BerandaHits
Minggu, 10 Apr 2022 18:30

Tips Self Reward yang Ramah Kantong

Tips Self Reward yang Ramah Kantong

Menghadiahi diri sebagai imbalan telah bekerja keras boleh saja, tapi tetap saja harus dipikirkan dengan matang biar nggak boros. (Shutterstock via Wolipop)

Kadang, kita dengan enteng membeli sesuatu sebagai hadiah untuk diri sendiri. Namun, ada kalanya self reward justru mengguncang keuangan yang sudah tertata rapi. Nah, gimana biar nggak bikin boros?

Inibaru.id - Di bulan Ramadan, kebutuhan terasa makin banyak saja ya? Ada saja yang rasanya harus dibeli. Apalagi, banyak juga promo yang bertebaran. Duh, makin enteng saja mengeluarkan isi dompet. Bukan cuma itu, dorongan memberi self reward ini makin kuat karena di bulan suci ini pun pekerjaan kita nggak jadi berkurang, tapi diharuskan menahan lapar, dahaga, hingga emosi.

Kamu mungkin berpikir nggak ada salahnya untuk menghadiahi diri sendiri karena sukses menjalani hectic-nya pekerjaan tanpa membatalkan puasa. Namun, pastikan juga kalau self reward ini nggak bikin kamu boros.

Nah, berkut ini 5 tips mengatur keuangan agar bisa self reward tanpa boros. Yuk, simak!

1.       Pastikan bukan karena gengsi

Sebelum kamu memutuskan untuk mengeluarkan uang untuk self reward, coba deh pertimbangkan dan pastikan lagi tujuannya. Benarkah untuk membahagiakan diri sendiri atau untuk gengsi semata? Kamu mesti menyadarinya sehingga uang yang dikeluarkan benar-benar sesuai rencana keuangan dan tersalurkan untuk kebahagiaan dirimu sendiri.

Jangan sampai self reward ini hanya kedok untuk memenuhi gengsi, rasa penasaran, dan demi pengakuan orang lain. Ini sama artinya dengan kita menghamburkan uang.

2.       Anggarkan dan pilah

Menganggarkan pengeluaran untuk self reward merupakan kunci utama mencegah pemborosan. Kamu bisa kok menyatukan dana self reward ini ke dalam pos kebutuhan pribadi. Idealnya, porsi pos ini adalah 20 persen dari penghasilan. Nah, nominal tersebut harus dibagi dengan kebutuhan pribadi lainnya, seperti untuk paket data, hobi, makeup atau skincare.

Biar nggak bingung, kamu bisa menganggarkan self reward ini 50 persen dan 50 persen lainnya untuk kebutuhan pribadi. Jangan sampai angka ini naik ya. Satu trik yang bisa kamu pakai adalah menggunakan dompet digital atau akun bank secara terpisah.

3.       Nggak harus setiap bulan

Membaca buku kesayangan juga bisa kamu jadikan self reward lo. (unsplash/Toa Heftiba via VOI)
Membaca buku kesayangan juga bisa kamu jadikan self reward lo. (unsplash/Toa Heftiba via VOI)

Kita memang bekerja setiap hari, mendapatkan penghasilan setiap bulan, dan ada promo menggoda tiap bulan. Tapi bukan berarti kita juga harus terus memakai biaya self reward setiap bulan.

Kalau bulan ini nggak ada target self reward, ya sudah, simpan saja uangnya. Dana yang tersimpan ini nantinya bisa untuk menggapai self reward yang lebih mahal suatu hari nanti.

4.       Pakai sistem kredit untuk barang mahal

Pengin menghadiahi diri dengan barang mewah atau liburan berkelas, tapi harganya di atas bujet yang telah kamu anggarkan? Tenang, kamu bisa kok mewujudkan hal itu.

Selain dengan menabung dan mengurangi pengeluaran-pengeluaran kecil sepeti jajan kopi kekinian, kamu juga bisa memanfaatkan opsi cicilan atau kredit. Pilihlah yang terjamin keamanannya, bunganya rendah, dan pastikan kamu sanggup mencicilnya setiap bulan tanpa mengganggu pengeluaran yang lain.

5.       Cari yang gratis

Memberikan apresiasi pada diri sendiri juga nggak melulu harus pakai uang dan mahal. Kamu bisa juga melakukan self reward berbiaya murah bahkan gratis. Jadi, sudah pasti hal tersebut bikin kamu menghemat anggaran.

Memang ada self-reward gratis? Ada dong! Self reward ini bisa berupa bersantai di rumah, tidur siang, jogging di sekitar rumah, hingga menonton film atau drama seri kesayangan.

Biar seru, kamu bisa memilih kegiatan yang berbeda setiap bulannya. Selain asyik, dompet juga tetap aman. Gimana, tertarik nggak, Millens? (Kom/IB21/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved