inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Wujudkan Berat Badan Ideal Saat Puasa Ramadan
Kamis, 23 Mar 2023 14:47
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Ilustrasi: Ramadan adalah momen yang tepat untuk semakin meningkatkan kualitas kesehatan tubuh. (Harapanrakyat/Istimewa)

Ilustrasi: Ramadan adalah momen yang tepat untuk semakin meningkatkan kualitas kesehatan tubuh. (Harapanrakyat/Istimewa)

Jika di hari biasa sulit sekali memulai pola hidup sehat, maka Puasa Ramadan adalah waktu yang tepat, Millens. Kamu bisa mewujudkan berat badan ideal dengan disiplin makan makanan bergizi saat menjalankan puasa.

Inibaru.id - Menahan lapar dan haus setiap hari selama Bulan Ramadan seharusnya membuat berat badan kita nggak bertambah. Kenyataannya, ada sebagian orang saat ibadah puasa selama 30 hari penuh itu justru menjadi gemuk. Tentu saja kita nggak pengin hal itu terjadi, kan?

Certified personal trainer dan sport nutrition Salsabila Avinandita mengatakan, Ramadan adalah momentum yang tepat untuk semakin meningkatkan kualitas kesehatan tubuh. Salah satunya dari aspek berat badan.

Dia mengatakan ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk bisa mempertahankan atau meraih berat badan ideal selama Ramadan.

“Berpuasa di bulan Ramadan tidak berarti aktivitas olahraga harus terhenti. Dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi, olahraga yang tepat dengan intensitas yang disesuaikan membuat tubuh tetap bugar sehingga semangat menjalani aktivitas harian dan ibadah dengan bonus berat badan ideal.” ujar Salsa pada Kamis (23/3/2023).

Cermat Memilih Makanan

Penting bagi kita untuk cermat dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi selama bulan Ramadan. Menu makanan dengan paduan makro dan mikro nutrisi akan membuat badan lebih bugar dan fit saat menjalankan puasa dan ibadah lainnya.

Untuk berbuka puasa, kurma atau jus buah tanpa gula bisa menjadi pilihan takjil untuk mendapatkan gula alami, dilanjutkan dengan menu utama yang harus terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak.

Hindari konsumsi gula berlebih yang membuat gula darah naik dan memberikan efek lemas serta mengantuk selama berpuasa. Asupan gula alami yang baik untuk tubuh bisa didapatkan dari konsumsi buah-buahan.

Ilustrasi: Sebisa mungkin selama puasa hindari makanan yang mengandung tepung karena bisa membuat perut nggak nyaman. (Istimewa)
Ilustrasi: Sebisa mungkin selama puasa hindari makanan yang mengandung tepung karena bisa membuat perut nggak nyaman. (Istimewa)

Saat sahur, kata Salsa, oatmeal atau roti gandum dengan kacang-kacangan dan buah cukup untuk memberikan energi selama berpuasa. Sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung tepung, karena bisa membuat perut kembung sehingga nggak nyaman saat berpuasa. Selain itu, penting untuk menjaga asupan air putih selama berpuasa.

"Konsumsi air putih bisa diatur sesuai dengan kenyamanan, seperti 1 liter setelah berbuka sampai saat mau tidur, dan 1 liter saat sahur sampai waktu imsak tiba," katanya.

Selain pilihan jenis makanan yang baik dan sehat, rutin berolahraga juga menjadi kunci kebugaran di Bulan Ramadan.

"Hindari berolahraga di pagi hari, karena kita harus simpan energi untuk beraktivitas seharian. Pilih di waktu sore sekitar 1 atau 2 jam sebelum berbuka puasa, atau bisa 30 menit atau 1 jam setelah berbuka puasa dengan takjil. Usahakan untuk tetap berolahraga, minimal 10 menit perhari dengan intensitas ringan dan bisa gunakan beban minimal 1 kg untuk latihan pembentukan otot,” ujarnya.

Dengan memperhatikan hal-hal itu, kamu pasti akan mendapatkan berat badan ideal selama Ramadan. So, jadikan bulan puasa ini waktu yang tepat untuk mendisiplinkan diri dengan makanan yang kita konsumsi, ya! (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Media Indonesia dengan judul Ini Cara Raih Berat Badan Ideal Selama Ramadan.

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved