BerandaHits
Kamis, 29 Des 2022 11:00

Sering Mengalami Mimpi Terjatuh, Ini Penjelasannya

Sering Mengalami Mimpi Terjatuh, Ini Penjelasannya

Ilustrasi: Hypnic jerk adalah kontraksi otot tiba-tiba dan nggak disengaja yang kamu alami saat tidur. (OcusFocus)

Sering mimpi terjatuh dari tempat yang tinggi atau tersentak sehingga membuat jantung berdebar? Hal tersebut umum dialami seseorang, kok. Meski begitu, penyebab antara satu dengan orang lainnya nggak sama.

Inibaru.id - Kamu pasti pernah mengalami saat sedang nyenyak tidur, tiba-tiba merasa bermimpi terjatuh dari tempat yang tinggi? Keadaan itu sering membuatmu bingung, apakah hal tersebut termasuk mimpi.

Jika hanya mimpi, kenapa sampai bisa membuat tubuh tersentak. Rupanya, hal itu disebut juga dengan hypnic jerk.

Hypnic jerk adalah kontraksi otot tiba-tiba dan nggak disengaja yang kamu alami saat tidur. Hypnic jerk bisa terasa berbeda pada waktu yang beda.

Terkadang ia cukup kuat untuk membuat seseorang terbangun dan mengganggu proses tidur.

Selain gerakan menyentak, sensasi lain atau citra mental yang dialami bersama dengan hypnic jerk adalah seperti mimpi atau halusinasi. Orang sering melaporkan merasa seperti jatuh, melihat lampu yang berkedip atau menyilaukan, atau mendengar suara benturan, detak, atau gertakan.

Penyebab Hypnic Jerk

Ilustrasi: 

Penyebab umum hypnic jerk adalah overtiredness atau kelelahan.

(Tero Vesalainen)
Ilustrasi: Penyebab umum hypnic jerk adalah overtiredness atau kelelahan. (Tero Vesalainen)

Ada beberapa penyebab seseorang mengalami hypnic jerk. Cari tahu mengapa itu bisa terjadi pada dirimu dengan melihat salah satu penyebabnya berikut ini.

Kelelahan dan Kurang Tidur

Penyebab umum hypnic jerk adalah overtiredness atau kelelahan. Hypnic jerk juga dapat terjadi ketika seseorang tidur dalam posisi yang nggak nyaman.

Stimulan

Stimulan tubuh dan otak, seperti kafein, nikotin, atau beberapa obat dapat membuat sulit tidur atau tetap tertidur. Bahan-bahan tersebut juga dapat meningkatkan frekuensi hypnic jerk.

Stres dan Kecemasan

Tingkat stres dan kecemasan yang tinggi dapat membuatmu sulit untuk rileks dalam persiapan tidur. Otak yang waspada mungkin lebih mudah untuk dikejutkan, sehingga seseorang lebih mungkin untuk bangun ketika kedutan otot yang nggak disengaja ini terjadi.

Namun, ada juga teori yang mengatakan, bahwa hypnic jerk terjadi untuk menandakan bahwa tubuhmu dalam bahaya. Hal ini disebabkan karena aliran darah dan napasmu sedang melemah bahkan berhenti, sehingga tingkat oksigen dalam tubuh menurun. Kemudian otakmu mengirim sinyal dalam bentuk hentakan otot.

Dari beberapa penyebab hypnic jerk, mana yang kira-kira sedang kamu alami, Millens? Semoga kamu nggak terlalu sering mengalami hypnic jerk ya! (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Medcom dengan judul Pernah Mengalami Mimpi Terjatuh hingga Membuatmu Tersentak? Ini Penyebabnya.

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved