Nikmatnya Nasi Pecel Pincuk Godong Jati Mbah Jito Blora

Nikmatnya Nasi Pecel Pincuk Godong Jati Mbah Jito Blora
Nasi pecel pincuk godong jati Mbah Jito Blora. (Orami)

Kalau ke Blora, Jawa Tengah, coba deh mampir ke warung Nasi Pecel Pincuk Godong Jati Mbah Jito. Seperti apa sih keistimewaannya?

Inibaru.id – Di Indonesia, ada banyak sekali varian pecel yang bisa kamu nikmati. Padahal, bahan dasarnya sama saja, yaitu sejumlah sayuran yang kemudian disiram dengan bumbu kacang dengan rasa yang berbeda-beda di setiap daerah. Nah, khusus untuk pecel khas Blora, kamu bisa menikmatinya di Nasi Pecel Pincuk Godong Jati Mbah Jito.

Di Blora, nasi pecel sering dijadikan sarapan bagi warganya. Oleh karena itu, kamu bakal mudah menemukan penjual makanan ini saat pagi hari di sana. Tapi, khusus untuk Nasi Pecel Godong Jati Mbah Jito, dianggap istimewa. Sejak buka pukul 06.00 WIB, dijamin banyak pelanggan yang datang untuk menikmati lezatnya nasi pecel ini.

“Kalau hari libur dan Minggu malah ramai. Sampai pakai nomor antrean,” cerita Juminten, karyawan dari warung nasi pecel tersebut, Minggu (29/5/2022).

Warung pecel yang tutup sekitar pukul 12.00 WIB ini memang dikenal laris. Dalam sehari, bisa saja menghabiskan 15 kg beras, lo.

Juminten dan dua orang rekannya mengaku selalu sibuk setiap kali warung ini buka. Maklum, pelanggannya beragam. Nggak hanya dari kalangan ekonomi kelas bawah, warung ini juga dikunjungi pegawai negeri, karyawan swasta, atau bahkan pejabat tinggi daerah seperti Bupati dan Wakil Bupati Blora. Banyak juga wisatawan luar daerah yang sengaja datang ke sana hanya karena penasaran dengan nikmatnya nasi pecel ini.

Banyak pengunjung nasi pecel pincuk godong jati Mbah Jito dari luar kota. (Tribunmuria/Ahmad Mustakim)
Banyak pengunjung nasi pecel pincuk godong jati Mbah Jito dari luar kota. (Tribunmuria/Ahmad Mustakim)

Firman, warga Kecamatan Jepon ini misalnya. Dia rela datang jauh-jauh ke warung yang berlokasi di Jalan Rel Ban, Kelurahan Kedungjenar, Kecamatan Blora, ini.

“Nasi pecelnya enak dan terjangkau sih. Masih panas dan gorengannya baru,” ungkap Firman yang mengaku puas sudah menikmati nasi pecel tersebut.

O ya, Millens, keunikan nasi pecel pincuk godong jati Mbah Jito ada di jenis sayuran yang ditambahkan pada nasi putihnya, yaitu tauge, daun ketela, kacang panjang, kembang turi, dan petai cina. Jenis sayurannya bahkan bisa dipilih sesuai selera, lo. Nasi dan sayuran ini kemudian disiram dengan sambal kacang dengan kombinasi rasa gurih, pedas, dan manis sehingga terasa sangat mantap.

Selain itu, ada juga lauk tambahan seperti tempe goreng, rempeyek, telur ceplok atau telur dadar, hingga kerupuk yang bisa membuat sensasi makan nasi pecel ini bisa semakin maksimal.

Ada tiga jenis nasi pecel yang bisa dipesan di sini, yaitu nasi pecel dengan porsi kecil dengan harga Rp 6 ribu. Kalau yang porsi sedang harganya Rp 7 ribu. Nah, kalau kamu suka dengan porsi jumbo, harganya Rp 12 ribu, Millens. Mantap, ya?

Jadi, gimana nih, kapan kita main ke Blora dan menikmati nasi pecel pincuk godong jati Mbah Jito? (Tri/IB09/E05)