Tips Aman Bawa Uang Tunai saat Liburan

Tips Aman Bawa Uang Tunai saat Liburan
Tips aman membawa uang tunai saat berlibur. (via Faktualid)

Meski repot, nyatanya membawa uang tunai ketika berlibur sangat penting. Pasalnya, proses pembayaran nontunai belum tentu bisa dilakukan di semua tempat. Belum lagi jika ada gangguan sinyal, baterai smartphone habis, dan masih banyak lagi. Biar aman bawa uang tunai ketika berlibur, simak yuk tips berikut ini.

Inibaru.id – Sebagian orang zaman sekarang mungkin menilai membawa uang tunai nggak praktis. Tapi, kamu tentu nggak menampik bahwa masih banyak tempat yang hanya menerima pembayaran tunai. Karena itu, keberadaan uang tunai di dompet sangat penting, termasuk dibawa ketika liburan.

Nah, kalau berniat membawa uang tunai ketika berlibur untuk berjaga-jaga andai ada keperluan mendadak, berikut ini tips aman membawa uang tunai:

Simpan uang di berbagai tempat

Kalau membawa uang tunai, hindari deh menyimpannya di satu tempat saja. Kamu bisa menyimpan uang di dompet, tas jinjing, saku baju, dan botol obat. Memanfaatkan fasilitas safe deposit box di kamar hotel juga bisa kok dilakukan.

Dengan menyimpan uang tunai di sana-sini, kamu nggak perlu terlalu khawatir jika dompet atau smartphone mendadak hilang. Masih ada uang untuk kembali ke hotel atau kantor polisi.

Simpan uang receh di tempat yang mudah dijangkau

Tempatkan uang receh atau koin di tempat yang gampang dijangkau. (Motorplus-online)
Tempatkan uang receh atau koin di tempat yang gampang dijangkau. (Motorplus-online)

Ketika berlibur, biasakan untuk memecah uang ke dalam pecahan yang lebih kecil atau recehan. Tindakan ini dapat mengantisipasi jika nggak ada uang kembalian ketika membeli sesuatu.

Selain itu, simpan uang dalam pecahan kecil tersebut di tempat yang mudah dijangkau. Dengan begitu, kamu nggak bakal kerepotan merogoh saku paling dalam atau sampai membuka tas sewaktu membayar.

Ada baiknya persiapkan tas khusus sebelum berangkat. Tas inilah yang bakal kamu pakai untuk membeli makanan, cendera mata, atau tiket masuk suatu tempat wisata pada hari itu.

Bersih-bersih dompet

Biasakan untuk membersihkan atau memilah isi dompet sebelum bebergian. Keluarkan kartu yang nggak akan kamu pakai ketika berlibur atau kertas-kertas lainnya yang lupa kamu keluarkan dari dompet.

Kegiatan ini juga bisa kamu manfaatkan untuk sekalian memastikan KTP, kartu kredit, atau kartu lainnya sudah “nangkring” di dompetmu.

Bawa dompet palsu

Pernah nggak kamu kepikiran untuk membawa dompet kosong alias dompet palsu? Cara ini bisa kamu lakukan untuk mengecoh pencopet.

Beli saja dompet murah dan simpan di saku atau tas. Biar terlihat agak tebal, kamu bisa memasukkan recehan ke dalamnya. Nah, begitu pencopet termakan dompet palsu ini, kamu punya waktu untuk menyelamatkan diri.

Berlibur bisa menjadi momen yang menyenangkan. Karena itu, persiapkan segalanya termasuk untuk kemungkinan terburuk. Semoga bermanfaat ya, Millens! (Kom/IB21/E07)