inibaru indonesia logo
Beranda
Inspirasi Indonesia
Anutan! Mantan Gitaris Alexa Rizki Syarif Jadi Fisikawan di CERN
Senin, 6 Mar 2023 11:00
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Mantan gitaris Alexa Rizki Syarif jadi fisikawan dan ilmuwan di CERN. (YouTube/Indonesia Mengglobal)

Mantan gitaris Alexa Rizki Syarif jadi fisikawan dan ilmuwan di CERN. (YouTube/Indonesia Mengglobal)

Nggak banyak orang bisa sukses di bidang seni dan ilmu pengetahuan sekaligus. Kalau di luar ada gitaris Queen Brian May, di Indonesia ada mantan gitaris Alexa Rizki Syarif. Setelah sukses jadi musikus, dia kini jadi fisikawan dan peneliti di CERN. Keren banget!

Inibaru.id – Siapa bilang seni dan ilmu pengetahuan nggak bisa dikuasai secara sekaligus oleh seseorang? Hal ini dibuktikan oleh Rizki Syarif, mantan gitaris Alexa yang kini jadi peneliti sekaligus fisikawan di CERN!

Di dunia musik internasional, kita mengenal Brian May, gitaris dari band legendaris Queen yang merupakan seorang doktor astrofisika. Pada 2015 lalu, May dan sejumlah astrofisikawan lain menggunakan wahana antariksa bernama New Horizons milik NASA untuk meneliti planet terluar di tata surya kita, Pluto. Dia juga sudah menulis sejumlah buku yang terkait dengan ilmu pengetahuan yang dia kuasai, Millens.

Nah, bisa dibilang, Rizki Syarif adalah versi Indonesia dari Brian May. Nggak hanya sukses di dunia musik, dia juga sukses menggeluti ilmu pengetahuan dengan standar yang nggak main-main.

Informasi tentangnya menjadi ilmuwan di CERN diungkap oleh akun Twitter @alandakariza pada Minggu (5/3/2023) lalu. Dalam cuitan tersebut, terungkap kalau dia sudah mendapatkan gelar PhD & pascadoktoral di Brown University, salah satu kampus bergengsi yang berlokasi di Rhode Island, Amerika Serikat. Salah seorang lulusan paling populer dari kampus ini adalah aktris Hollywood Emma Watson. Bedanya, Watson mengambil jurusan Sastra Inggris.

“Rizki Syarif, mantan gitaris ALEXA, memperoleh gelar PhD & pascadoktoral di Brown, menjadi ilmuwan di CERN,” tulis akun tersebut.

CERN sendiri adalah kepanjangan dari Conseil Europeen Pour la Recherche Nucleaire. Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia adalah Dewan Eropa untuk Riset Nuklir. Kantor pusat organisasi yang didirikan pada 29 September 1954 ini ada di Jenewa, Swiss. Kini, setidaknya ada 23 negara yang jadi anggota organisasi yang mengurus riset di bidang nuklir dan bertujuan untuk mendapatkan sumber energi masa depan tersebut.

Senang Bermusik

Rizki saat ada di laboratorium CERN. (Hotcourses/Dok. Rizki Syarif)
Rizki saat ada di laboratorium CERN. (Hotcourses/Dok. Rizki Syarif)

Menurut informasi yang diungkap Hotcourses pada 20 Januari 2020 lalu, Rizki sudah keluar dari band Alexa sejak 2011. Pada 2013, dia sudah menempuh pendidikan untuk jurusan Fisika Partikel Eksperimental. Sebelumnya, dia juga kuliah di University of Sydney, Australia. Di sana, dia mendapatkan gelar ganda di jurusan fisika dan matematika.

“Jujur sejak SMA saya suka matematika dan fisika. Tapi nggak pernah kepikiran bisa jadi fisikawan. Tapi saya ambil kuliah di situ dan kemudian main musik,” tulis Rizki.

Dia mengaku puas dengan pengalamannya menjadi musikus. Tapi, dia juga senang mampu mewujudkan kesukaannya di bidang matematika dan fisika menjadi pekerjaan. FYI, saat masih menjadi kandidat PhD di Brown University, dia sudah menjalankan sejumlah program penelitian di CERN yang ada di Swiss dan Fermilab di Amerika Serikat.

“Saya digaji untuk melakukan semua itu. Jadi ini tawaran yang bagus. Memang, menjalaninya nggak mudah karena tentu butuh banyak tenaga dan waktu. Tapi, saya menyukainya,” ucapnya.

Benar-benar layak dijadikan anutan ya, Rizki Syarif ini, Millens. Sukses di bidang musik, sukses pula di bidang ilmu pengetahuan. (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved