8 Tips Bisnis Sukses dari Nol yang Bisa Kamu Coba

8 Tips Bisnis Sukses dari Nol yang Bisa Kamu Coba
Agar bisa sukses membangun bisnis, kamu perlu membuat business plan. (Pixabay/StartupStockPhoto)

Untuk pemula, berikut tips bisnis sukses mulai dari nol hingga sukses yang bisa kamu coba; mulai dari berpikir kreatif hingga membuat business plan.

Inibaru.id - Setiap orang pasti selalu mendambakan kesuksesan dalam hidupnya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi sukses, salah satunya dengan berbisnis. Salah satu tips bisnis sukses adalah mengelola keuangan bisnis dengan software akutansi untuk memudahkan pengelolaan keuangan kamu.

Membangun bisnis tidaklah selalu mudah. Terdapat banyak hal yang harus diperhatikan. Banyak juga pakar bisnis yang melakukan penelitian dan menemukan beberapa tips jitu untuk membuat bisnis menjadi sukses. 

Berikut beberapa tips jitu bisnis sukses yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Tips Jitu Membangun Bisnis Sukses

Sebelum menjalankan bisnis, kamu perlu tahu dulu beberapa tips bisnis sukses yang harus diikuti berikut ini.

1. Mencari tahu usaha apa yang cocok buat kamu

Memilih bisnis yang cocok buat kamu jalankan merupakan tips pertama yang harus dilakukan. 

Banyak orang memiliki bisnis yang bahkan mereka sendiri nggak paham dengan bisnis tersebut. Alhasil, banyak dari bisnis yang dijalankan tersebut gagal di tengah jalan.

Ketika kamu menjalankan bisnis yang sesuai dengan hobi dan kemampuan kamu, semua akan terasa lebih mudah. 

Misalnya, kamu adalah seorang penggemar kopi; ide bisnis yang sangat cocok untuk kamu adalah menjalankan bisnis coffee shop. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan hobimu untuk mengembangkan bisnis.

2. Berpikir kreatif

Tips jitu lainnya yang bisa membuat bisnis menjadi sukses adalah kamu harus berpikir secara kreatif. Gunakan kreativitasmu untuk membangun ide bisnis yang unik agar mudah dikenal orang.

Kamu bisa melakukan tips ini dengan mencari ide dari banyak sumber seperti membaca buku bisnis, menonton hal-hal yang berhubungan dengan bisnismu, hingga melakukan diskusi dengan teman, saudara, maupun rekan bisnis.

Ide yang kreatif yang ditampilkan pada bisnis kamu akan menjadi brand tersendiri bagi produk bisnis kamu. Kita bisa lihat beberapa ide kreatif yang sukses diterapkan pebisnis pada produknya seperti “Mie Kekinian†yang menuangkan kreativitas dengan memberikan level pedas kepada produk mi-nya.

3. Membuat business plan

Tujuan dari membuat business plan ini adalah supaya kamu tahu gimana langkah demi langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan pada bisnis kamu.  

Yang harus dilakukan ketika menjalankan tips ini adalah kamu harus mengenali terlebih dahulu bisnismu, apa saja tantangan yang akan dihadapi, dan gimana potensi bisnis tersebut ke depannya.

Setelah memahami beberapa hal dasar itu, kamu bisa membuat business plan yang efektif dengan cara menuliskan rencana bisnis kamu langkah per langkah, dimulai dari branding hingga target pemasaran.

4. Tentukan visi dan misi bisnis yang kamu jalankan

Tips bisnis sukses berikutnya adalah kamu harus menentukan visi dan misi untuk bisnis yang kamu jalankan. Hal ini bertujuan agar kamu dan karyawan bisa lebih mudah dalam menentukan rencana kerja ke depannya.

Menentukan visi dan misi bisnis sangat penting supaya kamu nggak keluar dari jalur bisnis yang dijalankan. 

Tips untukmu agar bisa menentukan visi dan misi bisnis adalah dengan mengetahui bisnismu secara jelas dan berpikir ke depan terkait gimana bisnis tersebut nantinya.

5. Selalu mengevaluasi bisnis secara berkala

Melakukan evaluasi berarti kamu mencari tahu apa saja yang kurang dan sudah dilakukan dengan benar pada bisnismu. 

Tips bisnis sukses ini bisa kamu lakukan secara berkala, misalnya satu, tiga, atau enam bulan sekali, tergantung bisnis yang kamu jalankan.

Tujuan dari melakukan evaluasi bisnis adalah untuk sebagai parameter tingkat keberhasilan bisnis. 

Jika dirasa masih banyak yang harus diperbaiki, evaluasi dibutuhkan untuk mencari solusi atas masalah apa yang bisnismu hadapi.

Evaluasi pada bisnis bisa dilakukan dengan cara membandingkan rencana awal dengan kondisi bisnis kamu secara berkala dalam waktu yang ditentukan. 

Bisnismu bisa dianggap sukses jika sudah ada kelebihan dari hasil bisnis yang merupakan selisih dari omzet dengan utang, modal, dan pengeluaran lainnya.

6. Rajin mencari berbagai peluang bisnis

Mencari berbagai peluang bisnis merupakan salah satu tips bisnis sukses yang juga bisa kamu terapkan. 

Peluang bisnis ini mungkin bisa kamu lakukan dengan mencari mitra guna mendongkrak penjualan produk atau investor untuk membantu mengembangkan bisnismu.

Cara agar bisa efektif melakukan tips sukses bisnis yang satu ini, kamu harus membangun koneksi dengan banyak orang dari berbagai kalangan. Ini dimaksudkan supaya kamu mendapatkan banyak insight tentang bisnis dan cara mengembangkannya.

7. Cari tahu mengenai kompetitor

Tips yang satu ini membutuhkan skill rasa ingin tahumu. Jangan malas untuk mencari tahu tentang kompetitor yang ada di bidang bisnis yang sama dengan kamu. Mengenal kompetitor akan mendorong kamu untuk menjadi lebih baik dalam mengelola bisnis.

Kamu tentu nggak mau ketinggalan dari kompetitor dalam hal pengembangan dan inovasi produk agar bisa bersaing di pasaran, bukan? Kompetitor juga memberikan peluang bagi kamu untuk bisa bermitra suatu saat nanti dengan tujuan kesuksesan bisnis bersama.

Keuntungan lain dari mengidentifikasi kompetitor adalah kamu akan menambah koneksi bisnis yang bisa membawa manfaat ke depannya.

8. Gunakan Corporate Card untuk kebutuhan bisnis kamu

Tips bisnis sukses selanjutnya berhubungan dengan pengelolaan keuangan bisnis kamu. Agar memiliki bisnis yang sukses, komponen yang satu ini nggak boleh diabaikan.

Pengelolaan keuangan bukan hanya tentang mencatat apa saja pengeluaran dan pemasukan. Menghitung total omzet bisa dilakukan dengan cepat dan sederhana, yaitu dengan menghitung omzet harian dan mengakumulasikannya menjadi bulanan maupun tahunan.

Komponen yang penting dalam pengelolaan keuangan agar bisnis kamu sukses adalah gimana kamu mengatur pengeluaran untuk kebutuhan bisnis dengan cara yang efektif. 

Tips yang paling cocok untuk kamu yang ingin mengatur pengeluaran dengan rapi adalah menggunakan kartu kartu pengeluaran.

Dengan menggunakan kartu fisik dan virtual oleh kamu maupun karyawanmu, kamu bisa menyetujui nominal dana yang akan digunakan sekaligus melacak pengeluaran secara real-time. Pengeluaran bisnismu bisa terkelola dengan efektif dan efisien.

Itulah beberapa tips yang bisa dijalankan agar bisnismu sukses. Lakukanlah tips tersebut secara bertahap tapi penuh totalitas agar kamu bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari tips tersebut. (Adv/E03)