inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Tanaman Hias Layu dan Mati? Ini Penyebabnya
Minggu, 30 Apr 2023 11:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Tanaman hias layu dan mati. (Shutterstock/Evan66)

Tanaman hias layu dan mati. (Shutterstock/Evan66)

Tanaman hias di rumahmu mudah layu atau cepat mati? Bisa jadi kamu memeliharanya dengan cara yang nggak pas, Millens. Perhatikan deh berbagai penyebabnya berikut ini.

Inibaru.id – Kamu merawat tanaman hias di rumah, Millens? Yap, semenjak masa pandemi, tanaman hias memang digandrungi banyak orang. Nggak hanya bisa membuat penampilan rumah jadi lebih segar, keberadaan tanaman hias juga bisa memberikan manfaat lain seperti mengusir serangga, menambah hoki, dan lain-lain.

Sayangnya, meski sudah dirawat sedemikian rupa, terkadang tanaman hias layu dan mati. Kalau sudah begini, kamu tentu bingung dan merasa bersalah, bukan? Nah, biar hal tersebut nggak sampai terjadi, sebaiknya kamu memperhatikan sejumlah penyebab rusaknya tanaman hias seperti sebagai berikut:

Kurang Disiram Air

Menurut Fimela, (25/4/2022), hal pertama yang paling sering bikin tanaman hias mati atau layu adalah kurang disiram air. Terkadang, karena kesibukan sehari-hari, kita sampai nggak memperhatikan kapan terakhir tanaman hias disiram. Padahal, tanpa adanya air, tanaman bakal sulit untuk tetap segar atau tumbuh. Proses fotosintetisnya juga akan terganggu sehingga tanaman pun sulit untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Oleh karena itulah, kamu perlu menempatkan jadwal atau pengingat khusus agar nggak lagi lupa menyiram air. Dengan melakukannya, tanaman pun bakal terjaga kesegarannya dan nggak bakal mudah layu.

Terlalu Banyak Disiram

Tanaman hias sebaiknya juga nggak terlalu banyak disiram. (Bobo/Pixabay)
Tanaman hias sebaiknya juga nggak terlalu banyak disiram. (Bobo/Pixabay)

Jika nggak disiram, tanaman bakal layu atau mati. Tapi, kalau kamu keseringan menyiramnya, tanaman juga bisa mengalami hal yang sama. Soalnya, bagian akar tanaman akan jadi terlalu lembap atau bahkan membusuk akibat banyaknya air yang mengendap di sekitarnya.

Kamu bisa mempelajari seberapa sering tanaman bisa disiram agar frekuensi penyiramanmu nggak terlalu sering. Ingat, nggak semua tanaman nggak butuh disiram sering-sering ya, Millens?

Kekurangan Nutrisi

Nggak hanya tanaman di taman, kebun, atau sawah yang butuh nutrisi. Tanaman yang kamu pelihara di pot juga membutuhkannya. Kalau tanah atau media tanam lain untuk tanaman tersebut nggak diberi pupuk, akan kekurangan unsur hara. Nah, jika sampai tanaman hias nggak mendapatkan nutrisi yang cukup bakal mudah layu atau bahkan mati.

Kamu lebih disarankan memakai pupuk organik untuk tanamanmu karena lebih aman dan mampu memberikan nutrisi dalam jangka panjang. Tapi, sebaiknya kamu juga nggak memberikannya dengan berlebihan, ya?

Paparan Suhu Ekstrem

Sebagian tanaman ternyata nggak cocok terpapar sinar matahari secara langsung secara terus-menerus. Ada juga yang nggak bisa terkena air hujan secara langsung. Kalau kamu nggak memperhatikan hal ini, bisa jadi tanaman akan layu dan mati.

Oleh karena itulah, sebelum menanam, pastikan kamu tahu seperti apa penempatan tanaman hias yang tepat, Millens.

Jadi, sudah tahu kan apa saja penyebab tanaman hias layu tau mati. Sebaiknya kamu perhatikan agar tanaman hiasmu tetap subur ya, Millens. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved