inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Tips Memilih Kurma Terbaik untuk Buka Puasa
Sabtu, 16 Apr 2022 17:32
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Tips memilih kurma agar mendapatkan yang segar. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Tips memilih kurma agar mendapatkan yang segar. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kurma ada banyak jenis dan varian harganya di pasaran. Nah, biar nggak bingung, ada lo tips memilih kurma terbaik untuk buka puasa. Apa saja?

Inibaru.id – Salah satu buah yang paling diburu di bulan Ramadan seperti sekarang ini adalah kurma. Maklum, makan beberapa biji buah dengan rasa manis ini bisa membuat energimu seperti langsung kembali usai nggak makan dan minum seharian. Masalahnya, di pasaran, ada banyak jenis kurma yang dijual. Harganya juga cukup bervariasi sehingga bisa membuatmu bingung memilih yang mana.

Nah, biar kamu bisa mendapatkan kurma terbaik untuk buka puasa, ada kok tips yang bisa kamu terapkan. Berikut adalah tips-tips tersebut.

Perhatikan Tampilan Fisiknya

Satu hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih kurma di pasaran adalah memperhatikan tampilan fisiknya. Kebanyakan kurma yang dikeringkan justru jadi sedikit lebih basah. Maklum, ada cairan gula yang keluar dari buah ini. Meski begitu, kurma ini biasanya nggak sampai lengket atau keras kok.

Kalau ada kurma yang lengket atau bahkan basah, ada kemungkinan kurma ini sudah diberi tambahan pemanis layaknya sirup gula atau bahkan madu. Jadi, kamu harus mewaspadainya, ya?

Ada baiknya kamu juga nggak memilih kurma yang mengerut. Biasanya sih, kurma ini sudah lama disimpan sehingga kurang segar. Selain itu, sebaiknya pastikan juga kulit arinya masih menempel ya.

Perhatikan Warna Kurma

Warna kurma berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Ada yang jingga terang, ada yang cokelat kemerahan, hingga yang sangat gelap mirip seperti hitam. Khusus untuk yang warnanya gelap, kamu harus lebih cermat dalam mengecek tampilan fisiknya demi memastikan kurma ini nggak terlalu mengerut dan masih segar.

Warna dan tampilan kurma harus kamu perhatikan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Warna dan tampilan kurma harus kamu perhatikan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Perhatikan Ukuran Kurma

Sekilas, ukuran kurma nggak begitu penting untuk diperhatikan ya. Bagi orang biasa yang sehat, hal ini memang benar. Tapi, bagi mereka yang harus memperhatikan asupan gula harian, mungkin harus benar-benar cermat dalam memperhitungkannya. Apalagi, kini ada kurma yang dicelupkan di dalam sirup gula sehingga membuat kandungan gulanya lebih tinggi dan kurang sehat.

Biasanya sih, ukuran buah kurma adalah separuh dari ibu jari orang dewasa. Bobotnya sekitar 7 gram. Ada lo sebagian orang yang diminta untuk membatasi asupannya maksimal 40 gram saja.

Perhatikan Kemasan Kurma

Kalau kamu membeli kurma dalam kemasan, pastikan kemasannya nggak bocor dan masih rapat. Cek juga ya tanggal kadaluarsanya, Millens. Beda cerita kalau kurma yang dijajakan kiloan dan nggak dikemas. Kalau yang ini, kamu harus memperhatikan lokasi penjualnya.

Ingat ya, kurma ini buah yang langsung kamu makan, nggak dikupas dulu. Kalau dijual di tempat terbuka yang berpotensi dihinggapi debu atau lalat, tentu kurang sehat. Terkecuali jika penjualnya menempatkan kurma di wadah tertutup, bisa deh kamu pertimbangkan.

Jadi, sudah tahu kan tips membeli kurma yang baik buat buka puasa, Millens? (Lip/IB09/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved