inibaru indonesia logo
Beranda
Inspirasi Indonesia
Mengenal Street Workout Lewat Komunitas Barstunt Semarang, Yuk!
Rabu, 4 Okt 2023 11:00
Penulis:
Fitroh Nurikhsan
Fitroh Nurikhsan
Bagikan:
Sesama anggota Berstunt Semarang saling bantu agar bisa melakukan gerakan Street Workout. (Inibaru.id/ Fitroh Nurikhsan)

Sesama anggota Berstunt Semarang saling bantu agar bisa melakukan gerakan Street Workout. (Inibaru.id/ Fitroh Nurikhsan)

Ingin lebih jauh mengenal gerakan-gerakan dalam Street Workout? Yuk, gabung dulu dengan Komunitas Barstunt Semarang yang kumpul setiap hari di GOR Tri Lomba Juang, Semarang!

Inibaru.id - Bagi kamu yang sering berolahraga di GOR Tri Lomba Juang Kota Semarang, mungkin sekilas pernah melihat sekumpulan anak muda di pojokkan bergelantungan di tiang-tiang besi yang tertanam di tanah. Mereka melakukan hal itu bukan sekedar gaya-gayaan, Millens. Anak muda yang tergabung dalam Komunitas Barstunt Semarang itu tengah berolahraga Street Workout.

Buat yang belum tahu, Street Workout adalah olahraga fisik seperti push up, sit up, back up, handstand dan lain-lain yang dilakukan di tempat terbuka. Olahraga ini benar-benar bertumpu dan mengandalkan kekuatan otot-otot tubuh.

"Nama komunitas kami berasal dari dua kata. 'Bar' artinya tiang dan 'Stunt' artinya aksi. Jadi kami memanfaatkan tiang untuk membentuk otot tanpa harus pergi ke tempat gym," kata Ketua Barstunt Semarang, Michael Antonius belum lama ini.

Salah seorang anggota Berstunt Semarang memperagakan gerakan Street Workout. (Inibaru.id/ Fitroh Nurikhsan)
Salah seorang anggota Berstunt Semarang memperagakan gerakan Street Workout. (Inibaru.id/ Fitroh Nurikhsan)

Lelaki yang akrab disapa Michael itu mengatakan komunitasnya sudah berdiri tahun 2014 silam. Tetapi saat itu lokasinya tidak di GOR Lomba Tri Juang.

Berkat para pendiri terdahulu yang berhasil melobi dan mengirim proposal ke Dinas Pemuda dan Olaraga Kota Semarang, Komunitas Barstunt Semarang akhirnya diberikan sedikit ruang di sudut tempat olahraga yang berlokasi di Kelurahan Muggasari, Kecamatan Semarang Selatan itu.

"Kita setiap hari pasti latihan. Menunya berbeda-beda. Tapi saban Jumat kita pasti latihan fresstyle," beber Michael.

Butuh Mental

Anggota Barstunt Semarang tengah memperagakan gerakan muscle up. (Inibaru.id/ Rosalie Nurdin)
Anggota Barstunt Semarang tengah memperagakan gerakan muscle up. (Inibaru.id/ Rosalie Nurdin)

Lelaki berusia 22 tahun ini mengaku sudah menguasai semua teknik Street Workout. Michael lalu membuktikan kelihaiannya dengan bergelantungan dan berputar-putar di atas tiang, bertumpu pada kekuatan kedua otot tangannya.

"Saya menganggap Barstunt ini wadah olahraga yang bebas berekspresi. Karena kami improvisasi sendiri gerakan-gerakannya," tutur Michael.

Untuk bisa fresstyle, kata Michael, paling penting itu keberanian dan mental. Urusan cidera itu dipikir belakangan. Sebab semua olahraga memiliki resikonya masing-masing.

"Saat pemanasan pun bisa cedera. Saya pernah jatuh sekali saat frestyle. Saya nggak pernah kapok, malah tambah bersemangat buat latihan lagi," imbuh lelaki berambut sepundak ini.

Terbuka untuk Umum

Anggota Barstunt Semarang memutar badan dengan bertumpu pada kekuatan otot tangan. (Inibaru.id/ Rosalie Nurdin)
Anggota Barstunt Semarang memutar badan dengan bertumpu pada kekuatan otot tangan. (Inibaru.id/ Rosalie Nurdin)

Saat ini anggota Barstunt Semarang mencapai ratusan orang. Secara terbuka, Michael mempersilahkan siapa saja yang ingin olahraga Street Workout untuk bergabung. Dia mengungkapkan komunitasnya cocok bagi orang-orang yang sedang berjuang melatih fisik maupun membentuk otot untuk mengikuti seleksi pendidikan kepolisian.

"Nggak sedikit orang-orang yang mau masuk akademi kepolisian ikut latihan bersama kami," tukasnya.

Jika kamu tertarik dengan Street Workout, buruan bergabung dengan komunitas ini, Millens. Dengan niat yang kuat dan sikap telaten, pasti kamu berhasil mendapatkan tubuh idamanmu, deh

Michael menceritakan, selama empat tahun dirinya rutin berolahraga tanpa alat-alat mewah seperti di gym, badannya terasa ringan. Bahkan, olahraga tersebut bisa membuat pikirannya jadi lebih segar.

"Yang saya rasakan Street Workout itu kayak kita healing secara spontan. Bonusnya bikin badan terlihat lebih ideal. Tidak kekurusan atau kegemukkan," ucapnya.

Ingin mencoba olahraga satu ini? Silakan datang ke GOR Tri Lomba Juang Semarang, ya! (Fitroh Nurikhsan/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved