Sambut Ramadan, Berikut Tips untuk Dapatkan Tubuh Fit dan Sehat

Sambut Ramadan, Berikut Tips untuk Dapatkan Tubuh Fit dan Sehat
Yuk, persiapkan tubuhmu dalam menyambut Ramadan. (Shutterstock via Dream)

Sebentar lagi, umat Islam di seluruh dunia bakal menyambut bulan suci Ramadan. Biar ibadah puasa bisa lancar, tubuh harus lebih dulu sehat. Ingat lo, kamu nggak disarankan berpuasa kalau kondisi tubuhmu nggak fit. Terus, bagaimana cara mendapat tubuh bugar biar puasa lancar?

Inibaru.id - Nggak terasa ya bulan Ramadan sudah dekat? Apa nih persiapan kamu dalam menyambut bulan suci ini? Sayang banget kan kalau bulan istimewa ini nggak kamu manfaatkan sebaik-baiknya karena badan nggak fit? Bisa-bisa puasanya bolong-bolong.

Menggeser jam makan selama puasa tentu memberikan kejutan pada tubuh. Jadi, persiapkan diri dengan matang biar tetap semangat menjalani puasa. Pasti banyak yang harus tetap bekerja seperti biasa selagi menjalani puasa kan? Karena itu, alangkah baiknya tips berikut ini kamu terapkan.

1. Buat rencana dan tekat untuk hidup sehat

Niat dan tekat adalah dua hal yang harus kamu persiapkan dulu ketika bercita-cita hidup sehat. Buatlah rencana untuk mengatur pola makan dengan menu yang sehat dan bergizi. Jangan lupa juga untuk untuk berolahraga secara rutin. Sehat itu nggak bisa kamu dapat hanya dari sebutir pil.

Oya, apabila berencana untuk melakukan program diet, maka pilihlah menu yang sesuai kebutuhan. Selain itu, imbangi juga dengan rutin berolahraga. Nikmati prosesnya.

2. Atur pola makan dengan baik

Setelahnya mulailah untuk mengatur pola makan atau lakukanlah diet yang sehat. Berdiet bukan berarti mengurangi asupan makanan secara drastis ya. Yang benar, atur pola makan atau jatuhkan pilihan pada menu yang lebih sehat.

Menu sehat nggak harus mahal lo. Yang paling penting bagaimana caramu mengolahnya. Contohnya nih, kurangi menggoreng dengan terlalu banyak minyak.

Kan jauh lebih sehat kalau makanan direbus atau dikukus. Selain itu, kurangi juga asupan gula, haram, dan karbohidrat.

3. Lakukan olahraga favoritmu secara rutin

Olahraga rutin sangat penting dalam menjaga kesehatan. (via Sehatqu)
Olahraga rutin sangat penting dalam menjaga kesehatan. (via Sehatqu)

Mengatur pola makan memang penting, tapi yang nggak kalah penting adalah berolahraga secara rutin. Kamu bisa memulainya dengan olahraga favorit misalnya renang, lari, bersepeda, senam, dan lain sebagainya. Dengan memperbanyak intensitas dalam berolahraga, tentunya badan akan semakin terlatih dan menjadi lebih bugar dengan sendirinya.

Olahraga mempercepat terbakarnya kalori menjadi energi sehingga nggak ada lagi lemak berlebihan.

4. Latihlah tubuh dengan gerakan sederhana

Olahraga yang rutin memang sangat baik untuk tubuh. Tak hanya itu saja, jika ingin punya bentuk tubuh yang ideal, dapat dilakukan dengan melatih tubuh dengan latihan sederhana lainnya. Misalnya, kamu mau membentuk perut, gerakan plank, sit up, dan cruch bisa dipilih.

Jika sudah terbiasa dengan latihan-latihan tersebut, dapat ditambah lagi dengan gerakan lainnya agar hasil yang diperoleh lebih optimal.

5. Konsisten

Konsisten memang nggak gampang ya? Tapi, hasil terbaik memang hanya bisa diperoleh kalau kamu nggak kendor. Jadi, disiplinkan dirimu untuk melakukan tips di atas ya.

Harapannya, puasa lancar dan kebiasaan positif yang baru bakal terbentuk. Jadi, kamu siap nggak mencoba tips di atas, Millens? (Idn/MG44/E05)