inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Menikmati Hangatnya Lumpia Basah Pak Elok Magelang
Senin, 18 Des 2023 09:05
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Lumpia Basah Pak Elok Magelang. (Magelangekspress)

Lumpia Basah Pak Elok Magelang. (Magelangekspress)

Lumpia basah Pak Elok Magelang selalu diburu pembeli karena harganya murah dan selalu disajikan dalam kondisi hangat. Seperti apa ya keistimewaannya?

Inibaru.id – Nggak hanya sop senerek kuliner khas Magelang yang bisa kamu cicipi. Di sana, kamu juga bisa mencicipi Lumpia Basah Pak Elok. Meski tempat jualannya sangat sederhana, jajanan yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat lokal maupun pelaku wisata kuliner, lo.

Bukan warung atau kios, Lumpia Basah Pak Elok dijual di sebuah gerobak kecil. Salah seorang pengelola tempat jualan tersebut, Ismail, mengaku sudah mangkal dengan gerobak tersebut di Jalan Daha, Kota Magelang sejak 2015 lalu. Sebelumnya, dia jualan keliling Kota Magelang. Tapi, kini dia memilih untuk berjualan di satu tempat yang sama sepanjang pukul 17.00 sampai 21.00 WIB.

Laki-laki berusia 21 tahun ini adalah cucu dari perintis usaha lumpia basah ini, yaitu Mbah Suyanto. Beda dengan Ismail yang kini tinggal di Kota Magelang, Mbah Suyanto dulu tinggal di Muntilan.

“Kalau mbah saya dulu jualannya keliling pada 1960-an. Usahanya lalu dilanjutkan anaknya, Pak Elok dan saya, cucunya,” ujar Ismail sebagaimana dilansir dari Radarmagelang, Senin (11/12/2023).

Dia pun menjelaskan alasan mengapa lumpia basah jualannya selalu diburu pembeli. Selain isiannya yang gurih karena terdiri atas rebung, tauge, sayur, hingga telur, kulit lumpianya yang lembut dan juga bumbu rempah yang sudah jadi resep keluarga turun-temurun juga terus digunakan sehingga membuat lumpia ini istimewa.

Lumpia basah Pak Elok Magelang disajikan dalam kondisi hangat. (Radarmagelang/Nofi Triyanti)
Lumpia basah Pak Elok Magelang disajikan dalam kondisi hangat. (Radarmagelang/Nofi Triyanti)

Apalagi, lumpia ini selalu disajikan hangat sesuai dengan pesanan pembeli. Setiap kali ada yang memesannya, Ismail akan segera memasaknya dengan anglo. Hal ini berbeda dengan sebagian penjual lumpia lain yang biasa menjajakan lumpia dingin, Millens.

“Lumpianya hangat dan sedikit lebih basah. Ada bedanya dengan lumpia khas Semarang,” jelas Ismail.

Hal terakhir yang bikin lumpia ini selalu laris adalah harganya yang terjangkau. Bagaimana nggak, per biji lumpia hanya dibanderol Rp6 ribu. Kalau kamu pengin lumpia dengan isian telur, harganya juga hanya Rp8 ribu. Gara-gara hal inilah, Ismail mampu menjual setidaknya 150 biji lumpia setiap kali jualan.

“Enak lumpianya. Dijualnya juga dalam kondisi hangat, jadi cocok dimakan pas malam atau pas musim hujan seperti sekarang ini,” ungkap salah seorang pelanggan, Eko.

Mungkin kamu sudah terbiasa makan lunpia khas Semarang yang kriuk dan renyah karena digoreng. Nah, sekali-sekali kamu juga wajib menjajal lumpia Pak Basah Pak Elok ini ya, Millens. (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved