inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Naturalisasi Pemain dalam Sepak Bola Indonesia Bukan Prioritas
Selasa, 21 Mar 2023 11:14
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
(Plt) Menpora RI Muhadjir Effendy menegaskan, naturalisasi hanya digunakan untuk menutup kekosongan talenta yang belum diisi oleh bakat-bakat nasional. (Okezone)

(Plt) Menpora RI Muhadjir Effendy menegaskan, naturalisasi hanya digunakan untuk menutup kekosongan talenta yang belum diisi oleh bakat-bakat nasional. (Okezone)

Naturalisasi pemain sepak bola dilakukan untuk memperkuat performa timnas. Tapi, menurut (Plt) Menpora RI Muhadjir Effendy, program tersebut nggak menjadi prioritas. Yang lebih penting adalah menangani bakat-bakat nasional.

Inibaru.id - Program naturalisasi pemain sepak bola di Indonesia mulai menjadi perbincangan banyak pihak pada tahun 2010. Pada saat itu, Indonesia menaturalisasi pesepak bola seperti Cristian Gonzales dan Irfan Bachddim untuk memperkuat tim nasional. Sejak itu, fenomena tersebut makin gencar dilakukan hingga sekarang.

Pelaksana tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Muhadjir Effendy turut menyoroti soal naturalisasi pemain untuk Timnas Indonesia. Menurutnya, hal tersebut dilakukan sebagai jalan terakhir dan bukan merupakan prioritas.

Lebih lanjut, Muhadjir Effendy menegaskan, pemerintah dan para pemangku kepentingan menyepakati bahwa naturalisasi hanya digunakan untuk menutup kekosongan talenta yang belum diisi oleh bakat-bakat nasional.

Sikap pemerintah terkait naturalisasi tersebut sudah disampaikan oleh Komisi X DPR RI. Parlemen menekankan bahwa naturalisasi adalah jalan paling ujung dalam membangun olahraga nasional.

“Komisi X sudah sampaikan naturalisasi adalah keputusan paling ujung dalam membangun olahraga nasional. Jangan dikit-dikit naturalisasi," ujarnya.

Jika naturalisasi terus dilakukan, yang akan terjadi bisa menutup peluang talenta terbaik Indonesia. Oleh karena itu, sepakbola dan basket harus segera membuat cetak biru (blue print) pengembangannya ke depan.

"Apalagi sepak bola sudah ada keppres-nya. ini akan menjadi dasar pembangunan sepak bola Indonesia," katanya.

Persiapan Timnas U-20

Ilustrasi: Indonesia sedang mempersiapkan diri untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. (Bolasport)
Ilustrasi: Indonesia sedang mempersiapkan diri untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. (Bolasport)

Sebagai informasi, hari Senin (20/3/2023) kemarin, Komisi X menyetujui rekomendasi atas nama Justin Hubner, Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Jerome Beane Jr. Tiga nama pertama merupakan calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-20 yang direkomendasikan pelatih Shin Tae Yong.

Ketiga pemain keturunan itu diharapkan bisa semakin menguatkan skuad Timnas Indonesia U-20 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.

Shin Tae Yong sendiri sudah memanggil ketiga pemain keturunan itu dalam training camp (TC) atau pemusatan latihan Timnas U-20 yang dimulai, Senin (20/3). Skuad Garuda Nusantara dijadwalkan menjalani TC di Korea Selatan.

Kalau menurut kamu, apakah naturalisasi pemain sepak bola perlu dilakukan untuk memperkuat tim Indonesia, Millens? Benarkah dengan adanya naturalisasi, peluang para talenta muda Tanah Air menjadi tertutupi? (Siti Khatijah/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved