inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Uniknya Rasa Gudeg Bu Dewi yang Disiram Bumbu Kacang
Sabtu, 8 Jun 2024 09:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Gudeg Bu Dewi, andalan mahasiswa UGM dan UNY. (X/javafoodie_)

Gudeg Bu Dewi, andalan mahasiswa UGM dan UNY. (X/javafoodie_)

Masih ada gudeg di Yogyakarta yang dijual dengan harga Rp10 ribu per porsi. Kamu bisa menemukannya di Gudeg Bu Dewi yang berlokasi nggak jauh dari UGM dan UNY.

Inibaru.id – Bagi mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) atau Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), warung Gudeg Bu Dewi pasti nggak asing. Maklum, di warung yang ada di dalam gang kecil ini, tersedia penganan mengenyangkan yang bisa jadi solusi sarapan murah.

Berdiri sejak dekade 1970-an, lokasi Warung Gudeg Pagi Bu Dewi ada di Karang Wuni, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Sleman. Dari Jalan Kaliurang, kamu bisa masuk ke Gang Wuni dan masuk kurang lebih 200 meter. Setelah itu, kamu tinggal mencari Gang Kweni dan bisa bertanya ke warga setempat lokasi warung yang nyempil di tengah permukiman warga dan kawasan kos-kosan mahasiswa tersebut.

Generasi kedua yang mengurus warung gudeg ini sejak 2010 ini adalah Ibu Dewi. Kalau menurut ceritanya, warung ini memang cukup sering didatangi mahasiswa sejak kali pertama berdiri karena sang ibu pendiri warung membolehkan mereka untuk kasbon alias ngutang jika sedang tanggal tua. Dulu, sang ibu pendiri sering merasa iba dengan kondisi mereka yang merantau jauh dari keluarga dan nggak selalu memiliki uang banyak.

Nah, prinsip ini ternyata juga diturunkan ke Bu Dewi. Meski di dalam seporsi gudegnya cukup kaya karena terdiri atas nasi, suwiran daging ayam, potongan telur, sayur krecek, daun singkong, dan nangka gudeg, harga yang dibanderol hanya Rp10 ribu, jauh lebih murah dari harga warung gudeg legendaris di Yogyakarta.

Gara-gara hal inilah, warung ini selalu dijejali pembeli yang kebanyakan adalah dari kalangan mahasiswa. Bahkan, jika sedang sangat ramai, bisa saja dalam sehari warung ini menyajikan seribu porsi nasi gudeg, lo.

Warung Gudeg Pagi Bu Dewi yang ada di tengah gang kecil. (Google Street View)
Warung Gudeg Pagi Bu Dewi yang ada di tengah gang kecil. (Google Street View)

Selain harga murah dan mengenyangkan, ada hal lain yang bikin banyak orang tertarik membeli Gudeg Bu Dewi, yaitu siraman bumbu kacang. Hal ini membuat rasa gudeg yang manis semakin kaya dengan sentuhan rasa gurih.

“Yang membedakan Gudeg Bu Dewi dari gudeg lainnya adalah siraman kuah kacangnya yang lembut dan kental. Daun singkongnya juga lebih banyak dari gudeg-gudeg yang ada di tempat lain,” ungkap pemilik akun YouTube Dyodoran yang diunggah Selasa (25/10/2022).

Lebih dari itu, minuman teh manis di sana juga disediakan gratis. Pantes banget jadi buruan mahasiswa ya, Millens!

“Gudegnya enak, rasanya seimbang, gurih, manis, dan pedas. Harganya sangat murah. Seporsi hanya Rp10 ribu sudah sama telur. Itu pun porsinya sangat banyak!” ungkap salah seorang reviewer di Google bernama Alif Putra Utama yang mendatangi warung tersebut pada Maret 2024.

Tertarik untuk sarapan di Gudeg Bu Dewi, Millens? Pastikan untuk datang di jam bukanya pada pukul 06.00 WIB-10.00 WIB. Ingat ya, warung ini nggak pernah sepi dari mahasiswa jadi kamu harus sigap dalam memesan dan mencari tempat untuk makan! (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved