Tetap Waras di Zaman Edan, Lakukan 5 Hal Ini!

Tetap Waras di Zaman Edan, Lakukan 5 Hal Ini!
Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. (Getty Images via BBC)

Nggak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu dijaga. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar mental tetap sehat. 

Inibaru.id - Kesehatan mental menjadi satu isu yang sangat penting untuk dibahas. Aspek ini meliputi kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial.  

Jika mental sehat, maka seseorang bisa menjalani segala aktivitas dengan baik, menjalin hubungan yang sehat dengan orang lain, dan lebih produktif. Selain itu, suasana hati juga dapat tetap positif sehingga kualitas hidup menjadi lebih baik.

Karena itu, begitu kamu merasa stres, segeralah mencari cara untuk mengatasinya. Eh, kamu nggak harus pergi ke psikolog jika merasa belum perlu. 

Beberapa cara berikut bisa kamu coba lebih dulu untuk menyehatkan mentalmu. 

1.      Tenangkan Pikiran

Di antara segala hal yang memenuhi pikiranmu, ada baiknya kamu mencari kesempatan untuk menenangkan pikiran. Kamu bisa melakukan meditasi atau melakukan terapi pikiran positif. Selain itu, ada juga cara yang lebih mudah untuk menenangkan pikiran kamu yaitu ibadah. Dengan begitu, kamu pun bisa memahami hal-hal yang terjadi dalam hidup kamu dengan lebih tenang dan juga bijaksana.

2.      Olahraga Rutin

Sudah jadi rahasia umum jika olahraga dapat membantu pikiran melepaskan stres. Latihan fisik dapat meningkatkan hormon endorpin yang menciptakan rasa senang dan tenang. Karena itu, coba deh luangkan waktu barang 30 menit setiap hari untuk berolahraga. Kamu juga bisa menyelipkan latihan fisik ketika beraktivitas seperti memilih melewati tangga alih-alih lift.

3.      Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat dapat membantu memelihara kesehatan mental. (Cookpad/Ratu Oktaviani Lestari)
Makanan sehat dapat membantu memelihara kesehatan mental. (Cookpad/Ratu Oktaviani Lestari)

Mengkonsumsi makanan sehat nggak cuma dapat menjaga kesehatan fisik, tapi juga mental. Pada karbohidrat yang kamu konsumsi misalnya. Ia memiliki kandungan yang dapat meningkatkan hormon untuk membangun suasana hati agar tetap positif. Selain itu, sayur dan buah juga bisa memberi makan sel tubuh termasuk menjaga agar suasana hati kamu tetap baik.

Jangan lupa juga untuk memasukkan sumber lemak seperti kacang-kacangan dan ikan ya.

4.      Tidur yang Cukup

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kurang tidur itu bisa berdampak buruk terhadap kesehatan mental. Jadi, hindari nongki-nongki sampai larut malam ya kalau kamu sedang stres. Usahakan untuk membangun pola tidur yang baik. 

5.      Membantu Orang Lain

Percaya atau nggak, membantu orang lain dapat membuatmu merasa lebih baik. Kamu juga nggak akan merasa kesepian. Ada semacam kepuasan yang sulit dijelaskan ketika kamu melakukannya. Tapi ingat, ini hanya berlaku kalau kamu membantu orang lain dalam kebaikan ya. 

Nah, itulah beberapa tips agar kesehatan mental kamu tetap terjaga dengan baik. Yuk, terapkan mulai sekarang. Catatan, jika kamu merasa nggak ada perubahan, atau kesehatan mentalmu memburuk, sebaiknya kunjungi psikolog. (Kom,Pop,Viv/MG42/E05)