BerandaKulinary
Rabu, 25 Jan 2023 13:20

Deretan Warung Es Legendaris di Kudus, Mana Favoritmu?

Deretan Warung Es Legendaris di Kudus, Mana Favoritmu?

Ilustrasi: Sekoteng adalah minuman khas Jawa Tengah yang terbuat dari air jahe dengan isian kacang hijau, pacar cina, potongan roti tawar, dan lainnya. (Tagar/Indoblog)

Di Kota Kudus, ada banyak tempat yang bisa kamu tuju untuk melepaskan dahaga. Di Kota Kretek itu berdiri banyak warung es legendaris yang rasanya nggak mengecewakan. Dimana saja itu?

Inibaru.id - Di setiap kota selalu ada kuliner legendaris yang menjadi magnet wisatawan karena cita rasa masakan yang nggak diragukan lagi. Eksistensi warung atau tempat makan dari tahun ke tahun menjadi bukti keberadaannya dicintai masyarakat sekitar.

Nggak cuma makanan, minuman pun banyak yang melegenda, lo. Di Kudus misalnya, ada sederet warung es yang senantiasa laris meski digempur minuman kekinian di sana sini. Kalau bertandang ke Kota Kretek, jangan lupa untuk singgah di salah satu warung es yang sudah tersohor ini ya, Millens!

Mau tahu apa saja es yang populer di kota dengan penduduk lebih dari 90 ribu jiwa ini? Yuk simak satu per satu!

1. Es Sekoteng Mak Moyong

Warung Mak Moyong. (Google Street View)
Warung Mak Moyong. (Google Street View)

Di Ruko Kyai H Agus Salim, Jalan Kyai Agus Salim, Kecamatan Jati, Kudus, ada warung yang menjual es sekoteng. Warung itu bernama Mak Moyong. Setiap malam hari, warung Mak Moyong selalu ramai pengunjung.

Sekoteng adalah minuman khas Jawa Tengah yang terbuat dari air jahe dengan isian kacang hijau, pacar cina, potongan roti tawar, dan lainnya. Minuman ini biasanya disajikan hangat, tapi nggak sedikit yang menikmatinya dalam keadaan dingin.

Selain es sekoteng, di warung yang buka mulai pukul 17.00 WIB sampai 22.00 WIB itu ada minuman lain yang nggak kalah enak, yaitu wedang atau es ronde, wedang atau es roti. Makanan pendamping es pun beragam, misalnya nasi kering tempe, tahu bakso, aneka gorengan, dan bermacam sate.

2. Es Buah Nusantara

Es Buah Nusantara adalah jenis es buah yang bening tanpa susu atau santan. (Facebook/Warungesnusantara)
Es Buah Nusantara adalah jenis es buah yang bening tanpa susu atau santan. (Facebook/Warungesnusantara)

Kamu yang mendambakan kesegaran es buah tanpa susu yang sering jadi salah satu menu di resepsi pernikahan, datanglah ke Warung Es Nusantara. Konten dari es yang disajikan di piring ini adalah manisan pepaya, kolang kaling, nanas, agar, dan es serut.

Selain menjual es buah, warung es ini juga menawarkan menu es lainnya seperti es kolak dan es kacang hijau. Jika lapar saat berkunjung ke sini, kamu nggak perlu khawatir karena ada menu gado-gado yang juga lezat.

Catat dulu alamat Warung Es Nusantara ini ada di Jalan Kyai H. Wahid Hasim Nomor 50A, Magersari, Panjunan, Kota Kudus, ya.

3. Es Gempol Mekar Sari Pak Yanto

Es Gempol Mekarsari Pak Yanto semakin mantap karena ada tambahan putu mayang dan tape ketan. (Restaurantguru)
Es Gempol Mekarsari Pak Yanto semakin mantap karena ada tambahan putu mayang dan tape ketan. (Restaurantguru)

Di Jalan Kyai H. Wahid Hasim, Magersari, Panjunan, Kota Kudus, nggak cuma ada Warung Es Nusantara, lo. Di sana juga ada Warung Es Gempol Mekarsari Pak Yanto.

Es Gempol Mekarsari punya cita rasa manis gurih yang berasal dari sirup merah khas Kudus serta santan asli. Keunikan dari gempol Mekarsari ini yaitu tambahan komponen putu mayang sebagai isian es selain gempol dan pleret. Jika mau, kamu bisa menambahkan tape ketan yang sudah terhidang di meja.

4. Es Dawet Moro Seneng Kliwon

Es Dawet Moro Seneng Kliwon terkenal nikmat karena dawetnya kental dan lembut. (Mojok/Abdul Karim)
Es Dawet Moro Seneng Kliwon terkenal nikmat karena dawetnya kental dan lembut. (Mojok/Abdul Karim)

Sebenarnya, di Pasar Kliwon Kudus ada banyak penjual es dawet yang masing-masing mempunyai pelanggan setia. Nah, satu diantaranya adalah Warung Es Dawet Moro Seneng. Selain ada di dalam Pasar Kliwon, tepatnya di lantai 2, warung ini juga bisa kamu jumpai di luar Pasar Kliwon.

Jadi, jika kamu nggak ada keperluan di Pasar Kliwon tapi pengin menikmati es dawet, maka datanglah ke sebelah timur pasar, tepatnya di Gang Jayan, Mlati Lor ya.

Es dawetnya yang kental dan tekstur dawetnya yang lembut ditambah gula merah yang manisnya pas bikin es dawet satu ini disukai antargenerasi. Ada dua varian es dawet yang bisa kamu coba di sini, yaitu es dawet dengan sirup merah dan es dawet dengan gula aren.

5. Rujak Es Krim Pak Yitno

Selain mengobati dahaga, semangkuk rujak es krim juga bisa banget membuatmu kenyang. (Beta/Rabu Sipan)
Selain mengobati dahaga, semangkuk rujak es krim juga bisa banget membuatmu kenyang. (Beta/Rabu Sipan)

Rujak serut yang pedas dan manis di tumpangi es krim rasa kelapa yang creamy apa jadinya? Rasanya sulit digambarkan deh, Millens. Kamu bisa datang langsung ke Jalan KH. Turaichan Adjhuri Nomor 87, Kabupaten Kudus jika penasaran.

Rujak Es Krim Pak Yitno ini sudah buka sejak lama dengan rasa yang nggak berubah. Nggak heran jika warungnya yang relatif kecil selalu penuh sesak oleh pembeli yang makan di tempat ataupun dibawa pulang.

Itulah beberapa pilihan es menyegarkan yang bisa kamu nikmati saat datang ke Kudus. Jangan sampai melewatkannya, ya! (Siti Khatijah/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved