BerandaHits
Rabu, 28 Des 2022 20:41

Stres Bisa Bikin Ketombe Makin Parah

Stres Bisa Bikin Ketombe Makin Parah

Ketombe bisa makin parah jika stres. (Unsplas/Darya Ogurtsora via VOI)

Kalau kamu sedang ketombean, ada baiknya menghindari stres. Stres yang nggak terkendali bisa bikin ketombe tambah parah dan penyembuhan makin lama,

Inibaru.id – Kalau rambutmu sedang ketombean, sebaiknya kelola emosi dengan baik. Yap, ketombe bisa makin parah jika stres. Stres juga bikin proses pemulihan kulit kepala terhambat.

Menurut banyak penelitian, kondisi tubuh yang sedang stres itu dapat memperburuk gejala dan masalah ketombe yang kamu alami. Tapi, apa hubungannya stres dengan ketombe? Yuk simak ulasan berikut ini!

Stres bisa memperparah ketombe

Ketika mendapati kulit kepala terasa gatal, kering, dan terdapat serpihan putih, maka itu tandanya kamu berketombe. Dalam bahasa medis, ketombe dikenal dengan dermatitis seboroik.

Menurut seorang dokter kulit asal AS, Gilberto Alvarez, ketombe nggak hanya muncul di kulit kepala, tapi juga di area berambut lebat lainnya, lo. Beberapa area tubuh yang mungkin berketombe seperti area alis, bulu dada, bulu punggung sampai kumis, dan janggut.

Para ahli percaya ketombe ini bisa muncul akibat adanya produksi minyak yang berlebihan. Nah, minyak inilah yang memicu pertumbuhan jamur yang disebut Malassezia sp.

Semakin lama, jamur tersebut dapat mengakibatkan kulit kepala meradang dan menjadi kering sehingga muncul serpihan putih yang kita kenal sebagai ketombe.

Kalau sudah kejatuhan “salju” dari kepala, biasanya orang bakal kehilangan kepercayaan diri hingga stres. Padahal, stres sedapat mungkin harus dihindari biar ketombe nggak tambah parah. Jadi, buka cuma mengandalkan sampo antiketombe ya.

Menurut dokter NavNirat Nibber, ND dari Advance Orthomolecular Research seperti dilansir Kompas (27/12), ada dua alasan stres bisa bikin ketombe makin parah.

Stres memicu perubahan hormonal

Stres bisa memperparah ketombe karena hormonal terganggu. (Photo Image/Unsplash/ Mangostar via Detik)
Stres bisa memperparah ketombe karena hormonal terganggu. (Photo Image/Unsplash/ Mangostar via Detik)

Stres dapat menyebabkan perubahan hormonal pada tubuh seseorang yang mengakibatkan peningkatan produksi minyak di kulit kepala. Akibatnya bisa memicu pertumbuhan jamur lebih luas, iritasi kimia akibat sampo hingga kondisi autoimun seperti psoriasis.

Sistem imun terganggu

Asal kamu tahu, kondisi tubuh yang sedang stres bisa bikin membuat sistem kekebalan tubuh terganggu. Dampaknya, tubuh kesulitan melawan infeksi, terutama infeksi di kulit kepala. Kondisi ini biasanya dialami oleh seseorang yang mengalami stres kronis.

Ketombe mungkin bukan kondisi yang membahayakan, tapi setuju nggak kalau rasa percaya dirimu bakal terkikis gara-gara ketombe ini? Jadi, mulai sekarang kendalikan stres dengan baik yuk biar ketombe cepat enyah. (Siti Zumrokhatun/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved