemarang, Minggu (21/4/2024).

FYI aja nih, sebelum diberi nama Curug Surodipo, nama lokasi wisata ini adalah Curug Trocoh. Alasannya, aliran airnya berasal dari Sungai Trocoh. Kok kemudian berubah? Hal ini didasari oleh ide dari salah seorang pejabat sekretaris desa dari Desa Rejosari, nggak jauh dari lokasi wisata tersebut yang menyarankan nama curug tersebut diganti dengan yang lebih baik.

Nama Surodipo kemudian dipilih karena dikenal sebagai salah seorang panglima perang yang setia dengan Pangeran Diponegoro baik itu saat Perang Jawa (1825—1830) berkobar maupun saat Pangeran Diponegoro ditangkap dan diasingkan Belanda. Sempat berkali-kali berpindah tempat tinggal demi menghindari para penjajah, Surodipo kemudian menemukan ketenangan di Desa Batur yang nggak jauh dari Sungai Trocoh.

Hm, menarik juga ya ide untuk trekking sembari menikmati pemandangan indah di Curug Surodipo Temanggung ini, Millens? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved