inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Demi Kesehatan, Jangan Padukan Makanan Ini dengan Telur!
Selasa, 13 Jun 2023 09:25
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Telur merupakan sumber protein yang disukai banyak orang. (Grid)

Telur merupakan sumber protein yang disukai banyak orang. (Grid)

Telur adalah makanan yang mudah dikombinasikan dengan bahan makanan lain. Meski begitu, tetap ada jenis makanan yang sebaiknya nggak kamu konsumsi bareng telur. Apa saja itu?

Inibaru.id - Telur merupakan sumber protein yang digemari oleh banyak orang. Selain harganya terjangkau, manfaat telur sebelas dua belas dengan jenis sumber protein lain dan ia bisa dengan mudah diolah menjadi banyak masakan.

Telur juga praktis untuk diolah. Kamu cukup menyetok telur di kulkas dan bisa menggunakannya kapan saja saat butuh. Untuk menu sarapan, makan siang, bahkan ketika lapar di malam hari, telur bisa diandalkan.

Tapi, harus kamu tahu, ternyata ada beberapa bahan makanan yang sebaiknya nggak kamu santap bersamaan dengan telur, lo. Jika itu tetap kamu lakukan, bisa-bisa perut bisa sakit dan pencernaan bisa terganggu.

Buku The Complete Book of Ayurvedic Home Remedies, A Comprehensive Guide to the Ancient Healing of India karya Vasant Lad mengungkapkan, mayoritas masalah perut terjadi akibat kombinasi makanan yang buruk. Nah, kan!

Biar hal itu nggak terjadi, ketahui dulu makanan atau minuman apa yang sebaiknya nggak kamu sandingkan dengan telur. Simak informasi berikut ini ya, Millens!

1. Teh

Teh dalam bentuk es teh maupun teh hangat kerap jadi pendamping makan besar. Jika kamu sedang makan dengan lauk telur, sebaiknya nggak memilih minuman teh, ya! Melansir dari NDTV, studi dari Journal of Nutrition menemukan minum teh dengan telur bisa menurunkan penyerapan protein oleh tubuh hingga 17 persen.

2. Bacon dan Sosis

Ilustrasi: Bacon dan sosis merupakan bahan makanan yang tinggi lemak dan garam. (Playbuzz/Softpedia)
Ilustrasi: Bacon dan sosis merupakan bahan makanan yang tinggi lemak dan garam. (Playbuzz/Softpedia)

Kamu bisa jadi sering menjumpai menu makanan yang menyajikan telur, bacon, dan sosis dalam satu piring. Tapi, tahukah kamu jika bahan-bahan tersebut mengandung banyak garam dan lemak?

Seperti dilansir dari Eat This, Not That!, bacon dan sosis tinggi lemak dan garam. Satu lembar bacon mengandung 115 mg garam dan satu buah sosis mengandung sekitar 790 mg garam. Memang terlihat sangat sedikit, tapi coba hitung berapa banyak bacon dan sosis yang kamu santap dalam satu menu sarapan itu. Jadi banyak, kan?

Mengingat konsumsi garam berlebihan bisa memberikan efek buruk bagi tekanan darah, sebaiknya kamu nggak lagi menyantap kombinasi makanan-makanan ini.

3. Pisang

Baik pisang maupun telur bisa memberikan manfaat kesehatan. Tapi, sebaiknya kamu memberi jarak antara konsumsi telur dan pisang.

Kombinasi keduanya memerlukan waktu lama untuk dicerna sehingga bisa membuat perut terasa 'berat'. Akan lebih baik jika pisang dikonsumsi sebagai camilan di sela makan siang dan makan malam, sedangkan telur digunakan untuk menu sarapan.

4. Susu Kedelai

Ilustrasi: Makan telur lalu minum susu kedelai bisa membuat jumlah protein dalam tubuhmu akan meningkat dengan cepat dan sulit diserap. (Freepik/Jcomp)
Ilustrasi: Makan telur lalu minum susu kedelai bisa membuat jumlah protein dalam tubuhmu akan meningkat dengan cepat dan sulit diserap. (Freepik/Jcomp)

Meski sama-sama merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh, sebaiknya kamu nggak mengonsumsi susu kedelai dan telur bersamaan. Jika melakukannya, jumlah protein dalam tubuhmu akan meningkat dengan cepat dan sulit diserap oleh tubuh.

5. Gula

Makanan lain yang sebaiknya dihindari saat mengonsumsi telur adalah gula. Sebab, saat dikonsumsi bersamaan, asam amino yang dilepaskan dari telur dan gula dapat menjadi racun bagi tubuh dan menimbulkan gumpalan dalam darah.

Itu dia beberapa makanan yang nggak disarankan kamu makan bareng telur. Untuk pencernaan yang lancar, sebaiknya kamu hindari perpaduan telur dengan bahan-bahan itu ya, Millens! (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved