inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Tips Menyiram Tanaman Saat Cuaca Panas
Minggu, 23 Jul 2023 08:00
Penulis:
Bagikan:
Ilustrasi: Menyiram tanaman saat cuaca panas. (Infopublik/MC Tidore/Arvan Rijal)

Ilustrasi: Menyiram tanaman saat cuaca panas. (Infopublik/MC Tidore/Arvan Rijal)

Saat musim kemarau seperti sekarang, cuaca sangat panas sehingga bisa membuat tanaman layu atau mati. Salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan rutin menyiramnya.

Inibaru.id – Di musim kemarau seperti sekarang ini, cuaca saat siang hari biasanya terasa sangat menyengat. Kalau kamu merasa gerah, hal ini juga dirasakan oleh tanaman-tanaman yang ada di pot atau halaman rumahmu. Mereka pun harus rajin disiram agar nggak mudah layu atau mati.

Masalahnya, kalau kamu menyiramnya terlalu sering, bisa jadi akar tanaman membusuk karena kelembapan berlebih. Kamu nggak pengin kan hal ini terjadi? Nah, biar tanaman kamu bisa tetap tumbuh dengan baik saat cuaca panas seperti sekarang, lakukan tips-tips berikut ini saat menyiram tanaman, ya?

Sebaiknya tanaman disiram di pagi hari

Banyak orang menyiram tanaman pada siang hari karena berpikir jika tanaman akan merasa gerah saat cuaca sedang sangat terik sebagaimana yang kita rasakan. Sayangnya, hal ini sebenarnya kurang tepat, Millens. Kalau menurut Home & Gardens, Minggu (18/6/2023), penyiraman tanaman saat siang hari bakal percuma karena membuat air lebih banyak menguap akibat cuaca panas.

Kalau kamu menyiramnya saat pagi atau sore hari, cuaca nggak terlalu panas dan penguapan air yang kamu siram di tanah nggak akan begitu banyak. Akar tanaman pun tetap bisa menyerap air yang sangat mereka butuhkan dengan baik.

Jangan disiram saat panas terik

Tanaman sebaiknya disiram saat pagi atau sore hari. (s3-us-west-2.amazonaws.com)
Tanaman sebaiknya disiram saat pagi atau sore hari. (s3-us-west-2.amazonaws.com)

Alasan lain mengapa sebaiknya tanaman nggak disiram saat panas terik adalah daun jadi lebih mudah hangus. Tanpa kamu sadari, tetesan air pada daun bisa berperan layaknya kaca pembesar berukuran mini yang pada akhirnya membuat dampak sengatan sinar matahari pada daun tanaman jadi lebih parah. Lebih dari itu, kebiasaan ini ternyata bisa membuat tanaman rentan terkena jamur, lo.

Siram bagian bawah tanaman, bukan daunnya

Agar akar tanaman bisa mendapatkan air yang sangat dibutuhkan, kamu sebaiknya menyiram bagian bawah tanaman atau tanahnya, bukannya daunnya. Oh ya, ada baiknya kamu menyiram tanaman dengan cukup banyak air, bukannya sedikit demi sedikit. Hal ini setidaknya membuat area tanah yang dekat dengan akar jadi lebih lembap.

Meski begitu, jangan memberikan air dengan berlebihan, ya? Apalagi sampai pot tanaman jadi banjir karena hal ini bisa membuat akar tanaman jadi mudah membusuk.

Jangan tunggu sampai tanah mengering

Rajin-rajinlah mengecek area tanah pada pot atau tempat tanamanmu tumbuh lainnya agar nggak terlalu kering, apalagi sampai retak-retak saat musim kemarau. Dengan melakukannya, kamu jadi tahu kapan sebaiknya tanaman disiram agar nggak mudah layu atau mati, deh.

Nah, itulah sejumlah tips yang bisa kamu terapkan untuk menyiram tanaman saat cuaca panas di musim kemarau seperti sekarang ini, Millens. Semoga saja tanamanmu bisa tetap terawat, ya? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved