inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Uniknya Bakso Lombok Uleg Pak Di Temanggung
Minggu, 12 Nov 2023 11:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Bakso Lombok Uleg Pak Di Temanggung. (Garnesia)

Bakso Lombok Uleg Pak Di Temanggung. (Garnesia)

Di sini, baksonya nggak diberi tambahan mi, melainkan ketupat. Sambalnya juga diuleg di mangkuk yang kemudian disiram dengan bakso. Unik banget, ya?

Inibaru.id – Bosan dengan bakso-bakso pada umumnya? Kalau kamu kebetulan sedang ada Temanggung, Jawa Tengah, bisa lo mencicipi bakso yang lain beda dari bakso pada umumnya. Bakso tersebut adalah Bakso Lombok Uleg Pak Di.

Warung ini bisa kamu temui di Jalan Jampirejo Tengah, Jampirejo, Kecamatan Temanggung. Dari namanya saja, pasti kamu bakal menerka-nerka seperti apa bakso yang akan disajikan di sana. Nah, usut punya usut, jika pada warung bakso lain kamu bisa makan bola-bola daging dengan mi, di sini mi tersebut diganti dengan ketupat.

Keunikan lain dari bakso yang disajikan di sini adalah sambalnya. Soalnya, cabai rawitnya diuleg di mangkuk yang nantinya disiram bakso, kuah, tahu goreng, daun seledri, dan bawang goreng. Hm, benar-benar beda, ya?

Kalau menurut keterangan salah seorang karyawan dari warung tersebut, Bakso Uleg Pak Di sudah eksis sejak 1970-an. Yang membukanya adalah Pak Sumadi yang aslinya berasal dari Magelang.

Dulu, warung bakso ini cepat populer di Temanggung karena Pak Sumadi bisa menyajikan bakso dengan tingkat kepedasan sesuai request pembelinya. Caranya tentu saja dengan menguleg sambalnya langsung pada mangkok bakso yang akan disajikan.

“Di sini nggak ada mangkuk kecil berisi sambal yang biasanya disajikan di meja-meja warung bakso lain. Pembeli bisa meminta jumlah cabai yang diinginkan di dapur sebelum diuleg,” ucap Has sebagaimana dilansir dari Radarsemarang, Minggu (15/10/2023).

Warung Lombok Uleg Pak Di selalu dijejali pembeli. (Arifsetiawan)
Warung Lombok Uleg Pak Di selalu dijejali pembeli. (Arifsetiawan)

Salah seorang pelanggan Warung Bakso Lombok Uleg Pak Di Budi mengaku hal inilah yang membuatnya selalu mampir ke warung tersebut tatkala sedang berada di Temanggung.

“Belum ada tempat lain yang menyajikan bakso dengan cara seperti ini. Pokoknya kalau saya sedang kangen Temanggung, pasti akan menyempatkan diri mampir ke sini,” terang Budi.

Alasan lain mengapa pelanggan tetap berdatangan adalah rasa bakso yang disajikan memang benar-benar enak. Apalagi, harga yang disajikan juga tetap sama meski level kepedasan yang diminta beda. Yap, per porsi bakso yang dijual di sini tetap Rp15 ribu.

Oleh karena itulah, jangan heran jika setiap harinya warung yang buka dari pukul 11.00 WIB sampai 21.00 WIB mampu menjual kurang lebih 200 mangkuk per hari. Benar-benar sesuai ya dengan statusnya sebagai salah satu kuliner legendaris di Temanggung?

Jadi kamu tahu kan harus ke mana jika pengin mencicipi bakso yang lain dari yang lain? Ya di Warung Bakso Lombok Uleg Pakdi di Temanggung! (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved