inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Enak dan Murah, Kesegaran Soto Sawah Karangboyo Demak Bikin Nagih
Sabtu, 6 Jan 2024 20:01
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Soto Sawah Karangboyo Pak Pono, Demak. (Dinas Pariwisata Kab. Demak)

Soto Sawah Karangboyo Pak Pono, Demak. (Dinas Pariwisata Kab. Demak)

Pengin mencicipi kuliner menyegarkan di Demak? Datang saja yuk ke Soto Sawah Karangboyo Pak Pono. Seperti apa sih keistimewaan dari soto yang disajikan di sini?

Inibaru.id – Siapa bilang nggak mudah mencari tempat makan enak di Demak, Jawa Tengah? Di sana, ada cukup banyak tempat makan yang menyajikan penganan unik dengan harga terjangkau, lo. Salah satunya Soto Sawah Karangboyo Pak Pono.

Lokasi tempat makan ini ada di Dukuh Karangboyo, Desa Candisari, Kecamatan Mranggen, Demak. Tempatnya berjarak sekitar 16 kilometer dari Simpang Lima Kota Semarang. Kalau dari pusat Kota Demak, jaraknya sekitar 23 kilometer, Millens.

Menurut keterangan pemilik dari tempat makan ini, Pono, dia memutuskan untuk membuka sendiri bisnis warung soto setelah keluar dari tempat kerjanya sebelumnya, Soto Bangkong Semarang pada 2002. Karena sudah tahu bagaimana cara membuat soto yang enak, warung sotonya pun cepat menarik perhatian pelanggan.

“Awalya lebih dikenal sebagai Warung Soto Pak Pono. Tapi banyak pelanggan kini menyebutnya Soto Sawah,” ujar Pak Pono sebagaimana dilansir dari Joglojateng, (25/3/2022).

Karena pernah bekerja di Soto Bangkong Semarang, soto yang disajikan di Warung Soto Sawah Karangboyo juga soto semarangan yang dikenal memakai kuah bening. Rasa dari soto ini cukup kaya karena diberi tambahan kaldu khas, soun, tauge, serta isian soto lainnya. Jika dimakan dengan lauk seperti gorengan, kerupuk, satai telur puyuh, atau bahkan satai kerang, rasa dari soto ini terasa semakin mantap.

Soto yang disajikan di sini khas Semarangan dengan kuah bening. (Ayosemarang/Zaidi)
Soto yang disajikan di sini khas Semarangan dengan kuah bening. (Ayosemarang/Zaidi)

Buka setiap hari sejak pukul 07.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB, Soto Sawah Karangboyo Pak Pono penuh dijejali pembeli. Paling ramai pada jam sarapan dan makan siang. Maklum, soto memang terasa paling segar dimakan pada waktu-waktu tersebut.

“Minimal saya menghabiskan 10 ekor ayam dalam sehari. Pelanggannya dari mana-mana. Banyak yang datang dari luar kota. Terkadang saya melayani 500 sampai 600 orang dalam sehari,” ungkap Pak Pono sebagaimana menukil Detik, Kamis (15/7/2021).

Selain karena harga per porsinya yang sangat terjangkau, yaitu mulai Rp10 ribu per porsi, alasan lain yang membuat warung ini selalu dipenuhi pembeli adalah rasa soto yang segar dan mantap. Apalagi, lokasi warungnya yang ada di kawasan pedesaan yang asri dan cukup jauh dari permukiman juga jadi daya tarik tersendiri.

“Tempatnya memang dari duli dikenal asri. Ditambah dengan rasa soto yang lezat dan gurih serta pilihan lauknya lengkap. Saya jadi sering makan di sini,” terang salah seorang pelanggan, Dicky yang kerap bertandang pada jam makan siang.

Duh, jadi makin penasaran ya seperti apa sih kelezatan dari Soto Sawah Karangboyo Pak Pono, Demak. Kayaknya cocok untuk disantap pada akhir pekan, nih, Millens. Setuju? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved