BerandaHits
Sabtu, 11 Jun 2022 20:10

Tips Hidup Bahagia agar Bisa Hidup Lebih Lama

Tips Hidup Bahagia agar Bisa Hidup Lebih Lama

Menjadi bahagia dan berumur panjang adalah dambaan bagi setiap insan. (Pixabay/silviarita)

Kebahagiaan memang nggak bisa dilihat dari luar. Kebahagiaan akan timbul dari diri sendiri atau lewat orang-orang terkasih. Lantas bagaimana sih cara menjadi bahagia untuk hidup yang lebih lama?

Inibaru.id – Nggak bisa dipungkiri, sehat lahir batin dan umur panjang adalah beberapa tolak ukur kebahagiaan manusia. Nah, kabarnya, agar bisa mendapatkan umur panjang, kamu harus bahagia, Millens..

Meski begitu, bahagia haruslah dimulai dari diri sendiri. Salah seorang ilmuwan bernama Andrew Steptoe mengatakan bahwa semakin besar seseorang memandang kehidupan secara positif, semakin baik pula kesehatan dan probabilitas dia berumur panjang. Sebagai contoh, menjaga hubungan pertemanan yang baik dan tetap bersosialisasi dengan orang lain juga merupakan salah satu bekal bagi kesehatan tubuh dan mental.

Tentu saja itu nggak cukup, Millens. Bahagia perlu dibarengi dengan pola hidup yang sehat. Cus, kita sajikan kiat-kiat hidup sehat dan bahagia ala Inibaru.id!

Istirahat yang Cukup

Tidur merupakan saat dimana tubuh beristirahat setelah seharian beraktivitas. Umumnya, manusia membutuhkan tidur selama 7 sampai 8 jam per malam. Hal ini dapat mengembalikan stamina tubuh.

Tidur cukup juga bertujuan untuk membantu mencegah datangnya penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung. Kalau nggak tidur cukup, bisa jadi tubuh kamu terasa letih, nggak fit, dan mudah terkena stres, deh.

Olahraga teratur menjadi salah satu cara untuk membentuk kebahagiaan ke arah hidup yang berumur panjang. (Pixabay/morissettes)
Olahraga teratur menjadi salah satu cara untuk membentuk kebahagiaan ke arah hidup yang berumur panjang. (Pixabay/morissettes)

Olah Raga Teratur

Olah Raga menjadi salah satu kegiatan yang kurang diminati oleh masyarakat. Untuk pergi ke toko yang berjarak beberapa rumah saja, terkadang kita lebih memilih menggunakan kendaraan alih-alih jalan kaki. Dikutip dari Badan Pusat Statistika pada tahun 2019, penduduk Indonesia yang rutin olah raga hanya sejumlah 35,7 persen.

Olah raga bisa meningkatkan kadar hormon bahagia dan menurunkan stres. Bahkan, kalau kamu melakukannya bareng-bareng atau di tempat dengan pemandangan alam bagus, bakal semakin membuatmu lebih bahagia, Millens.

Menghindari Hal Kurang Berfaedah

Salah satu kebiasaan yang kurang berfaedah namun menjadi sebuah kebiasaan adalah merokok dan meminum alkohol. Pelbagai penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi keduanya secara terus-menerus akan memperburuk kondisi tubuh.

Kalau ada yang bilang minum alkohol atau merokok bisa menghilangkan stres, efeknya hanya sementara ya, Millens. Efek buruknya bagi tubuh sebenarnya lebih besar. Ingat, kalau sampai kalian kena penyakit akibat kebiasaan buruk ini, kamu malah jadi nggak bahagia, lo.

Salah satu cara menjadi bahagia adalah menghabiskan waktu bersama keluarga setelah penat dengan pekerjaan <i>nine to five</i>.&nbsp;(Pixabay/Suedelbien)
Salah satu cara menjadi bahagia adalah menghabiskan waktu bersama keluarga setelah penat dengan pekerjaan <i>nine to five</i>. (Pixabay/Suedelbien)

Habiskan Waktu dengan Orang Spesial

Manusia merupakan makhluk sosial. Itulah mengapa interaksi sosial dan komunikasi intens dengan orang-orang yang spesial bagi hidup kita bisa membuat kita panjang umur.

Jangan terlalu berlebihan menghabiskan waktu untuk bekerja atau melakukan hal yang kurang berfaedah seperti bermain gim sendirian selama berjam-jam lamanya. Luangkan waktu bersama teman, keluarga, atau pasangan. Meski sekadar makan bersama atau mengobrol, quality time dengan mereka bakal bikin kamu semakin bahagia deh.

Banyak Senyum dan Tertawa

Ketika bangun di pagi hari, cobalah untuk terseyum dan mengucap syukur. Persiapkan dan lakukan hal-hal yang telah kamu tulis sebelumnya pada to-do-list. Melakukan semua hal dengan enjoy tanpa tekanan akan membuat kamu tersenyum dan merasa bahagia.

Saat tersenyum, hormon edorfin pada tubuh akan melancarkan aliran darah yang baik untuk kesehatan jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, lo. Meski hati sedang kalut, cobalah tetap tersenyum, tertawa, dan lebih menikmati hal-hal kecil.

Memang, realita kehidupan nggak selalu membuat kamu bahagia. Tapi, asalkan kamu meresponsnya dengan positif, pasti kamu bisa kok jadi semakin bahagia dan panjang umur, Millens. (Fim, Bps,Hel/IB31/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved