BerandaHits
Minggu, 13 Feb 2022 22:00

Sering Merasa Insecure? Ini Dia Cara Mengatasinya

Sering Merasa Insecure? Ini Dia Cara Mengatasinya

Jangan biarkan rasa insecure menguasaimu. (Freepik via Liputan6)

Apakah kamu pernah merasa insecure? Insecure merupakan perasaan cemas, tidak mampu, dn nggak percaya diri. Jika kamu terus-terusan dihinggapi perasaan insecure, tentunya nggak baik untuk potensi diri kamu. Untuk itu, yuk atasi rasa insecure dalam diri kamu.

Inibaru.id - Apakah kamu sering merasa ragu dan nggak percaya diri? Merasa kalau kamu itu nggak menarik di mata orang lain? Suka membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain? Jika iya, maka kemungkinan besar, kamu sedang insecure. Tenang, perasaan ini bisa dialami siapa saja kok.

Insecure merupakan istilah untuk menggambarkan perasaan nggak aman. Biasanya perasaan ini sering membuat orang menjadi gelisah, takut, malu, sampai-sampai nggak percaya diri. Rasa insecure yang berlebihan dalam jangka panjang tentunya akan menghalangi potensi yang kamu punya, lo! Maka dari itu situasi seperti ini harus segera diatasi ya, Millens.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi perasaan insecure. Yuk, simak!

1.      Jadi Sahabat untuk Diri Sendiri

Mungkin terkadang kamu terlalu keras kepada diri sendiri. Padahal saat sedang insecure, kamu harus bisa lebih banyak mencintai dirimu sendiri. Kamu juga harus bisa menerima kenyataan bahwa kamu memang sedang merasa insecure sambil mencari cara untuk mengatasinya.

Nggak perlu nunggu orang lain untuk menjadi sahabatmu. Kamu bisa jadi sahabat untuk dirimu sendiri. Tentunya dengan cara mengatakan hal-hal yang baik yang bisa mengembalikan kepercayaan diri kamu. Ucapan “terima kasih’ terhadap diri kamu yang sudah berusaha melewati hari ini dengan baik dan bisa menjadi lebih baik lagi hari esok merupakan contoh kecilnya.

2.      Jangan Salahkan Diri Sendiri

Pikiran negatif memang kerap berdatangan dalam kepalamu. Namun hal tersebut harus bisa dilawan meskipun nggak mudah. Jika kamu nggak maksain diri kamu untuk melawan pikiran negatif, maka kamu akan terus terbebani oleh kecemasan yang bisa bikin kamu menyalahkan diri sendiri.

Ingat ya, Millens, bukan cuma kamu kok yang bisa melakukan kesalahan. Bahkan orang lainpun akan membuat kesalahan. Jadi, stop untuk menyalahkan dirimu sendiri!

3.      Jangan Bandingkan Dirimu dengan Orang Lain

Selalu membandingkan diri dengan orang lain nggak baik, lo. (Freepik)
Selalu membandingkan diri dengan orang lain nggak baik, lo. (Freepik)

Lihat orang dengan muka mulus seperti bayi atau tubuh ideal meski banyak makan dan membandingkan dirimu yang makan dikit saja langsung jadi lemak?

Hmmm, siapa nih yang suka membandingkan diri sendiri dengan orang lain? Padahal, ini bukan cara yang tepat untuk mengoreksi diri sendiri. Malah yang ada nantinya kamu merasa rendah diri dan minder.

Mulai sekarang, coba deh ubah rasa minder kamu dengan rasa syukur. Mulailah untuk mensyukuri segala hal agar tindakan dan pikiran kamu lebih positif. Percayalah, bahwa setiap orang tentu memiliki kelebihan maupun kekurangannya masing-masing, Millens.

4.      Self Reward

Keberhasilan apapun, sekecil apapun yang sudah dilakukan, tentunya harus kamu akui. Untuk setiap tujuan kamu yang tercapai, berikanlah hadiah untuk diri kamu sendiri. Hal ini bisa membantu kamu dalam menghilangkan pandangan negatif di masa yang akan mendatang lo!

Tapi, jangan sampai boros dengan kedok self reward ya. Dompet tipis juga bisa bikin tambah insecure, lo.

5.      Jauhi Orang-Orang yang Bikin Kamu Insecure

Salah satu faktor yang membuat kamu insecure adalah lingkungan sosial. Hal ini bisa berupa komentar maupun kritikan yang malah menjatuhkan kamu, bisa itu dari teman bahkan dari pasangan. Maka dari itu, kamu harus menjauhi mereka dan perlu mencari teman baru yang lebih positif untuk kemajuan kamu ya?

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi rasa insecure. Walaupun hal tersebut wajar dialami setiap orang, tetap saja perasaan ini jangan sampai kamu biarkan, Millens. Mulai sekarang cobalah beberapa cara di atas untuk membantu mengatasi insecure yang kamu miliki.

Jika rasa insecure kamu mulai nggak kunjung hilang dan sampai mengganggu rutinitas, maka segera konsultasikan ke psikolog ya! (Lip/MG42/E05)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved