inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Uang Tunai Rp195 Triliun Disiapkan untuk Kebutuhan Lebaran 2023
Sabtu, 18 Mar 2023 09:05
Bagikan:
Ilustrasi:  Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang tunai Rp 195 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Lebaran. (Unsplash)

Ilustrasi: Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang tunai Rp 195 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Lebaran. (Unsplash)

Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang tunai sebanyak Rp 195 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Lebaran. Jumlah uang itu naik 8,2% dibandingkan tahun lalu yang 'hanya' sebanyak Rp175 triliun karena pertumbuhan ekonomi yang terus membaik.

Inibaru.id - Perputaran uang tunai pada momentum mudik Lebaran tahun ini diprediksi akan lebih banyak ketimbang mudik tahun lalu. Nggak hanya perputaran uang, pergerakan masyarakat pun mengalami gejala yang sama.

Survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan memperkirakan pergerakan masyarakat mencapai 123,8 juta orang pada masa mudik Lebaran 2023. Jumlah ini meningkat 14,2% jika dibandingkan dengan prediksi pergerakan masyarakat di masa Lebaran tahun 2022 lalu yang mencapai 85,5 juta orang.

Oleh karena itu, tahun ini Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang tunai Rp 195 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Lebaran.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Aida S Budiman mengatakan uang tunai yang disediakan adalah Rupiah layak edar dengan tahun emisi 2019 sampai 2022.

Menurut Aida, jumlah uang itu naik 8,2% dibandingkan tahun lalu yaitu 175 triliun karena pertumbuhan ekonomi yang terus membaik. Selain itu, pandemi Covid-19 telah mereda dan status PPKM sudah ditiadakan oleh pemerintah.

Cara Menukar Uang

Ilustrasi: Untuk menukarkan uang, kamu bisa mendatangi titik penukaran uang yang telah disediakan. (Solopos/Nicolous Irawan)
Ilustrasi: Untuk menukarkan uang, kamu bisa mendatangi titik penukaran uang yang telah disediakan. (Solopos/Nicolous Irawan)

Nantinya kamu nggak akan kesulitan memperoleh uang tunai karena bank sentral akan memperluas kerja sama dengan perbankan. Dengan perluasan kerja sama ini, bakal ada 5.066 titik penukaran uang yang disediakan di seluruh Indonesia.

Sedangkan khusus di Jabodebek ada 599 titik yang disediakan dengan ketersediaan uang tunai sekitar Rp48,2 triliun. Layanan penukaran uang tunai ini akan dibuka pada 20 Maret sampai 20 April 2023.

Aida menyebut, bagi kamu yang ingin menukaran uang bisa datang langsung ke titik penukaran uang. Kamu juga nantinya bisa menukar uang dalam paket tertentu dengan jatah per orang satu paket. Satu paket tersebut bernilai Rp 3,8 juta, terdiri atas pecahan Rp 1.000-Rp 20.000.

"Jadi boleh dipilih nanti pada saat menukar uangnya," kata Aida.

Bank sentral akan memperkuat layanan kas menyambut Ramadan dan Lebaran. BI akan menyediakan layanan kas di pusat keramaian, pusat perayaan keagamaan, di beberapa titik arus mudik baik di rest area, jalur penyeberangan, dan kas keliling susur sungai. Layanan penukaran uang juga akan beroperasi saat libur.

Wah, melihat jumlah uang yang disediakan, sudah bisa terbaca bakal semeriah apa Lebaran tahun ini ya, Millens? Bukankah ini bisa menjadi penyemangat bagi kita? Ya, apalagi kalau bukan semangat untuk bekerja lebih giat lagi mulai dari sekarang agar cuan makin tebal. Tapi, jangan lupa, mengisi Ramadan dengan ibadah tetap yang terpenting. (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved